Mengenali dan Mengatasi Nyeri disekitar Dada

All hands, akibat tegang dan emosi menonton pertandingan Final Sepak Bola Seagames 2011 lalu, mengakibatkan rasa nyeri muncul didada karena saking tegangnya. Untuk itu ane membuat artikel tentang informasi dan penanggulannya ,yang saya copas dari beberapa sumber hasil browsing di Internet 😀 .

Gejala Nyeri dada tentu sangat tidak mengenakan, namanya juga sakit pasti tidak enaklah. Nah bagi yang awam atau panikan akan mengganggap ini gejalan penyakit jantung, wah bahaya neh klo salah satu penyakit mematikan hinggap di tubuh kita.

Banyak faktor yang mempengaruhi nyeri dada ini, salah satu faktor ketegangan/emosi yang ane akibatkan, Pada umumnya gangguan nyeri ada 2 :

gangguan nyeri alat visceral (nyeri karena organ tubuh) tidak terlalu sakit. Misalnya sakit pun, tidak sampai menyiksa penderita. Sakit ini biasanya seperti ada beban berat yang menekan rongga dadanya dan juga terasa enek. Gejala seperti ini biasanya akan berangsur-angsur menghilang dengan melakukan beberapa geraka ringan, misalnya duduk dan istirahat dengan tenang.

Rasa nyeri kardial adalah rasa sakit pada dada yang memerlukan beberapa pengobatan spesifik sesuai dengan penyebab gejala yang jelas. Untuk kasus ini, cara meredakan dapat diawati seperti saat meredakan nyeri visceral. Namun, jika tidak kunjung hilang, lakukan beberapa cara berikut ini:

Di rumah sakit, penderita nyeri dada akan menjaiani pemeriksaan fisik, laboratories, dan foto rontgen. jika dibutuhkan, juga akan dilakukan elektrokardiografi dan ekokardiografi. Setelah diperoleh kepastian adanya penyempitan pembuluh koroner, maka dilakukan angiograft. Bisa juga dipilih pemeriksaan kombinasi ekokardiografi dan tes uji latih y-ang disebut stress echocardiography.

Informasi lebih detail mengenai Nyeri Dada (Chest Pain) dapat dilihat di  http://www.totalkesehatananda.com

Untuk mengenali gejala Nyeri, cek beberapa kondisi sebagai berikut :

  1. Lokasi Nyeri
  2. Sifat Nyeri
  3. Cita Rasa Nyeri
  4. Kronologis Nyeri
  5. Keadaan saat serangan
  6. Faktor yang memberatkan dan mempengaruhi Nyeri
  7. Gejala lain yang mungkin berhubungan dengan Nyeri

Namun bila bukan diagnosa Serangan Jantung, jangan langsung buru-buru kedokter, cobalah cara ini : rasa sakit di dada itu kemungkinan ada angin yang terjebak di daerah dada, untuk mengatasinya ; kerik dengan mengunakan uang logam dan minyak gosok di area pinggir ketiak arah memanjang dari sikut sampai bawah pinggir ketiak, dengan posisi lengan ke atas, agar lebih manjur kerik pula di bagian dada yang sakit dan lengan bagian atas.

Iklan

16 thoughts on “Mengenali dan Mengatasi Nyeri disekitar Dada

  1. makasih infonya,,, saya sudah lebih 3 hari sakit dada..
    jika ambil nafas terlalu dalam sakit, dan kalo makan minum jg sakit jika makanan melewati bagian tengah dada tsb..

    itu knp yta ?

    Balas
    • sy sendiri hny menglami sakit dada tnpa sakit nafas dan menelan makanan. kemungkinan ad gangguan diskitar dada.. cb Tidur dg posisi sempurna, atur nafas dg irama, hindari berpikir keras, minum air putih. klo 3 hr g sembuh wajib diperiksa ke dokter bro..

      Balas
  2. Rasa nya clekit clekit gitu kaya dicubit..serem sih selalu mikir jantungny knp2
    Pgn cek ke dokter spesialis jantung..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s