Gangguan Mata Yang Patut Diwaspadai

KyubiEye

Mata adalah Alutsista utama manusia, alias organ vital manusia buat menikmati keindahan dunia, Tuhan gak nyediain spareparts nya ,manusia hanya mampu menciptakan bengkelnya. untuk itu mari kita jaga kesehatan mata…

Seperti diberitakan dari au.lifestyle.yahoo.com, segera periksakan ke dokter jika mengalami lima gangguan mata berikut:

 

1. Floaters
Kadang-kadang terlihat bintik-bintik atau helai yang mengapung dalam penglihatan. Kondisi tersebut sering disebut floaters. Jika jumlahnya semakin banyak dan dalam waktu singkat atau disertai sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya, bisa jadi tanda ada robekan pada retina. Untuk itu, segera periksakan ke dokter.
2. Penglihatan tidak fokus
Penglihatan yang kabur atau tidak fokus dan disertai dengan rasa mual atau muntah, bisa menjadi tanda glukoma. Pemicu penyakit ini terlalu banyak tekanan di belakang mata karena penyumbatan. Jika cepat terdeteksi dapat segera diobati untuk mencegah kerusakan mata lebih parah atau kebutaan.
3. Gatal
Ketika mata terasa merah, gatal, berair dan berpasir, kemungkinan Anda mengalami infeksi, alergi atau iritasi. Jika mata mengalami infeksi, dibutuhkan perawatan dan pengobatan
tertentu. Akan lebih baik jika Anda memeriksakannya.
4. Kemerahan
Penyebab paling umum kemerahan adalah konjungtivitis atau peradangan di bagian putih mata atau sklera. Seringkali, disertai sulit terbukanya kelopak mata saat pagi hari. Biasanya bisa diatasi dengan obat tetes mata. Tetapi jika tak kunjung sembuh bisa segera konsultasikan dengan dokter.
5. Berkabut
Penglihatan berkabut biasanya disebabkan oleh katarak. Pemicunya adalah pertambahan usia, tetapi faktor gaya hidup, seperti merokok, juga dapat meningkatkan risiko katarak.
Menghindari banyak terkena paparan sinar matahari adalah salah satu cara untuk mencegah katarak. Untuk menyembuhkannya dibutuhkan operasi khusus.

Mata membutuhkan perlindungan dari efek yang merugikan dari lingkungan. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan mata kita. Efek kerusakan muncul bila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, angin, debu, dan faktor lainnya. Dalam menjaga kesehatan mata, ada 8 langkah penting untuk memastikan perlindungan yang baik untuk mata Anda.

Antara lain tips menjaga kesehatan mata sebagai berikut:

  1. Selalulah periksa mata anda secara berkala. Ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika Anda menggunakan kontak lens pastikan agar benar- benar bersih.
  2. Makan diet seimbang buah-buahan dan sayuran segar. Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3. Coba secangkir brokoli karena ini juga baik untuk mata.
  3. Merawat kesehatan Anda dan sistem kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata Anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata. Jika Anda memiliki diabetes, secara teratur cek-up karena jika diabaikan ini dapat mempengaruhi mata. Cobalah untuk juga menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat normal.
  4. Lindungi mata dengan kacamata hitam atau sekurang-kurangnya 95% terlindung dari UV . Memilih jenis kacamata dengan  frame yang bagus   untuk memastikan perlindungan penuh. Memakai topi, topi dan menggunakan payung untuk agar mata lebih teduh dan terlindungi   dari panas . Gunakan kacamata pelindung ketika dalam berolahraga berat dan ketika bekerja dengan alat dan mesin berat.
  5. Pastikan untuk selalu memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh mata Anda. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Juga, cobalah menghindari terlalu banyak menggosok mata. Gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.
  6. Ingatlah ketika membaca harus memiliki pencahayaan yang baik. Dalam menonton TV, menggunakan layar anti-silau. Melakukan hal yang sama ketika menggunakan komputer. Dalam menggunakan computer dapat menyertakan screen pelindung. Luangkan waktu sebentar untuk relaksasi dari pandangan computer.
  7. Melakukan senam mata sederhana seperti mata berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata Anda selama sekitar 5 menit untuk menjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Punya waktu untuk istirahat mata sebanyak mungkin akan sangat baik. Melihat sesuatu hijau sangat baik untuk mata.
  8. Setelah terasa istirahat sudah cukup, mencuci mata dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata. Gunakan tetes mata jika di perlukan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter.Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa mata Anda pantas mendapat perhatian khusus sehingga Anda dapat benar-benar melihat kehidupan dan menghargai segala sesuatu yang ditawarkan. Semoga tips menjaga kesehatan mata ini bermanfaat.

 

sumber : suaramedia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s