Mengenal Vision Board

Yups, apa itu vision board? ane pun baru mengenalnya baru-baru ini. hanya namanya saja yang baru mengenal, namun ternyata hasil atau wujudnya mungkin banyak orang yang pernah membuatnya. Mungkin pas dijaman Sekolah dulu, udah terbiasa membuat vision board. Hmm, jadi apa itu vision board? Vision Board merupakan sekumpulan gambar dan atau potongan-potongan huruf dari majalah, koran, kartu pos, foto, dll yang disusun sedemikian rupa diatas sebuah kertas. Namun kebanyakan intinya adalah sekumpulan gambar diatas kertas yang disusun semenarik mungkin, walau tak ada larangan untuk memasukan sejumlah tulisan dalam vision board. Pemakaian kata diperlukan untuk menjelaskan tentang sebuah gambar, bila dirasa gambar tersebut kurang menjelaskan maknanya jika tidak disertai kata tertentu. Pemakaian kata jangan terlalu banyak, karena yang utama adalah komposisi gambar.

Lalu, gimana memanfaatkan penggunaan Vision Board? Penggunaan Vision Board ternyata bermacam-macam, contohnya:

  • Ada yang digunakan untuk urusan personal/pribadi, contoh tentang ambisi, cita-cita, revolusi diri, mimpi, Rencana kedepan, dll.
  • Untuk mendukung aktivitas sehari hari dan aktivitas sosial yang dilakukan seseorang.
  • Rencana kerja sebuah organisasi atau kelompok
  • Media persentasi suatu kegiatan, laporan, penelilitan, dll
  • Dan hal lain yang bisa terbantu dengan penggunaan Vision Board.

Sebenarnya untuk saat ini penggunaan Vision Board dapat digantikan dengan yang lebih modern, yakni memakai Power Point atau Corel Draw , dikarenakan lebih cepat dibuat. Nah, klo memang ada waktu banyak/ senggang mungkin bisa mencoba menggunakan Vision Board, terlihat vision board memiliki rasa tersendiri, aura sendiri, indah dilihat dan lebih kuat memotivasi diri.

Pentingnya Vision Board? misal pada sebuah acara Persentasi/Rapat, manfaat Vision Board sebenarnya lebih menerapkan bagaimana menarik perhatian audience dengan vision board yang kita ciptakan, dengan membangkitkan keingintahuan orang yang menjadi target audience kita, karena penasaran dengan arti dibalik gambar-gambar yang disusun di vision board. Selain itu, kita juga bisa menjadi orang yang menggunakan cara berbeda dari yang lain, lebih untik dan imajinatif. berani tampil bedalah, coba bayangkan bila semua orang persentasi dengan power point, tapi kita justru membawa vision board, pastinya bakal menarik perhatian banget dan kita bisa dianggap sangat niat dan serius mempersentasikan apa yang kita buat. well, karena untuk membuatnya pasti membutuhkan waktu tak sedikit dan butuh kerja keras pula.

Bila Vision board dirasa kekecilan untuk dilihat semua orang saat presentasi berskala besar, ada banyak cara untuk mengatasinya. contoh, kita bisa scan/foto vision board, kemudian masukan ke power point, ketika presentasi kita bawa keduanya, vision board dlm bentuk karton dan digital. atau bisa pula vision board kita dihadapkan ke kamera kemudian diproyeksikan ke layar besar. mungkin hal ini akan membuat kita dianggap semakin niat.

Vision Board dibingkai/figura

Yang perlu dingat, kita harus pandai memilih gambar yang tepat dan orang bisa mudah menangkap maksud yang ingin disampaikan. Penyusunan gambar harus disusun secara urut sesuai alur berpikir, jangan sekedar nempel dan ngepasin. vision board juga bisa dipajang/difigura,atau dibuat dalam bentuk buku, misal pake buku gambar A3, tiap halaman menampilkan tema yang berbeda tentang diri kita dan apa yang ingin kita raih.

At least, selamat mencoba dengan Vision Board Kreasimu sendiri !

Iklan

3 thoughts on “Mengenal Vision Board

  1. Ping-balik: Menghilangkan rasa malas dengan melakukan cara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s