3 PERTANYAAN UTAMA FOTOGRAFI

60020_1583200027172_1450872392_1517379_6235767_n

  1. Apa merek kamera terbaik ?
  2. Kamera apa yang cocok saya beli sekarang ?
  3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar fotografi dari nol sampai mahir ?

JAWABAN :

1.

Jawaban atas pertanyaan pertama adalah tidak ada, tidak ada kamera yang lebih baik dari pada kamera saat ini. Kalau ada ,pasti kamera itu saja yg dibeli orang. Dalam membeli sebuah kamera, kita bukan mencari yang terbaik, melainkan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita saat membelinya. Pilih kamera yang banyak digunakan orang lain agar mudah mencari aksesorinya.

2.

Saat ini belajar fotografi tak ada hubungannya dengan mahal murahnya kamera. Mahal murahnya kamera membedakan mutu foto yang dihasilkan mana kala akan dicetak sebesar-besarnya. Untuk bisa belajar fotografi dengan baik Cuma diperlukan sebuah kamera digital yang bisa dipakai manual dan bisa dipakai otomatis sekaligus. Akan tetapi sebenarnya fotografi saat ini sudah jauh bergeser. Kemampuan teknis sudah menjadi  bonus semata. Dengan telepon genggam pun orang bisa memotret dengan baik. Dalam fotografi saat ini yg penting adalah bisa menghasilkan gambar yang benar dari sisi komposisi ,sudut pemotretan dan dari segi pemaknaannya.

3.

Kita harus memberikan ibarat kepada yang sedang bertanya. Memotret ibarat memasak, apa definisi anda untuk memasak. Orang mungkin bisa jadi koki yang terkenal di Hotel internasional dan dibayar mahal untuk masakan yg dihasilkan. Akan tetapi koki itu mungkin tidak bisa memasak masakan jawa. Demikian pula dalam fotografi, orang mungkin lebih mahir sekali memotret didalam studio. Akan tetapi, mungkin dia jadi bodoh manakala harus memotret aneka serangga di museum biologi, serta memotret aktivitas gunung berapi, berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Dalam dunia fotograsi, istilah mahir hanya kulit, didalam fotografer yg mahir sesungguhnya banyak lubang-lubang ketidakmahiran juga. Jadi, manakala anda ingin masuk ke lever mahir dalam fotografi, harus tentukan anda mahir dibidang apa. Tekuni bisang itu sampai anda merasa diatas rata-rata orang yg melakukan bidang yang sama, misal setelah mahir memotret model, anda menekuni fotografi lanskap , makro dsb, sampai kapan? Sampai anda merasa cukup !

"bagus tidaknya foto yang dihasilkan tidak tergantung pada kamera yang dipakai tetapi kemampuan kita untuk menghasilkannya"

Iklan

5 thoughts on “3 PERTANYAAN UTAMA FOTOGRAFI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s