Nerbitin Komik : Cita Cita yang gagal

Miris dan kecewa klo ane baca judulnya, begini. dulu waktu ane masih SMA ane berkeinginan untuk bisa menerbitkan komik sendiri saat kuliah, nah saat semester 3 ane getol bgnt bikin naskah komik dan perlahan membuat komik lembar demi lembar, tp semunya sirna ketika angin kebosanan dan keterbatasan waktu berhembus. ternyata bikin komik gak gampang ,kudu ngelerain waktu seharian dirumah buat bikin komik. Nyatanya membuat 1 buku  komik / manga membutuhkan setidaknya 1 tahun, manga Dragon Ball sendiri ternyata dibikin keroyokan oleh Bird Studio begitu jg dengan manga lain yang terkenal. jadi membuat manga itu butuh komitmen dan semangat juang yang tinggi buat mewujudkannya.

Di jepang, rata” komikus hanya membuat 1 chapter tiap minggunya dan diserialisaikan di majalah komik, sehingga dapat meringankan waktu dan tenaga dari pada harus bikin langsung 1 jilid. setelah jumlah chapter memenuhi syarat barulah diterbitkan versi bukunya (tankoubon). sangat meringankan. dan sayangnya belum ada  majalah komik mingguan seperti di Jepang diIndonesia. Akhirnya smapi akhir kuliah saat ini, niatan nerbitin komik dikandaskan, selain itu untuk menerbitkan komik dengan label terkenal tidak mudah…  apalagi ane sekarang udah sibuk bekerja, no more time lagi.. tapi hobi ini tetep ane pertahankan..

Inilah Judul Judul Komik yang pernah ane buat :

  1. Smart X Kids
  2. Uko : the lost Alien
  3. Gaianeger
  4. Dragon Rider
  5. GunRoar

Saat ini ane lbih ikut mendukung program komunitas komik lokal agar Eksistensi Komik Lokal bisa tumbuh berkembang menghadapi komik Asing.

Maju terus dunia Perkomikan Tanah Air !!

10 thoughts on “Nerbitin Komik : Cita Cita yang gagal

  1. coba bikin forum untuk para komiker indonesia amatir, siapa tahu bisa saling bahu membahu membangkitkan lagi karya2 anak pribumi seperti pada jamannya ganes th, teguh santosa,jan mintaraga, man dll. nasibmu serupa dg nasibku gan, bedanya komik2 goresan tanganku raib semua di telan bumi.

    Balas
  2. Kenapa vakum dari bikin komik bro? Kalo ane bukan ga bisa gambar tapi lagi berusaha nulis novel. Pinginnya sih nanti juga jadi penulis komik juga kayak penulis Neil Gaiman gitu. Lagi berjuang dan berdoa buat cita cita.

    Balas

Tinggalkan Balasan

