Antara Kebutuhan dan Keinginan

keinginan itu

Kebutuhan dan keinginan, jujur dua hal yang menurut ane sulit dipisah jauh2.. Kebutuhan identik dengan apa yang kita perlukan dan memiliki manfaat yang besar, sedangkan Keingininan identetik dengan pemenuhan nafsu, hobi dan gaya hidup.

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yangharus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera

Keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasalebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

Berbahaya klo kita gak bisa memisahkan dua hal ini, ane gak bisa mengutamakan kebutuhan hidup jadi tidak nyaman karena pasti keinginan selalu ngerecokin begitu juga dengan keinginan, klo kita mengutamakannnya ada2 yang terjadi adalah keborosan membuat kebangkrutan.

contoh hal yang sering membuat ane lebih mengedepankan keinginan adalah, ketika dijalan ane liat orang pake fashion keren, motor keren, gadget keren de es be.. padahal hal tersebut sudah ane miliki walau bentuknya dan harganya berbeda, tapi yang namanya manusia biasa kek ane gak akan puas. ane selalu berusaha bersyukur dan memperkuat iman supaya bisa membentengi diri dari nafsu dunia berupa Keinginan.

Sedangkan menyangkut Kebutuhan, sebenarnya sudah secara alamiah terpenuhi seperti makan, pakaian, alat transportasi, alat komunikasi tapi klo udah teracuni dengna keinginan maka akan minta sesuatu yang lebih wah lagi, efeknya pun munculnya Pemborosan. memenuhi keinginan memang tidak bisa dibendung dan dibolehkan dengan syarat jangan berlebihan dan tidak sesering mungkin. misal keinginan makan mewah direstoran untuk merayakan sesuata, memasang akesoris pada kendaraan kita tapi hal ini jangan sampai mengesampingkan kebutuhan. intinya seimbang lah..

Untuk menyeimbangkan Kebutuhan dan Keinginan kita bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki, masih banyak diluar sana yang masih hidup serba kekurangan.

Jadi, buat apa memenuhi keinginan anda sekarang tapi mengorbankan kebutuhan anda dan keluarga di masa depan

 

Cukup adalah kata yang mampu menengahi Keinginan dan Kebutuhan, kapan kita merasa Cukup? cukup bukan soal jumlah tapi kepuasan hati, cukup hanya bisa diucapkan oleh orang yang pandai bersyukur.

Mengucapkan kata cukup membuat kita melihat apa yang telah kita terima, bukan apa yang belum kita dapatkan. Jangan biarkan kerakusan manusia membuat kita sulit berkata cukup.

Belajarlah mencukupkan diri dengan mensyukuri apa yang ada pada diri kita hari ini, maka kita akan menjadi manusia yang berbahagia.

Iklan

One thought on “Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s