Akhirnya setelah melalui proses tender yang berbeli, Dephan akhirnya memutuskan memilih T 50 dari KAI, Korsel untuk menggantikan armada pesawat latih Hawk mk 53. mengalahkan pesaingnya L159 Ceko dan Yak 130 Rusia, padahal ane penginnya TNI AU bisa meminang Yak 130, tp yah mungkin kemampuan T 50 lebih baik dari pada yak diluar faktor politis. emang dari segi desain, ane lebih menyukai T 50 yang mirip banget dengan F 16 begitu juga dengan desain dasboard cockpitnya. lebih futuristik ketimbang Yak, dan memang harganya lebih mahal.
Rencana pembelian pesawat ini sempat tercoreng aksi agen rahasia Korsel yang mencoba membobol dokumen milik delegasi Indonesia, Februari 2011 silam. Meski demikian, kerja sama pertahanan Korsel dan Indonesia sepertinya tidak terpengaruh.
tak sabar menanti aksi 16 jet T 50 Golden Eagle mengangkasa di bumi pertiwi 2012 mendatang.
berikut spesifikasi T 50 :
Profile, Spesifikasi Pesawat T-50 Golden Eagle
Inilah Spesifikasi serta Perbandingan Pesawat T-50 Golden Eagle. Cerak Maut ekonomi indonesia tak lupa untuk memperkuat pertempuran dan pertahanan indonesia. kali ini indonesia akan menambah pesawat tempurnya berupa Pesawat T-50 Golden Eagle . T-50 Golden Eagle adalah pesawat latih supersonik buatan Amerika-Korea. dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin. Program ini juga melahirkan A-50, atau T-50 LIFT, sebagai varian serang ringan.
Walaupun militer Amerika Serikat tidak ada rencana untuk membeli pesawat ini , tapi penamaan militer amerika secara resmi diminta untuk pesawat ini guna menghindari konflik penamaan dikemudian hari.
Pengembangan Pesawat T-50 Golden Eagle
Program T/A-50 dimaksudkan sebagai pengganti dari berbagai pesawat latih dan serang ringan. Ini termasuk T-38 dan F-5B untuk pelatihan dan Cessna A-37BClose Air Support; yang dioperasikan AU Republik Korea. Program ini pada awalnya dimaksudkan untuk mengembangkan pesawat latih secara mandiri yang mampu mencapai kecepatan supersonik untuk melatih dan mempersiapkan pilot bagi pesawat KF-16 (F-16 versi Korea).
Pesawat ini membuat Korea Selatan menjadi negara ke-12 yang mampu memproduksi sebuah pesawat tempur jet yang utuh. Beberapa produk korea lainnya adalah KT-1 produk Samsung Aerospace (sekarang bagian dari KAI), dan produk lisensi KF-16. Sebagian besar sistem utama dan teknologinya disediakan oleh Lockheed Martin, secara umum bisa disebut T/A-50 mempunyai konfigurasi yang mirip dengan KF-16.
Pengembangan pasawat ini 13% dibiayai oleh Lockheed Martin, 17% oleh Korea Aerospace Industries, dan 70% oleh pemerintah Korea Selatan.[9] KAI dan Lockheed Martin saat ini melakukan program kerjasama untuk memasarkan T-50 untuk pasar internasional.
Program induknya, dengan nama kode KTX-2, dimulai pada 1992,tapi Departemen Keuangan dan Ekonomi menunda program KTX-2 pada 1995 karena alasan finansial.
Penerbangan pertama T-50 terjadi pada Agustus 2002, dan pengujian tugas operasional pertama mulai Juli 28 sampai 14 Agustus, 2003. Angkatan Udara Korsel menandatangani kontrak produksi untuk 25 T-50 pada Desember 2003, dan pengiriman dijadwalkan pada 2005 sampai 2009.
varian lain dari T-50 Golden Eagle termasuk pesawat serang ringan A-50, dan pesawat yang lebih canggih FA-50.
Persenjataan Pesawat T-50 Golden Eagle
Kanon 20 mm General Electric M61 Vulcan dengan 205 peluru diumpankan linear tanpa sambungan (linkless linear feed) yang bisa dipasang internal tepat di belakang kokpit. Sebuah rudal udara keudara pencari panas AIM-9 Sidewinder bisa dipasangkan pada setiap rel di ujung Sayap, dan rudal-rudal yang lain bisa dipasang di cantelan bawah Sayap.
Senjata udara ke darat yang kompatibel diantaranya adalah rudal AGM-65 Maverick, peluncur roket LAU-3 dan LAU-68 , bom kluster CBU-58 and Mk-20, dan bom multiguna Mk-82, Mk-83, dan Mk-84 .Tiga tangki bahan bakar minyak eksternal bisa juga dipasang dipesawat ini.
T-50 Golden Eagle
Tipe
Latih Lanjut
Serang ringan
Produsen
Korean Aerospace Industries
Lockheed Martin
Terbang perdana
20 Agustus 2002[1]
diperkenalkan
22 Februari 2005[2]
Status
Operational
Pengguna
AU Republik Korea
Harga satuan
US$22 juta[4]
T-50 Golden Eagle adalah pesawat latih supersonik buatan Amerika-Korea. dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries
Spesifikasi T-50 dan perbandingannya
-
TA-50 dari bersenjata lainnya: MK-82 500 dasar JDAM 9-kaki, MK-83 1000 dasar JDAM 5-kaki, roketeutan 8-kaki, LAU-68/131/3 MK-20/CBU-58 9 kaki, AGM-65 A / B / D model berdasarkan 8-kaki, menembak sasaran dua kaki dan kendaraan udara lainnya, 2-3 kaki
-
TA-50 dari serikat militan terbesar (payload eksternal maksimum): rudal udara – bom bom -3 – -3 tanker bom – bom – rudal
-
T/TA/FA-50 Range kasus yang dilaporkan sejauh ini tidak ada data yang tepat, data untuk setiap variasi adalah sisi serius. Namun, mesin output yang sama, dan bahan bakar internal yang sama dibandingkan dengan gas dan sementara itu, memiliki daya jelajah dari yang cukup panjang, diperkirakan. Baru-baru ini pada bulan Oktober 2009 data termasuk Seoul Air Show di choehang jarak 1850km (Max Cruise Range) sebagai unit konversi, yang 1.853km = 1nm untuk 1000nm yang diketahui tentang menghakimi.
-
T-internal 50-konsumsi bahan bakar dan berat juga di Seoul Air Show pada bulan Oktober 2009 yang dikenal sebagai beberapa nilai lain, bahan bakar internal dan 2.182 kg, 6.636 kg dan mulus, termasuk bahan bakar internal yang disebut berat 8.818kg. Selain itu, tingkat maksimum 39.600 ft / min (12.1km/min) disebut beban desain -3 / 8 g, kecepatan maksimum Mach 1,5, berat 1, Berat maksimum lepas landas 27.300 lb(12.383 kg), berat kosong 14.600 lbs (6.622 kg), dll sumber utama diketahui.
-
T-50 dari tingkat balik EM yang 15000ft pada kekuatan dorong dan tarik menetralisir satu sama lain pada titik 14,5 ‘dengan merekam F-16 dan yang sejenis, tetapi, T-50 dan FA-50 dan tapje peralatan tambahan dan bersenjata karena tarik efek seperti tingkat peningkatan berubah diharapkan untuk turun. Dan dalam kasus F-16 tingkat gilirannya berkelanjutan harus diukur oleh dua 7G, 6.5G T-50 lebih unggul untuk membatasi. Perbedaan lain antara dorong maksimum untuk terus dalam praktek juga mempengaruhi tingkat giliran. F-18 dan F-16 dari tingkat berbalik dalam keadaan bersenjata yang dikenal menjadi primadona, Mirage 2000, F-16 dari spesifikasi rupanya jatuh dari ketinggian tinggi F-16 semakin baik tingkat giliran.
-
T-50 Mach 0,5 atau kurang bermanuver daripada-M 346, jatuh lebih dari Mach 1,2 bermanuver daripada F-16 diketahui jatuh. Namun, sebagian besar perang udara dalam mendukung T-50 Mach 0,5-1,2 terjadi di daerah antara. Mulai mesin, supersonik T-50 untuk mengaktifkan afterburner dari mesin yang dilengkapi dengan pelatih, konsumsi bahan bakar rendah, mengingat bahwa mesin diperiksa dan diperbaiki sebagai seorang pejuang untuk mengganti mesin dapat dikembangkan.
Operator
Spesifikasi
Karakteristik umum
- Kru: 2
- Panjang: 42 ft 7 in
- Lebar Sayap: 30 ft 1 in
- Tinggi: 15 ft 8.25 in
- Bobot kosong: 14,200 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 26,400 lb
- Mesin: 1× General Electric F404 afterburning turbofan
- Dorongan kering: 11,925 lbf
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 17,775 lbf
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 1.4
- Jarak jangkau: 1,150 mi
- Batas tertinggi servis: 48,000 ft
Persenjataan
- Guns: 1× M61A1 Vulcan 20 mm Gatling gun
- Rockets: LAU-3/68
- Missiles:
- Air-to-air: 2× AIM-9 Sidewinder
- Air-to-ground: 6× AGM-65 Maverick
- Bombs: 5× CBU-58 cluster, 9× Mk 82, 3× Mk 83/MK 84, and 9× Mk 20.
keren… smoga bisa digunakan maksimal..