Beberapa Jenis penyakit hamster

syria the hamster 3

Flu
Bisa disebabkan hawa yang terlalu dingin dan kondisi hamster yang kurang fit.
Gejala:
• Hidung yang merah & basah
• Bersin
• Selalu duduk dalam posisi duduk membungkuk.
Selain itu, saat kita terserang flu, jangan dulu bermain dekat dengannya, karena kita bisa dengan mudah menularkannya.
Cara Menangani:
• Pindahkan posisi kandang hamster ketempat yang lebih hangat & tidak berangin.
• Isi kandang dengan Serbuk kayu yang cukup banyak dan rumah-rumahan.
• Beri mknan tambahan seperti kecambah, jelly susu, bengkoang.
• Beri vitamin seperti vitagel agar mempercepat pemulihan.
• Beri hammy air minum yang hangat kuku yg dicampur dg madu murni.

Heat Stroke
Penyakit yang datang mendadak ini disebabkan karena hammy terlalu lama terkena hawa panas atau sinar matahari.
Gejala:
• Tidur terlentang dan lemas
• Leher basah
• Bernafas lebih cepat dari biasanya
Penanganan :
• Pindahkan hamster ke hawa yang lebih sejuk, bila perlu, beli 2 potong es batu yang dibungkus dengan kain dan letakkan di dekat hamster kamu. biarkan dia pulih di kandangnya sendiri yang sejuk. kebanyakan hamster yang terserang ini akan mati akhirnya. jika ada yang selamat, kemungkinan lumpuh di beberapa bagian tubuhnya atau mengalami head tilt (kepala miring).

Diare
Diare dikarenakan pemberian makanan yang salah, yaitu terlalu banyak sayur dan buah.  Selain itu, makanan yang tidak higienis, air minum yang kotor, Beding kotor yang terkunyah atau bahkan bisa juga disebabkan cuaca dingin yang ekstrim.  Penyakit ini bisa menular ke hamster lain.
Gejala :
• Feses hammy yang berwarna terang, lembek dan sangat berbau.
• Ekor yang basah.
• Untuk yang sudah akut (3hari diare) lemas, mogok makan, kepala menunduk ke bwh.
Cara menangani :
• Langkah pertama adalah Isolasi hamster yang sedang diare.
• Cuci kandang & semua peralatan didalamnya sampai bersih, ganti serbuk kayu & pasir, agar bakteri tidak menular ke hamster yang lain.
• Beri mknan biji2an saja dan air minum yang dicampur madu murni 4 tetes untuk 80ml.
• Untuk pengobatan, Beri saja Norit (ada diapotik, murah kok). 1 tablet dipotong 1/8 bagian, digerus pada sendok plastik kecil (biasanya untuk mengaduk minuman. Jgn memakai sendok makan yang terbuat dari besi, karena bisa menyakiti mulut dan bibir hamster kamu) ditambah 1 tetes air, lalu cekokin 2x 1 hr. lakukan selama 2-3 hari. Jika hamster kamu semakin lemas dan akhirnya mati, berarti diarenya sudah terlalu akut, dia sudah kehilangan terlalu banyak cairan tubuh.

Iritasi Mata
Hamster sangat mudah terkena serpihan kayu maupun debu saat dia menggali-gali.
Gejalanya :
• Mata tertutup atau kadang terbuka sedikit & berair
• Terlihat ada kotoran di matanya
Cara menangani:
• Usap Mata hamster dengan kapas yang diberi air hangat perlahan.
• Bersihkan kotoran mata ginhha bersih.
• Teteskan 1 tetes obat mata untuk iritasi ringan.

Luka Sobek
Paling sering disebabkan karena perkelahian hamster atau kecelakaan saat bermain.
Gejala:
• Ada luka sobekan & terkadang darah
• Jika terlihat bengkak, berarti itu infeksi, ada nanah di dalamnya.
Cara menangani :
• Isolasi hamster yang terluka agar berkurang stress & bisa tenang beristirahat, dikandang yang bersih.
• Bersihkan luka dengan kain kasa yg diberi rivanol.
• Jika luka bengkak, keluarkan nanah dengan peniti yg steril, samapai keluar sedikit darah.
• Beri salep gentamicin, lakukan hingga luka kering.

Kutu
Kutu adalah parasit yang sangat mengganggu, bentuknya seperti laba-laba yang berukuran sangat kecil yang masuk ke dalam ruam-ruam kulit hamster sehingga membuatnya sangat susah terlihat.  Kutu bisa dengan cepat berkembangbiak dan menyebar ke hamster lain yang berada dalam 1 kandang. Bahkan jika ada hewan berbulu yang lain di dalam rumah, seperti anjing dan kucing, kutu bisa saja mampir ke tubuh hamster kamu.
Gejala :
• Hamster menggaruk berlebihan dan sangat lama, bahkan bisa seharian.
• Bulu rontok.
• Kulit yang luka akibat garukan ekstrim krn rasa gatal yang menyiksa.
Cara menangani :
• Cuci kandang, buang serbuk kayu dan pasir ke slaam kresek lalu diikat rapat2.
• Semprotkan obat kutu untuk hewan, untuk daerah kepala, semprotkan obat kutu ke sikat gigi bekas & sikatkan perlahan.

• Lakukan hingga hamster mulai merasa nyaman dan tidak menggaruk berlebihan.

Hamster Obesitas
Penyebabnya dikarenakan Pemberian komposisi makanan yang tidak tepat. Namun beberapa jenis hamster sudah memiliki perawakan ini sejak dulu, misalnya seperti golden.
Gejala :
• Ukuran tubuh hamster yang membulat.
• Menjadi sangat pemalas, suka makan tidur.
• Terlalu malas untuk jogging di kincir.
Penanganan :
• Kurangi pemberian kuaci yang berlebihan, kontrol menu makanan dia sengan nutrisi yang seimbang.
• Beri mainan yang lebih aktraktif, misal seperti rumah yang dbisa dipanjat dll.
• Membiarkan dia sering bermain diluar kandang dengan menggunakan hamster ball, tentunya dengan pengawasan kamu.

Kencing Batu
Gelaja :
• Ada setitik kecil darah pada urine-nya.
• Sering cit cit saat akan buang air kecil karena rasa sakit yang luar biasa
• Hamster lemas.
Solusi :
• Coba tambahkan sedikit saja garam dalam air minumnya, batu ginjal akan keluar dengan sendirinya
• Jika keadaan sudah parah, lebih baik membawanya ke dokter hewan.

Sembelit
Biasanya timbul pada hammy yang kurang minum atau kekurangan asupan sayur.
Gejala :
• Hammy mogok makan.
• Sakit perut.
Cara menangani:
• Beri sedikit asupan sayur seperti kecambah atau jagung.
• beri air minum yg bersih.
• beri 1 tetes minyak sayur 1x 1hari selama 2-3 hari.

Diabetes
Sering terjadi pada hamster jenis campbell dan sifatna menurun.
Gejalanya:
• Hamster minum secara berlebihan,
• Rontoknya bulu pada area perut dan tangan,
• Pipis berlebihan,
• Waktu tidur yang lebih lama,
• Hamster melakukan olahraga secara berlebihan,
• Hamster kekurangan / kelebihan berat badan secara drastis dan
•Badan hamster gemetar.
Cara mengatasi :
• Berikan pola makan sehat yg seimbang, kurangi kandungan gula dan ras amanis seperti yg terkandang pada jagung manis. Cara ini hanya mengurangi gejala, tapi tidak bersifat menyembuhkan.
• Bawa hammy ke vet terdekat

Ear Mange
Sering terjadi karena bedding yang dibiarkan kotor terlalu lama, penyebabnya adalah binatang tengau. Biasanya muncul disekitar muka , kaki dan tangan hammy. Jika sudah terjangkit akan mengalami gatal yang luar biasa menyiksa. Kulit yangterjangkit akan rusak, bertekstur kasar dan makin lama makin menghitam. Bahkan dibeberapa kasus, kuping hamster akan habis perlahan karena digaruk habis gara2 rasa gatal yang membabi buta.
Gejala:
• Daerah sekitar kepala, kaki atau tgn terdapat tekstur kulit yg kasar, tercabik.
• Menggaruk membabi buta hingga tidak sadar melukai dirinya sendiri.
Cara mengatasi :
• Pisahkan dari hamster lain.
• Bisa dioleskan minyak xaitun, minyak tawon atau VOC.
• Lebih seringlah membersihkan kandang krn tengau ini muncul dari bedding yang sangat kotor.

Tumor
Terkadang pada tubuh hamster timbul benjolan-benjolan yang tidak biasa yang semakin besar dari waktu ke waktu.tumor/kanker juga bisa ditimbulkan karena perkimpoian satu garis keturunan (incest) misalnya: antar anakan, induk dengan anak. Hamster yang menderita tumor/kanker dapat hidup biasa layaknya hamster normal, yang perlu diperhatikan adalah untuk menyingkirkan segala benda tajam dalam kandang hamster yang dapat mengoyak tumor/kanker. Jika tumor/kanker terkoyak, oleskan minyak lavender/minyak sayur. pengobatan ini perlu dilakukan untuk mencegah supaya hamster tidak menjilat cairan tumor/kanker dan mencegah supaya tidak terjadi pendarahan. Hamster Stroke Ketika hamster terserang penyakit stroke, kepala hamster biasanya akan miring ke satu arah dan hamster berlarian berputar-putar. Hamster yang terserang stroke mempunyai tingkat harapan hidup yang rendah, walaupun mereka mampu bertahan hidup, mereka akan mengalami ”head tilt” / miring kepala secara permanen. Kemungkinan lain adalah adanya infeksi telinga, tumor otak (lebih baik di bawa ke vet terdekat).gejala lain adalah hamster langsung terdiam, seperti mati suri tapi masih berdetak jantungnya.

 

lengkapnya bisa dilihat disini

Iklan

294 thoughts on “Beberapa Jenis penyakit hamster

  1. Pernah liat hamster jantan yg kelaminnya kluar nggk Gan?
    Nggak tau knapa tiba2 ‘anu’nya keluar dn jalannya jadi kayak ilang keseimbangan gitu

    Balas
  2. Mau tanya nih. Pertama beli hamster warna matanya merah. Setelah 1 minggu kok berubah jadi hitam ya?? Trus salah satu hamster sy mata sebelah kananya menutup??

    Balas
  3. Hai, ini hammy ak cowok kalo dia mau buang air besar suka eeek ny itu masih nempel terus bulunya ngk sempurna abis itu sekitar eeekny kembang merah. Kira2 dia kenapa ya ? 😦

    Balas
    • bntuknya bengkak ato luka??

      klo krn luka segera olesi betadin pake cotton bod

      slm aktivitas hammie normal, ckup diasupi makanan yg bernutrisi khusus hamster..

      Balas
  4. Mw tnya neh dok hehe … Disekitar dubur/bokong (maaf) hamster sedikit membesar Gk seperti hamster yg lain… Hamsterpun jd lebih sering diam males gerak… Apa hamsterx sdang sakit neh dok…?? Klo memang sakit bagaimana cara menanganinya…

    Balas
    • cb bersihkan kandangnya, beri nutrisi utk hammie nya. klo msh lemes dan mata sering terpejam, ad kmngkinan sakit.
      Pisahkan dg yg lain, trh di kandang terpisah.. beri minum + vitamin. tngg hingga pulih..

      Balas
    • coba kandangnya dibersihkan n sllu bri makanan hamster yg tepat. slma aktivitas hammie normal, keliatannya tak bermasalah..

      Balas
  5. Mau tanya,
    Hamster saya knp ia ko disekitaran leher nya selalu basah berlebih.
    Padahal ga kena air minum ato air apapun?
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Trms

    Balas
  6. Obat gatal buat hamster apa ia? Hamster ku sering menggaruk, skr bulu nya menipis . Dan kira2 bisa tumbuh lg g ia bulu nya?

    Balas
    • pake bedak doris cb, dipetshop bnyk.. slma kondisi hammie sehat, bulunya bs balik, n jngan lupa jaga kebersihan kandang n alasnya, minimal smngg skli..

      Balas
  7. Dok, bnyak hammie yg mati krena berantem, smpek berdarah” pula. Dri 7 ekor yg dilahirin sisa 1 doang. Skrg yg 1 ntu pincang, kayakx patah, tp gk tw lagi… Kalo emang patah, gmana cara nyembuhinx, ato memang kaki hammie cuma kesleo

    Balas
    • yg jls dipisah dlu dr yg lain k kandang sendiri.. rawat otensif, dliat perkembangannya.

      ni hammie bkn hnya berantem tp “kanibalisme”, mkanannya jgn sampe telat ..

      oia, ane bkn dokter y, just penggemar hamster 🙂

      Balas
  8. Jadi dokter”an jg gpp gan, asal jgn mal praktek.. Hehe
    Tp emang kyakx patah gan, soalx uda 3 hri ne dia cma pake 3 kaki… Kandang uda dipisah tp gk tw cra perawatanx…
    Jari ane ma jari bunda pernah jadi korban keganasan ntu hammie (ampek berdarah)

    Balas
  9. tanya donk, hamsterku syrian udah agak tua, kurang lebih hampir 3 tahun. matanya tiba2 agak gede sebelah. jadi sulit nutup. kalo tidur cm merem 1, itupun gw ga yakin bisa tidur/ga.. kenapa yaa?? 😦
    kalo udah gitu diapain harusnya??

    Balas
  10. hai saya dina mau tanya, hamster saya dari kemaren perutnya besar ga seperti biasa dan tidur terus badannya lemas, itu kenapa yaaa?? cuma gara2 faktor usia dia yg udah tua (usia dia udah 2 taun) ato kenapa?? 😦 ga tega liatnya

    Balas
  11. mau tanya nih hamster saya matanya ngeluarin lendir kemerah2an gitu dari matanya, udah gitu bulu di sekitar mata rontok semua, kerjaan nya tidur mulu, kalau bangun paling cuman makan minum terus tidur lagi, udah gitu badannya tambah kurus, itu penyakit apa ya kira2 ? minta saran nanganinnya dong thanks

    Balas
  12. Ping-balik: Jenis Penyakit pada Hamster « Wong168's Blog

  13. mau tanya. hamyku dah 4 hri nih dia susah buang air besar and gx mau makan.maunya tdur ampe matanya gx bsa kebuka. tuh penyakit ap and gmana cra ngobatinnya??

    Balas
  14. sorry,mau tanya nih hamster ku bulu buntutnya rontok trus kya ada koreng yg mengering kenapa ya?tolong dong gimna ngatasinnya?tks

    Balas
  15. mo tanya, hamham ak tu cewe, waktu ngelairin anaknya selalu dimakan sebagian. padahal tak kasih di tempat, dan suasana yang tenang, gk ada yang ganggu, kok tetep di makan ya? itu kenapa ya???

    Balas
  16. mau nanya nihh,,
    hamsterq tuh ad 1 psng,,
    truss 1 satu.y ini aktiv bnget smpe2 kepala temen.y digigit smpe botak,,
    kok gitu yahhh,,??
    Truss gmana cara ngobatin botak.y ituu,,???
    Soal.y d daerahq ngga’ ad pet shop

    *mohon d bles scepat.y yahhh

    Balas
  17. mau tanya cara bedaiin hamster betina dengan yg jantan cara nya gimana
    terus hamsterku ada yang tidur telentang tapi suka main roda putar

    Balas
  18. makasih gan, infonya.. mau tanya nih hamsterku kaki nya busuk trus ilang kaki nya tinggal setengah satu, semenjak itu hamsternya jadi penyakitan. sekarang di punggungnya numbuh benjolan panjang… itu kenapa ya???

    Balas
  19. permisi mau tanya, hamsterku tadi kan lepas terus di takep sama mama aku pas di taruh di kandang hamsternya itu kayak kaku matanya terbuka gak bergerak tapi masih ada detak jantungmya itu memengnya kenapa ya?

    Balas
  20. hamsterku ad 2,yg satux tiba” jd gemuk,tp payudarax menonjol (itu baru sekitar 2 hari),tp dya itu banyak diem (biasax aktif),yg satux jg tiba” jd diem trus,dkasi makan g dmakan,itu kenapa ya?yg pertama itu hamil atau sakit?
    thx

    Balas
  21. gan, ekor hammie gw tuh coklat, aku liat tuh (maap) e’ek nya nggak basah dan lembek. diare juga kyaknya kagak,,

    Trus ada lgi.. Hammie cwok,, matanya yang satu sipiiitt banget.. tapi mata kanan-nya Melotot kayak mau kluar gitu…. dia sering diajak berantem sama sodara kmbrny…. apa gr2 diajak berantem itu ya???

    Cepet bales gan,,, gw kburu khawatir

    Balas
    • 1. kemungkinan asupan makanannya trllu bnyk cairan ato ga cocok dg perut hammie. kasih makanan khusus hamster, jgn beri sayuran tiap hari, itu hny utk snack saja,

      2. coba si hami cowo dikarantina dlu dkndang terpisah. klo aktivitas hamie normal brrti nda masalah.

      Balas
  22. hamster qu kaki kiri blakangnya bengkak merah gitu, tp ga ada luka & waktu diolesin betadine diem aza ga kesakitan & jalan nya pun masih lincah. itu kenapa ya? tumor kah?

    Balas
  23. Kak kan kandang hamie ku th bru d ganti ma pasir ya media nya. Tpi malah jadi risih gtu. Trus sma di ganti lagi tuh ma serbuk tapi gak berbuah hasih.. Penyakit apaan tuh ya plis jawab ya ??

    Balas
  24. kalo hammy ku ,aku taq sengaja tertekan kepala nya sampai mengeluar kan suarra krek krek di kepalany,sampai besok nya pada saat dia mau berjalan jadi tidak seimbang n lemes

    tolong dibalas ya

    Balas
    • gan apa susu buat bayi hami ak butuh bnget infonya gan apa susu nya ?ak buth banget infonya kasian bayi nya taaq ada asupan gizi!ibu hamster nya kabur abies tu d mkn kucing ,tolong dibalas wajib ,,ak buth banget infonya

      tolongin aq gmn cara rawat bayi hamster yg baru umur nya 14 hari.?ap susunya

      ##tolong dibalas ya ak takut bayi hamy ku mati##

      Balas
  25. hamy ku kan matanya ketutup gitu tapi kalo udh di lap pake kain basah melek, kalo di kasih obat tetes mata, tetes mata orang boleh apa ga yah? apa ad khusus hami??

    Balas
  26. Gan hamster ku ko bulu y rntok. . .n slamut mata y merah.n mulut y jg. .udah ky tikus percobaan di film I an legend. .kasian liat y.soal y sblum sakit ada tikus tuh masuk kandang hamster ku.n gulet tuh ma hamster.amp pngung hamster ku luka dikit.dah di kasi rivanol tu luka.tp skrng ko jd ky gt.gw dah ksh byk vitamin. . .ga smbh2.kandang udah d brshn.n d smprot disinvektan. .tp tetep ja bro ga smbh2.itu gmana. .gue ksian liat y.ky tkus zombie liat y

    Balas
    • udah kena bakteri akut sprtinya gan. misal cara2 penanganan standar udah g guna, tgl berdoa aj bro.. jgn lupa kandangnya di pisahkan dr yg lain (karantina).

      moga bsa sembuh..

      Balas
  27. gan aku br beli hamster lg, tp ternyata pas di cek di dkt mulut hamster yang jantan kaya ada luka tonjolan gt, kalo menurut ku kemungkinan bsar itu luka brantem pas msh di petshop. di situ dibilang kalo bernanah harus ditusuk pake jarum dan kasih obat, aku kaga tega gan, apa lg pasti ga bisa diem tar salah colok gimana.. kalo di diemin aja bisa knp2 ga gan? ga bisa smbuh sndri kah?

    Balas
  28. gan bayi hamster q usiany udh ad 2minggu. udh bisa makan tpi belum bisa melek, padalah saudara2 nya udh bisa pda melek. trz ada lagi yang melekny cuman mata satu gan. q binggung mau dkasih tetes mata takut kenapa2 gan. kandang selalu bersih gan. thx infonya.

    Balas
  29. mau tanya. ini hamster saya kok tiba tiba ada keluar sesuatu warna merah (maaf semacam penis) di duburnya, semacam ambeien kalo dimanusia. terus jadinya lemes. tapi tetep mau makan.
    solusinya gimana ya? terimakasih.
    sangat sangat butuh jawabannya…

    Balas
    • okelah awak usahakan beri wejangan..
      dugaan awal kena slh satu penyakit hamster spti di artikel ini. pengobatannya berikan vitamin khusus hamster.
      konsultasikan k petshop y, mn vitamin yg tepat.

      Balas
    • waduh kek winterwhite mode yah..
      sering kena cahaya matahari langsung nda?

      terkadang ad hammie ketika diliat d dlm ruangan mtanya item, pas diliar diluar ruangan yg terkena matahari, matanya terlihat merah.

      klo aktivitas hammie normal, disinyalir it hny efek “fatamorgana” :-D.

      Balas
  30. Gan, mata hamster saya kedua2nya merah. Tetapi hari ini saya lihat mata satunya lagi tiba2 jadi tidak semerah sebelumnya (terlihat lebih bening) dan terdapat titik putih di tengah bola matanya. Itu kenapa y ? apa hamster saya mengalami kebutaan ? 😦

    Balas
  31. kenape apabila mata hamster terkeluar dan merah di sekelilingnya.dan dalam masa sehari hamster itu mati?adakah itu berjangkit?

    Balas
    • hammie hamil itu ciri2, ukuran hamster lbh besar dr biasanya dan bagian perut lbh besar, trus spti hewan kebanyakan, sang hamie hamil akan bikin gundukan sarang n sering tidur disitu.

      hammie gendut klo nyimpen mkan ampe full

      Balas
  32. Sekarang hamster aku mtanya sakit, hampir keluar, malah sekarang gkbis kedip matanya..
    Matanya itu seolah llah udh gk brfungsi lagi, skrang matanya malah keluarin darah..
    Gimna dong???
    Tolong bantu ya, saya mohon, kasian liatnya.. T,T

    Balas
    • klo udah berdarah emng termasuk kronis neh bro.. saran ane, segera pisahkan hamster ke kandang terpisah (karantina)
      tetp rajin beri makan n minum, ganti bedding jg..
      sisanya, berdoa aj biar cpt sembuh.

      Balas
  33. beberapa hari yg lalu hamster ku leher dan semua badannya basah,,,
    dan juga jalan nya lemes bgtz,,,
    gmn si cara ngatasin itu semua ????????
    bantu saya ya

    Balas
  34. misi bang, numpang nanya..
    udah 3 hari ini hamster saya tidur terus. bangun cuma makan kuaci sebentar terus tidur lagi.
    kira2 knapa ya hamsternya?
    trus penanganannya harus gimana kira2?
    makasih 🙂 mohon balasannya ya..

    Balas
    • ad beberapa indikasi :
      – bosen, cb ksih mainan.
      – makanan, berikan variasi mknan (snack/sayuran)
      – butuh pasangan
      – hamil, dliat dr bentuk tubuhnya.
      – sakit, beri vitamin.

      Balas
  35. td anak hamster q warna kecoklatan tba” mati d dlm pipa yg tak bikin bwt rmh ny
    pd hal kmrn gk ad tanda” penyakit . ap mungkin dia gbs nafas ?

    Balas
  36. Assalamualaikum..
    Saya orang Malaysia..
    Saya nak tanya..kenapa hamster saya tidak bergerak..
    Tetapi masih ada degupan jantungnya..

    Mulutnya juga sering dibuka?
    Mohon dijawab segera 😦

    Balas
  37. hamster ku kok kaki depannya ada bejolan warna koning kemerah merahan terus bulunya basah , jabrik dan bagian bawahnya bulunya rontok. gimana cara mengobatinya?

    Balas
      • iya punya saya juga tuh bro, ditambah suka garuk2 ampe tipis bulunya, terus hamsternya gak mau diem kalo ditangkep bro, rada susah jadinya. Bedding itu apa ya bro? kandang hamster saya gak pake serbuk kayu, baiknya gmna tuh?

      • bedding tu alas, bsa serbuk, kayu ato pasir putih..
        pake aj alas pasir yg dijual di petshop, khusus hamster, jgn pake sembarang bedding.

      • ooooh… tapi bro hammy q yg stunya lgi tuch benjolnya di pangkal lengannya warnanya merah dan setiap hari makin besar…itu knpa y???obatnya apa????

      • klo benjolan mrah bs jd bakteri bro.. tuk smntara cb olesi betadyn. di karantina dlu.. jgn diberi bola putar.
        klo g ad tanda2 smbuh, beli vitamin di pet shop..

  38. bro, hamster gw garuk2 mulu, ampe bulunya tipis, kaga tega jadinya, udah gitu mata kiriya agak sipit, terus gw mau kasih vitamin, tapi mereka gak pernah minum, giman tuh bro? mohon bantuan dah bro.

    Balas
      • gw sih pas konsultasi ke pet shop emang dikasih bedak bro, tapi pas gw konsul kedokter, katanya jangan pake bedak bro, ditakutkan bedaknya kemakan, akhirnya gw make spray anti kutu, baiknya gmna tuh? kasian bulunya makin lama makin tipis. oiya, bedanya ciri-ciri hamster kena jamur sama kutuan apa ya bro?

  39. Ping-balik: CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA HAMSTER | putdamnthingdown

  40. Halo, saya mau tanya nih. Hamster kesayangan saya jenis Campbell tiba-tiba aja tadi siang lemas, tidak mau makan dan minum, terus nafasnya bunyi kayak orang lagi bengek. Kira-kira itu kenapa ya? Bisa diatasi tidak? Saya takut dia mati 😦

    Balas
    • tambahan, apabila si hamster sedang melakukan aktivitasnya, tiba-tiba saja hamster tsb berhenti dan akan sadar kembali apabila disentuh.

      Balas
    • bs jd kena heatstroke bro gara2 sering dijemur,

      solusi, tmpatkan kndang di ruangan yg sejuk.
      ganti bedding yg baru
      berikan snake yg bs memancing napsu mkn, spt sayur ato kuaci.
      berikan vitamin khusus hamie, konsultasikan d petshop

      liat perkembanganny, klo mkin parah lbh baik dibawa ke petshop yg ad dokter hewan nya 😀
      mg cpt sembuh.

      Balas
  41. mau nanya nih kak,,, hamster syrian ku tadi bru beranak,
    tapi smpai skrg pendarahan gak henti2,
    smpai dia lemes, obatnya apa ya? anaknya 6 ekr mati smua..

    Balas
  42. Mau tanya dong, 😦
    hamsterku itu tergolong lincah, suka main”, makannya juga rakus,
    tapi gak tau kenapa semenjak hari sabtu mata kanannya tertutup gitu, kyk bekas garukannya, jadi lemes, dan jalan aja kayak gak ada tenaga, nafasnya jadi berat, tidur terus, gak nafsu makan,
    tapi dia masih mau cari minum sendiri, karna makannya cuma dikit aku kasih susu hangat aja + telur rebus,
    kira” itu kenapa ya?
    Help please 😥

    Balas
  43. hammy ku kok jadi gak mau makan ya?
    dia juga jadi kurus banget..
    di kelaminnya kayak ada yang keluar gitu. gimana ya cara mengobatinya?

    Balas
  44. Mau tanya donk.
    hammie saya betina umur 3-4 bulan. Sudah pernah melahirkan 1x, 9 ekor, tapi yang hidup cuma 8.
    Skrg di bagian dekat kelaminnya membengkak dan memerah seperti tonjolon. Sebelumnya ga ada. Itu kira kira kenapa ya? Apa hammie saya terkena tumor? Kalau iya harus diapain biar kembali normal. Ditunggu petunjuknya.
    Makasih

    Balas
    • bs jd demikian, ato infeksi saluran kelamin.. saran saya segera carikan vitamin n obat di petshop yg ad dokter hewan nya..
      jgn lupa hammie nya di karantina dikndng yg bersih

      Balas
  45. bro, apa hammy bisa sakit karena kedinginan? hammyku masih anakan baru sebulan. dia aku bawa mudik, di rumah udaranya lebih dingin. kemarin sempat habis dibersihin kandangnya malemnya udah kotor lagi..bau pesing banget, pupnya udah banyak..karena mati air, aku gak langsung bersihin kandangnya lagi. trus besok sorenya baru aku bersihin kandangnya. malemnya aku lihat napasnya tersengal-sengal. terus pas sahur, dia udah lemes banget, perutnya cekung, napasnya udah pendek2. udah kayak sekarat gitu gak mau makan. biasanya suka menggigit, tapi sekarang diangkat udah pasrah banget gak bergerak (tapi masih napas). udah aku kasih air minum + vitamin + madu.tapi gak begitu direspon. aku cekokin deh ke mulutnya.. kira2 dia kenapa ya? meskipun dia suka menggigit jariku, aku berharap dia masih bisa tertolong T_T

    Balas
    • pemicu gejalany ktika dpndah k area dingin? hrsny sih g pengruh krn hamie pnya bulu2 lebat sbg jketnya.. mngkin “mabuk” perjalanan ato perubahan asupan. saran, dikarantina di aquarium tertutup berventilasi, bkn kndang berjeruji.. berikan makanan pemicu nafsu spt kuaci n sayur

      Balas
  46. Kak mau tanya hamsterku suka garuk-garuk gitu gak seharian banget sih tapi kalau habis bangun tidur suka garuk-garuk baru bermain lagi, bulunya juga gk rontok sih, itu kenapa ya? Kutuan ya? Kalau iya, kutunya yg kyk gimana? Tolong ya kak hehe

    Balas
  47. hi, aku mau nanya.
    hamsterku awalnya sehat banget, gendut en ska berlari, ga suka gigit. tpi bberapa lama kq jadi agak galak, sensitif, trus ga mau makan. setelah aku kasih kuaci, mau makan sih.
    tapi kq tiba-tiba 7hr klo ga salah dia nafasnya bunyi, matanya ndak mau melek, lemes banget.
    apa ngefek aku taruh di tempat yng berAC y?
    ya emang mungkin faktor usia si, udh 1thn lebih gitu.
    gmana ya solusinya?
    thanks ya… 😀

    Balas
  48. hamsterku jantan dan skrg kayanya lagi sekarat. soalnya badannya udah lemas banget, gamau dikasih makan minum, nafasnya juga pendek. hamster aku itu emang paling sering jd korban keganasan hamster lain, jadi badannya banyak luka2. tapi anehnya, alat kelamin hamsterku seperti membusuk. apa itu memang tandanya dia bakal mati?

    Balas
  49. Kak,kok hamster ku matanya kaya abis kena tonjok gitu ya ?
    Warna kelopak matanya ungu gitu
    Tru matanya antara mau nutup sma melek
    Jadi kasian liatnya
    Balas please..

    Balas
  50. gan, mau tanya hamster saya masih bernapas, tapi dipegangang atau di colek-colek cuma bergelak lambat hampir seharian belum juga bergerak seperti sebelumnya. mohon infonya gan mengatasinya.

    Balas
  51. Hamster saya yang jantan waktu saya beli sepasang dengan betina baik2, saja, tapi 2 hari ini si hamster betina terus menerus menjahili hamster jantan, dan kemudian saya lihat, kelamin si hamster jantan tidak nampak (rata begitu) pdhal saya yakin pada saat membeli nya ada, dan si hamster jantan juga tidak ada susu, jd saya yakin itu jantan. apa yang terjadi pada hamster saya dok?

    Balas
  52. mau tanya kalo hammienya dipasangkan sama yg berbeda jenis bisa ga??soalnya nyari” yg sejenis ga ketemu”, kasian liat hammienya sendiri terus ..

    Balas
  53. mau nanya nih.. yg pertama, ada 1 hammie sy dr bagian buntut sampe kesekitar (maaf) anusnya agak menghitam kemerahan dan tidak basah. tapi hammie nya masih tetep lincah. itu kenapa ya? apa perlu saya kasih betadine, karena yg sy baca di beberapa media, air liur hammie bisa menyembuhkan luka? dan yg kedua, 1 hammie sy yg lain lg, minggu lalu dibagian bulunya sy oleskan lidah buaya, karena katanya bisa menumbuhkan bulu yg rontok. dan ternyata setelah beberapa hari, dibagian yg sy oleskan td jd bersih tanpa bulu. sy jd bingung, apakah tdk boleh dioleskan lidah buaya? trus untuk menumbuhkan bulunya lagi harus dipakaikan apa ya?

    Balas
    • mngkin kotor krn kotoranny sering nempel disekiar anus bro, dikasih aj bak pasir khusus mandi bwt hammie.
      utk blu rontok bs jd si hammie stres ato skit, silahkan berikan mknan yg terbaik n makanan.

      Balas
  54. buat para pakar hamster saya mau nanya… kelamin hamster laki” piaran kesayangan saya keluar ,, tadinya saya kira itu dari anus nya tapi pas saya liat secara teliti ternyata itu alat vital nya,,, kenapa bisa bgitu yah ? apa itu salah 1 jenis penyakit hamster ? cara mengatasi nya gimana yah.. mohon pencerahan .. makasi mas brooooo

    Balas
    • mungkin tuh penyakit sob.., kebanyakan orang hamster nya,gitu lah yang kelamin nya keluar,..kalo emang bukan penyakit besok nya pasti hilang,itu contoh bahwa betina telah di anuin oleh jantan nya 🙂

      Balas
  55. mau nanya, hamsterku sekarang jadi suka garuk-garuk gitu, terus bulunya jadi rontok terus waktu ke pet shop deket rumahku katanya memang ada bedak khususnya tapi udh abis T.T kayaknya boleh engga klo dikasih bedak bayi aja supaya ngurain gatal soalnya aku takut banget klo berdarah, tolong yaa

    Balas
    • klo g krn berkelahi ato kuman, berarti mmng indikasi klo si hammie beranjak tuir.
      penangananny, sgra karantina si hammie, mskan dlm kandang tersendiri yg bersih , berikan obat tetes mata pd mata si hammie. jika tak knjung smbuh bs dbwa ke dokter hewan/vet.

      Balas
      • woy anjing gak jelas banget sih lu,.. jawab gak jelas blog apaan nih?..,, jawab aja ,”wah gak tau tuh sob,mungkin di gigit betina? emang bisa di gigit nya kalo di gigit otamatis meniggal bego … coba aja kelamin lu , elu nya yang potong mati gak?..,,

  56. Numpang nanya

    Hamster saya jantan perutnya membesar setiap hari semakin nambah besar dan keras dan sekarang hamster saya lemas. Apa itu stroke/Tumor? Lalu obatnya apa?

    Please yg tau JAWAB! Soalnya ini hamster kesayanganku 😥

    Balas
  57. Hammy saja jantan udah hampir 1 thn yg lalu saya beli trus skrghammy saya perutnya tambah membesar dan tambah mengeras dan hammy saya lemas. Apakah hammy saya sakit? Kalo iya sakit apa? Trs apa obatnya?

    Please yang tau JAWAB!!! Soalnya itu hammy kesayanganku 😥 dy itu udh kuanggap saudara ku 😥

    Balas
  58. #min sehri brp ya ksih vitamin vitagel untuk hamster?, karna hamster saya flu dan hamster saya jarang banget olahraga takutnya dia kena obisitas, jd gmna solusinya?

    Balas
  59. Hammy saya tiba2 lemes padahal siangnya gapapa.. badannya gemetaran gitu kyk org menggigil pdhl suhunya normal.. maunya cm duduk d pojokan tapi gk tidur, matanya buka.. kenapa ya? Tolong dijawab secepatnya ya, sedih bgt lihat dia kyk gni 😦 sama kalau hamster keselek makanan ciri2nya gmn ya? Sm cara menanganinya?

    Balas
  60. Hamsterku telinganya putih*, katanya sih semacam jamuran gituu
    Aku baca cara pengobatannya bisa pake oli ato salep
    Itu kalo kemakan sama sii hamster gmn? Bahaya nggak?

    Balas
  61. kak hamster q tuh di gigit semut smpai bngkak. aq bingung mw buat ap?? g mna cra penanganannya?? mon d jwb scepatny kAK….!!!

    Balas
  62. Kak hamster q tuh brantem tangan kaki n ekornya brdrah… kakinya bernanah ekornya hampir putus kak… aq btuh info scepatny…
    Trims

    Balas
  63. kalo hamster ku aneh ka kandikasih makan kata’a sih lengkap ada (biji wijen,ada beras ketan,ada pelet.ada jagung,kuaci,sama minyak hewani ) tapi gak di makan ka malah di buang awal’a makan ka trus bulunya berantakan kaya lg sakit ka kira” kenaga ya ka????

    Balas
  64. Mau tanya dong, hamster aku usia 2bulan 2minggu. Sempet ilang di rumah terus ketemu badannya banyak debu. Udah dibersihkan 2hari kemudian matanya tertutup sebelah. Sudah diikuti caranya di atas sempat terbuka. Besoknya tertutup lagi. Sudah di obati lagi, tidak terbuka sampai sekarang. Yang aja malah jadi bengkak dan benjolannya besar lebih besar dari matanya (tidak wajar). Nah sekarang matanya yg satu lagi juga tertutup sudah diobati dan sekarang terbuka. Bagaimana cara mengatasi matanya yg sebelah yg tidak mau terbuka itu ya? Tolong dibalas, urgent. Aku takut dia mati 😦

    Balas
  65. min, nanya dong
    hamster ku tiba2 diam aja kaya beku gitu padahal tdnya aktif n lincah bgt.
    pas aku ambil malah kejang2 gitu.. n ga berapa lama akhirnya mati :'((
    itu kenapa ya min?
    sedih bgt deh huhuhu

    Balas
  66. Permisi mau tanya, hamster syirian sya yg jantan telinganya seperti ada jerawatnya, trus di pinggir telinganya mulai hitam, seperti borok tp cuma dikit.
    Dan hamster jantan kan di bawah maaf (anusnya) itu kn ada pantatnya. Nah itu ssperti ada benjolan benjolan jerawat..
    Kira kira itu penyakit apa yah? Dan cara mengatasinya gmna? Apa nular ke manusia?
    Terimakasih

    Balas
  67. mau tanya om, hamster saya winter white nih,trus kalo tidur matanya buka dua” nya..
    itu kenapa ya om?saya baru pertama kali melihara hamster nih.
    trimakasih

    Balas
  68. Om saya mau tanya lagi,hehe. Kenapa hamster saya yg betina sekarang ini kok setiap malem kalo dideketin sama si jantan bunyi cit…..cit……cit terus??? Trus cara menanganinya gimana?

    Balas
  69. Gan mau tanya nih. Hamster saya kaki belakang dua2nya kaku, yg sebelah kiri gemeter juga. Udah lumayan tua sih, tapi kasian mau pindah tempat aja susah. Solusinya kira2 apa ya gan?

    Balas
  70. Tolong banget, kenapa alat kelamin hamsterku berdarahhh
    Jenis winter white. Apa keguguran? Gmana cara menanganinya?
    Tdrima kasih

    Balas
  71. Om saya mau tanya lagi , hamster saya yang perempian jenis winter white kena heat stroke. Ada cara untuk nyembuhinnya gak? Tolong banget, kasihan soalnya gak gerak tapi jantungnya masih berdetak,jadi lemes banget???

    Balas
  72. Kak, hamster saya awalnya nutup satu ga ada kotorannya, bberapa jam kemudian duaduanya nutup,jalan juga sempoyongan, itu nular ke hamster lain ngga? Sebelumnya ibunya juga kaya gitu, tapi ibu sama anaknya beda kandang kok. Dua dua anaknya skr jd ga ngeliat matanya. Knpa ya kak? Tolongin 😦

    Balas
  73. Dok hammie saya yang jantan bokongnya
    membesar ,memanjang,ada 2bagian kenapa ya dok?apa ngaruh sama nyawanya? kemarin 2 sih si hammie gk sengaja kelempar sama teman ku karna reflek kena gigit si hammie masih nyantel di tangan temen sayaterus kelempar. tolong jawab.

    Balas
    • Haii bantu jawab yaa. Itu testis nya hamster. Memang ada 2 kaya gitu biasanya. Dri bagian punggung keliatan kaya benjolan

      Balas
  74. mau tanya kalau hamster saya dr alat k. nya keluar cairan putih itu kenapa ya? hamster saya betina. Terima kasih sebelumnya

    Balas
  75. Mau tanya dong…, aku punya hamster 2 pasang jenis winter…, cuma pas ngelahirin anak untuk kedua kalinya, pas anak2nya udh besar 1 tinggal kulit doang, kayaknya gara2 dimakan sama temennya, biar mencegah itu gimana ya? Trus ada lagi, si bapa, jantan itu suka garuk2 mata sebelahnya, sampe pernah bernanah, pernah sempet dikasih air anget, trus udh sembuh, tp kadang2 jg nanahan lagi, induknya juga gitu.., mata sebelah kananya suka digaruk2 tapi beda kasus, matanya tertutup sebelah kanan, jd kalo jalan kasian pandangan mata kanannya gak bisa liat…, trus sekitar mata bulu2nya juga rontok sekitar mata kanan…, udh sempet dikasih air anget sekali tapi masih.., gimana ya nanganinnya? Tolong dijawab ya

    Balas
  76. Gan mau tanya. Hamsterku syrian jantan usia 2 tahunan. Dr kelaminnya keluar putih2 panjang 1cm bentuknya sprt batang kecambah tp teksturnya kenyal sprt cumi mentah dan berair. Itu knp ya gan?
    Kluarnya cm sekali itu dan tidak ada prubahan pd hamsternya, cuma lbh srng tidur aja skrg, mngkn faktor usia

    Balas
  77. Halo gan mau tanya aja nih. Aku punya hamster winter white golden jantan baru sekitar 2 bulanan. Dia lincah bgt dan makannya jg rakus. Tp aku liat kelenjar bau hamsternya itu jd kuning banget dan bulu di sekitar kelenjar bau itu jd sedikit basah jd kecoklatan. Sudah diberi vitamin pd minumannya. Kenapa ya kelenjar baunya? Plus, dia sekarang jd jarang mau mandi. Bisa minta tlg bantuannya?

    Balas
  78. Kaakkk mau tanya, hamsterku roborvski, gatau kenapa makin hari bulunya kok kayak berkeringat gitu ya? Padahal di ruangan terbuka, kandangnya teduh di bawah meja, dari kawat
    Kenapa ya ka?

    Balas
  79. kka aku baru 2 bulan kurang pelihara hamster, aku punya sepasang.. tp yg satu mati (tinggal satu)
    nah setelah satu minggu hamster aku jd aneh.. matanya melotot gtu o_o makan nya jd sedikit, terus sering mojok. masih suka main tp sebentar2
    udh di beliin pasangan baru ttp gtu.. 😦 kandang juga selalu bersih, makanannya aku kasih sayuran, biji2an, sama makanan hamster,. aku bingung ka

    Balas
  80. halo kak, hamsterku jenis sirian. kayaknya sih cowok. dia gak suka kupegang trus akhir2 ini dia sering tidur juga. padahal pas malem biasanya luarbiasa aktif sampe tiap hari kabur.
    trus dia juga sering banget gigitin kandang lamanya (yang dipasang kardus sama plastik untuk nahan kabur) dan berhasil keluar. bekas gigitannya tuh kadang tajem. aku khawatir dia luka tapi gak luka sama sekali.
    dan sekarang maaf, entah kenapa daerah anusnya malah ngebesar kayak maaf, zakar gitu. tapi pas mau kucek dengan diambil, balik lagi tuh ukurannya kesemula. dan pas dilepas dikandang lagi, balik lagi anusnya kek gitu. itu kenapa ya kak?
    bulu2nya juga keliatan kayak tipis ama transparan item dari awal beli. tapi dia tetep lincah banget manjat sana sini sebelumnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s