Jangan Lupa Berdoa Sebelum Mudik

berdoapramudik

Perjalanan mudik yang aman dan nyaman wajib dibarengi dengan persiapan yang matang, penerapan safety riding yang benar serta berdoa memohon keselamatan. Karena semuanya akan sia-sia jika Tuhan tidak memberikan perlindungan kepada kita selama dalam perjalanan.

Sebelum memanjatkan doa, ada baiknya mentaati etika berdoa. Duduk seraya mengingat kebesaran dan kuasa Tuhan yang telah memberi kita hidup ini. Berikut ini adalah contoh doa sebelum memulai perjalanan jauh (Sa’far) bagi umat Islam. Diambil dari Hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari :

“Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamunqolibuun. Allahumma inni nas’aluka fi safarina hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shohibu fis safar, wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsa’is safar wa kaabatil manzhori wa su’il munqolabi fil maali wal ahli”

Artinya :

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadamu di dalam perjalanan kami ini kebajikan dan ketaqwaan, dan amal yang Engkau ridhai; Ya Allah, mudahkanlah perjalanan ini bagi kami dan dekatkanlah jaraknya; Ya Allah, Engkau adalah Penyerta kami di dalam perjalanan ini dan Pengganti kami di keluarga kami; Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari bencana safar dan kesedihan pemandangan, dan keburukan tempat kembali pada harta dan keluarga.”

Dan setelah kembali dari perjalanan jauh atau kembali lagi ke tempat semula, rasa syukur telah diberi keselamatan juga harus disampaikan lewat doa. Doa setelah perjalanan jauh adalah sebagai berikut:

“Aayibnuua taaibuuna aabiduuna li robbinaa haamiduun.”
Artinya :
“Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji Rabb kami.”

 

sumber : internet

Iklan

2 thoughts on “Jangan Lupa Berdoa Sebelum Mudik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s