Bagian motor yang sering terlewat saat dicuci

All hands,

Ternyata memang benar terbukti. Bagian yang satu ini memang sering atau sangat terlewatkan ketika motor sedang dicuci, dialah bagian Gear Depan yang tertutup. Setelah 2 tahun lebih Autovajin mengudara, akhirnya baru sadar akan hal ini. Berawal dari membaca artikel mas Yudi Batang tentang bagian sepeda motor yang luput dibersihkan membuat ane sedikit terkejut dan mencari waktu yang santai untuk membersihkan bagian tersebut.

gear bagian yang jarang dibersihkan

Nah, ketika ada waktu untuk pembersihan muncul masalah baru. Yap, obeng untuk membuka baut segi enamnya kagak ada, pake kunci pas susah karena pasti mentok sana sini dan tidak direkomendasikan. Sedikit ribet buat buka tutup gear karena harus hunting tanya teman dan kerabat yang punya kunci shock ukuran 8 mm, mau pinjam bengkel males dan sungkan. akhirnya demi kebersihan yang prima bagi AutoVajin, istirahat kerja ane menuju toko perkakas dan membeli satu unit kunci schok model Y.

shock kunci shock Y

Well, alat sudah digenggaman. nyari waktu santai lagi buat bersihin bagian gear depan. Pake obeng shock yang baru dibeli langsung dengan penuh semangat bersih-bersih segera copot dua biji baut penutup, dibuka pelan-pelan dan hasilnya… langsung, kotoran berwarna hitam pekat menyembul keluar. pantes dah, sejak autovajin dibeli belum pernah sekalipun dibuka tutupnya.. :-D. Segera dibersihkan dengan alat seadanya, susah juga kalo buat mbersihin sampai kinclong, yang penting semua kotorannya sudah dihilangkan.

kotoran

Pada bagian tutup juga tak lupus untuk dibersihkan, kotoran yang nempel di tutup juga lumayan legit.

tutup

Setengah jam kemudian, semuanya beres. pasang kembali dan hati kembali lega. semuanya bersih kecuali bagian permukaan tutup bagian dalam yang keliatannya terlalu “hards” untuk bisa mulus kembali.. Bagi rider yang sudah mengganggap tunggangannya sebagai teman, semua bagian motor harus terjamah saat dibersihkan.. motor bersih, ridernya pun harus bersih.. daaann sepertinya bagian ini kalau bisa rutin dibersihkan minimal sebulan sekali..

Iklan

17 thoughts on “Bagian motor yang sering terlewat saat dicuci

  1. O iya ya. Nice tips nih. Tambahan bro, bagian tangki bbm dan bagasi motor bebek juga kadang tidak terjamah. Padahal sudah tentu juga perlu pembersihan. Hehehe :mrgreen: .

    Balas
  2. Ping-balik: Biar Gear Depan Tidak Terlewat Dibersihkan « Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s