Perlu tidak Perlu, MBT tetap dibutuhkan !

All, Hands. Menyikapi kisruh bin polemik yang muncul saat ini tentang pembelian Main Battle Tank (Tank Tempur Utama) Leopard 2A6 bekas milik Belanda yang diajukan TNI dan Kemhan. Menurut pandangan ane, kebutuhan akan adanya satuan MBT ditubuh Angkatan Darat sudah seharusnya dan wajib ada. sejak Republik ini berdiri, belum pernah TNI memiliki MBT ! Zaman berganti zaman, angkatan darat selalu berkutat dengan Light Tank (Tank Ringan) yang kemampuan nya sangat terlalu terbatas.

Tak perlu membandingkan dengan negara tetangga atau negeri lain, sudah sewajarnya Republik ini memiliki segerombolan MBT, mau sampai kapan Angkatan darat minus Badak besi. saat ini mungkin TNI AD sudah terlalu bosan dan bosan, dan didalam hati berkeinginan untuk mencoba kendaraan tempur menakutkan didarat, apalagi klo bukan MBT. yap, kekekosongan armada MBT ditubuh TNI AD sejak negeri ini berdiri, bagaikan sayur tanpa bumbu.. kurang lengkap. Seandainya dahulu Bung Karno masih memimpin, mungkin TNI akan dibelikan lusinan MBT dari soviet sebagai wujud kekuatan baru (New Emerging Forces) untuk menyimbangkan kekuatan dunia yang terbagi dua poros timur dan barat.

Tank Scorpion, jelas tak sehebat MBT

Tank Scorpion, jelas tak sehebat MBT

Walaupun MBT bukanlah alat utama penentu kemenangan dalam perang, akan tetapi keberadaannya sangat ditakuti musuh didaratan. yap, bagaikan sebuah ujung tombak terdepan yang tajam sekaligus peningkat moril pasukan Infanteri. Sangat mungkin, dengan diterjukannya MBT yang memiliki kemampuan hebat mampu memberikan efek deterens dan psikologis bagi pasukan lawan, apalagi MBT yang digunakan lebih canggih dari MBT yang dimiliki lawan. Sejak kemunculan Tank pertama di medan perang, mesin perang ini sangat ditakuti pasukan infanteri dan kavaleri, terlihat saat perang dunia pertama. ketika inggris memakai tank Mark V tahun 1915, orang-orang yang bertempur bagaikan melihat “monster” berjalan. Β semua parit pertahanan dilibasnya, peluruh ditampisnya..

Mark V, tank tempur pertama di kancah peperangan

Kemudian mengenai kisruh pembelian MBT ini, walaupun secara geografis Republik ini kurang cocok dan optimal dalam pemakaian MBT tetapi paling tidak, ‘kekosongan’ alat tempur hebat sejak Republik ini berdiri harus dipenuhi. selain pendukung pasukan darat, deterence dan meruntuhkan moral lawan MBT juga mampu menghiasi barisan defile militer saat upacara 17 Agustus maupun HUT TNI. coba apa gak senang dan merasa negeri ini gagah klo liat barisan tank-tank tangguh.. bangga kan, ane klo liat defile MBT china atau rusia hanya bisa ngiler. dan bertanya dalam hati, kapan negeri ini punya barang gituan..

Semoga saja, pembelian MBT tidak perlu menjadi polemik tapi harus dimusyawarahkan bersama. Memang cocoknya Republik ini lebih mengutamakan keunggulan Armada Udara dan Lautnya sebagai negara kepulauan, tapi diluar itu, semua angkatan harus memiliki “taringnya” masing-masing. Bagi ane bebas mau milih MBT kayak apa, dari negara mana, yang penting tank kelas MBT, mampu mengoperasikannya dengan baik dan kehebatannya teruji serta jumlah nya pun menyesuaikan kebutuhan dan anggaran.

Banzai Indonesia Army !!

33 pemikiran pada “Perlu tidak Perlu, MBT tetap dibutuhkan !

  1. Kalo mau punya MBT tapi nunggu perang dulu, ya keburu kehabisan di borong lawan perang dong Om dan kita keburu jadi abu diserang duluan…..setidaknya kalo kita punya alat tempur canggih yang layak, maka gak akan ada negara tetangga yang kurang ajar sama negara kita, dengan demikian gak akan ada yang ngajak perang…kalo gak ada yang ngajak perang berarti tak akan perang…betul apa betul….

    bagaimanapun damai lebih baik dari perang…setubuh Bro’….

    Balas
  2. Saya sih setuju aja Indonesia membeli Tank MBT tapi ada syaratnya antara lain :
    1. Belinya jangan yang bekas, apalagi bekas pakai Belanda…wuuuih…Najisss
    2. Jangan ngutang
    3. Harganya jangan di markup dong….
    4. Jangan perangi Saudara sendiri dong…
    5. betul kata kawan vixy182 Mendingan uangnya betulin sekolah yg ambruk dan yg mau ambruk dulu ….

    itu aja kalee ya…
    trims

    Balas
  3. menurut info yg ane dapet dari adik kandung ane (kebetulan doi kerja di salah satu stasiun tv) beli leopard 120 klo ngak salah 40 diantaranya baru bro, trus bikin mobil jeep macam humer klo di amerika, disini pake mesin esemka, trus beli roket penjelajah, plus pesawat jet tempur hasil kerjasama sama korea

    Balas
    • yg ditakutkan itu makelarnya.. yg bikin harga melonjak..

      kendaraan taktis emang dah di teken MoU ke pindad.
      roket keknya dari china
      KFX lg di kembangin..

      Balas
  4. Keren ya pembahasannya jarang-jarang ngliat blog yang mbahas tentang perlengkapan perang.
    saya dulunya juga suka baca-baca arktikel tentang mesin perang kayak gini terutama mesin perang milik nazi jerman sama tentara merah rusia , terutama tank tiger sama T-90 nya tu lho.

    Balas
  5. senjata perlu, buat kesejahteraan rakyat juga penting.dua2nya penting.udah lama negara ga belanja senjata.ampe2 negara tetangga tetangga berani maling.ya sekarang saatnya belanja senjata,mo kapan lagi.dari pada uangnya buat bangun yang bangunannya ga keliatan.apa lagi yang urusannya buat pendidikan,salah satu sarangnya koruptor.sekolah negri harusnya untuk orang pandai yang miskin.malah untuk orang kaya,kalo ada yang miskin cuma untuk pajangan.anggaran tni ya untuk tni.belanja terus tni jangan nunggu perang!! 1alat perang aja lama dateng nya,kalo nunggu perang dateng keburu licin ini negara,di amplas negara tetangga.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s