Mengenal Winter Solstice

Hari ini Google mengubah logo atau yang sering disebut dengan istilah Google Doodle. Adapun teman google hari ini adalah tentang Winter Solstice. Dari berbagai penelusuran tentang Winter Solstice di Google, maka sangat sulit kita menemukan versi Bahasa Indonesia.

1292902547_470x353_winter-solstice-river-landscape

Mencoba menerjemahkan secara bebas dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia , maka Winter Solstice artinya adalah kembalinya matahari mencapai titik balik musim dingin. Fenomena ini terjadi selama 2 kali dalam setahun, dan pada tahun 2011 ini kejadian ini terjadi pada Juni 2011 untuk kali pertama, sementara kejadian kedua akan terjadi pada 22 Desember 2011 mendatang.
Peristiwa Winter Solstice juga dikenal sebagai penanda hari eprtama musim dingin (winter) untuk belahan bumi bagian utara, dan musim panas (summer) untuk belahan bumi bagian selatan.
Pada terjadinya Winter Solstice, matahari akan mencapai titik paling selatan yang dikenal dengan istilah Tropic of Capricorn setelah akhirnya akan kembali bergerak ke arah utara.
Peralihan musim ke musim dingin ini, juga ditandai dengan hari yang terpedek dalam satu tahun. Artinya akan terjadi siang terpendek dan malam terpanjang dalam hemisfer. Sebaliknya peralihan ke musim panas sekaligus merupakan hari yang terpanjang.
Fenomena siang dan malam terpanjang ini terjadi karena kemiringan sumbu rotasi bumi yang besarnya 23.5 derajat, sehingga dalam peredarannya mengelilingi matahara, baik belahan Bumi utara maupun selatan secara bergantian akan menerima peredaran sinar matahari secara langsung lebih besar bila dibandingkan dengan hemisfer yang sebaliknya.
Itulah sekilas mengenai Winter Solstice, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita, khususnya yang tinggal di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dan tentu tidak akan mengalami fenomena Winter Solstice yang artinya mungkin banyak diantara kita yang tidak mengenal sama sekali dengan istilah ini.

sumber : http://karodalnet.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s