Selingan : Jenis-jenis Ukuran Amplas

All hands, siapa yang gak kenal benda bernama Amplas ini. Terkadang kita membutuhkan amplas untuk membersihkan kerak-kerak pada kendaraan, memperhalus permukaan kayu atau bodi kendaraan untuk dicat ulang dan kebutuhan lainnya. Amplas terbagi dalam 2 jenis yakni Amplas Besi dan Amplas Kayu. Untuk Amplas Kayu merupakan amplas dengan tipe kering, tidak boleh terkena air atau lembab, benar-benar harus kering. Sedangkan Amplas Besi bersifat lebih fleksibel karena bisa digunakan secara kering atau basah.

Bahan pembuat Amplas umumnya ada 2 jenis, yakni Amplas kayu terbuat dari pertikel batu granit, sedangkan Amplas besi menggunakan bahan dari silicon carbide.

Nah,cara membaca ukurannya pun berbeda untuk kedua jenis amplas tersebut, untuk mengetahui tingkat kehalusannya adalah sebagai berikut :

Amplas Besi

Pada kertas amplas disisi belakangnya tertera nomor, nomor tersebut berkisar dari angka 1 sampa 3000, untuk menandakan tingkat kehalusan amplas terebut adalah, angka 1 merupakan amplas kasar, dan amplas 3000 merupakan amplas super harus. semakin kecil nomor semakin kasar, begitu juga kebalikannya.

Namun pada realita di lapangan, jenis angka yang beredar biasanya dimulai dari angka 100 sampai 1000, akan sangat jarang sebuah toko mensuply stock amplas dengan tingkat kehalusan yang berurutan, biasanya sebuah toko bangunan atau toko cat akan memiliki stock amplas dengan kelipatan 100, 200, 300, 400, 600, 800, 1000, 1500 ini adalah contoh ukuran amplas besi yang banyak dijual dipasaran.

Amplas Kayu

Sedangkan untuk amplas kayu, cara membaca ukurannya tidak jauh berbeda. Tingkat kehalusan yang banyak dijual dipasaran untuk amplas kayu umumnya adalah 40, 60, 80, 100, 150, 220, 300, 400, dan 500. Ukuran amplas nomor 40 sangat kasar, dan ukuran amplas nomor 500 halus. Sedikit berbalik dengan Amplas besi.
Kenapa berbeda ukurannya? , karena partikel yang digunakan berbeda, sesuai dengan kegunaan dari amplas tersebut yaitu untuk menghaluskan kayu.

Realita yang kita temukan dilapangan terkadang sedikit berbeda, karena pabrikan amplas yang satu dengan yang lain memiliki komposisi bahan yang berbeda. So, pilihlah dengan tepat jenis dan ukuran Amplas anda, kalo perlu tanyakan kepada ahlinya..

Iklan

9 thoughts on “Selingan : Jenis-jenis Ukuran Amplas

  1. Ping-balik: Jenis Amplas « Wong168's Blog

  2. Ping-balik: Jenis Amplas dan Ukurannya | blogdangkal.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s