Waspadai Badai Diskon Akhir Tahun

All hands, tahun ini akan segera berakhir dan tidak lama lagi kita semua akan menjelang tahun baru. Banyak hal spesial yang terjadi di bulan terakhir ini, mulai dari pekerjaan kantoran yang harus diselesaikan sebelum tahun berganti, sibuk mempersiapkan liburan, mereview kembali peristiwa2 besar yang terjadi ditahun ini, berusaha mencapai target yang harus diselesaikan ditahun ini dan lain sebagainya. Namun ada hal lain yang spesial diakhir tahun, apalagi klo diskon besar-besar, alias Great Sale yang banyak dijumpai terutama di kota kota besar. Banyak pedagang yang melakukan diskon besar besaran untuk menguras gudang alias bersih-bersih, segera meraih target penjualan dari sisi kuantitas dan memanfaatkan situasi akhir tahun..

Bagi beberapa pihak, ada yang mendapatkan tambahan pendapatan diakhir tahun apalagi klo bukan bonus/tunjangan akhir tahun. Ada beberapa perusahaan yang menerapkan kebijakan ini, so pasti banyak pihak yang memiliki kantong tebal di akhir tahun, dan pihak inilah yang jadi bidikan utama penjual. Cara menarik mereka tak lain adalah dengan diskon besar besaran yang terkadang pun cara ngasih diskonnya banyak yang jahil dan merugikan konsumen, karena termakan promo dan kibulan penjual anggaran yang tadinya direncanakan untuk liburan akhir tahun pun bisa ludes.. bukannya akhir tahun dirayakan dengan suka cita justru malah yang ada rasa penyesalan :-D.

Berikut beberapa tips yang bisa ane berikan untuk terhindar dari pemborosan akhir tahun :

  1. Segera buat pembukuan kecil kecilan berisi total pemasukan, merencanakan pengeluaran dengan membagi ke pos2 anggaran yang tepat sesuai penghasilan.
  2. Utamakan dan selalu utamakan Kebutuhan dari pada keinginan, tentukan kebutuhan2 apa saja di akhir tahun. bila kebutuhan utama sudah terpenuhi silahkan belanjakan sisa yang ada untuk lainnya, tapi jangan sampe anggaran sampai 0.
  3. Jangan mudah tertipu dan terjebak diskon, bila memang tidak memerlukan barang tersebut lebih baik abaikan.
  4. Jika memang menginginkan barang karena tergiur diskon atau barang tersebut barang yang dicari, silahkan asal tidak melebihi ‘budget’ yang tersedia.
  5. Carilah barang-barang yang memang terdiskon dengan ‘jujur’, dan tidak terlalu menghamburkan uang. intinya kita bisa puas dengan harga dan barang tersebut.
  6. Cara aman dan efektif, hindari bepergian ke pusat-pusat belanja. jika terpaksa buat cuci mata, jangan bawa duit banyak. cukup bawa uang saku, tinggalkan atm dan kartu kredit jika ada.
  7. Selalu bersyukur atas segala rizki dan hidayahnya, syukuri apa yang kita dapat hari ini dengan senyuman dan doa. masih banyak orang yang tidak seberuntung kita.

Demikianlah, mungkin masih banyak tips diluar sana yang bisa melengkapi tips sederhana ini. So, selamat menjalani sisa-sisa waktu di akhir tahun ini. 🙂

Iklan

13 thoughts on “Waspadai Badai Diskon Akhir Tahun

  1. Salah satu cara gedhein untung perusahaan. Jangan tergiur berapa besar diskonnya tapi perhatikan harga setelah diskon. Kelakuan beberapa gerai menaikkan harga pokok dagangannya baru didiskon

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s