Tips ringan mencuci sepeda

Well, setelah sepeda ane dengan sukses menerabas medan berkotor ria, walhasil kotoran, debu dan lumpur nemplok dimana-mana. biar tampang dan keawetan terjaga sepeda juga perlu dicuci bukan, tapi sepertinya nyucinya gak kayak sepeda motor yang bisa ditempat cucian. karena ada beberapa bagian yang anti disemprot air bertekanan tinggi. Akhirnya dari pada salah nyuci, ane pun browsing cara mencuci sepeda yang bener, kemudian ane telaah tiap cara dan disimpulkan lebih ringkas.

  1. Ada baiknya sebelum mencuci, lepas semua aksesoris distang agar bisa dibersihkan secara terpisah.
  2. Posisikan/Berdirikan Sepeda dengan baik  agar kita bisa nyaman mencucinya.
  3. Gunakan Air sabun yang aman untuk mencucinya,  bersihkan tiap bagian (rantai, gir, pedal, rear derailleur, frame, roda) dengan kuas, sikat dan lap secara perlahan-lahan.
  4. Hindari Penyemprotan langsung air keseluruh bodi sepeda, Karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke laker dan gear, dimana nantinya justru akan membuat karat di dalamnya.
  5. Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran yang susah dibuang. misal menggunakan WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda
  6. Cek dan bersihkan sistem roda dan pengereman dengan teliti.
  7. Lumasi bagian-bagian sepeda yang memerlukan pelumasan, jangan gunakan oli bekas, gunakan pelumas yang khusus untuk rantai, banyak dijual untuk roda 2.
  8. Setelah selesai mencuci semua, gunakan pelapis body (misal Kit) agar cat mengkilap dan menjaga warna tidak mudah pudar.
  9. Semir Ban untuk mempercantik ban sepeda kita, ingat yang disemir adalah dinding sepeda bukan tapaknya.
  10. Setelah selesai semua, jangan disimpan ditempat terbuka dibawah terik matahari. lebih baik simpan dalam garasi yang teduh. Bersihkan kotoran pada as roda, Gunakanlah standar yang khusus jangan di senderkan pada dinding atau tembok karena gampang jatuh yang bisa berakibat merusak sepeda Selain itu ada juga standar sepeda yang menggunakan display stand yang di taruh di lantai dan ini biasanya di tempelkan pada roda belakang sehingga roda belakang sedikit naik tidak menyentuh lantai. Ada juga rak sepeda yang bisa menampung beberapa sepeda sekaligus.
Iklan

3 thoughts on “Tips ringan mencuci sepeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s