Proses Klaim Jasa Raharja memang mudah, tapi males ngurusnya

All hands,

Berhubungan dengan peristiwa kecelakaan tempo hari, yang mengakibatkan jari tengah tangan kanan ane putus dan diharuskan untuk operasi di rumah sakit, ane mendapat anjuran dari sang dokter untuk segera mengurus asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja. Yups, seperti diketahui bahwa keluarga ane untuk urusan biaya Rumah Sakit menggunakan jasa Askes, tapi nasib berkata lain, giliran ane (jangan sampe terulang lagi dah) masuk RS, Askes dan Jamsostek ane ditolak. Terpaksa ambil umum yang biayanya masyallah.. ,menurut dokter tersebut proses klaim nya mudah dan cepat, lumayan katanya dapat 10 juta, itung-itung membantu meringankan biaya rumah sakit.

Tapi kenyataannya, tak ada satupun dari keluarga ane yang mau mengurusnya. sebenarnya bukan gak mau, tapi males mengurusi karena terkenda waktu yang pas lagi sibuk-sibuknya, tak mau membuang waktu katanya. dan faktor utama malesnya adalah berurusan dengan POLISI, om ane yang polisi pun malah menyarankan jangan pake Jasa Raharja ๐Ÿ˜ฆ ,ribet di Polisinya !! ,well benarkah demikian, om ane pun cerita bahwa korban kecelakaan motornya harus disita dulu sebagai bukti, nah pas mau di ambil itu motor harus ditebus dengan biaya yang lumayan..  lagi-lagi apakah memang demikian??, karena ane sendiri belum pernah mengalami kasus seperti ini..

Kemudian ane cari informasinya, dan memang membaca prosedurnya terlihat mudah sekali, Bagi korban kecelakaan lalu lintas ataupun ahli waris korban yang mengalami kecelakaan, bisa mengajukan klaim kepada Jasa Raharja dengan proses berikut :

  1. menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat untuk memperoleh informasi soal santunan.
  2. para pemohon terlebih dahulu harus mengisi formulir Jasa Raharja, yakni formulir pengajuan santunan, formulir singkat kejadian kecelakaan, formulir kesehatan, formulir ahli waris.
  3. menyerahkan laporan kecelakaan dari instansi berwenang seperti kepolisian, syahbandar dan instansi berwenang lainnya (surat laporan dari pihak Kepolisian setingkat Polres).

Besarnya santunan sesuai dengan UU No. 33 & 34 tahun 1964, ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI  No. 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 :
Jenis Santunan                       Darat/Laut                      Udara
Meninggal Dunia                   Rp 25.000.000,-         Rp 50.000.000,-
Catat Tetap (maksimal)        Rp 25.000.000,-         Rp 50.000.000,-
Biaya Rawatan (maksimal)   Rp 10.000.000,-         Rp 25.000.000,-
Biaya Penguburan                Rp   2.000.000,-         Rp   2.000.000,-

 

Singkatnya, bikin laporan dari Polisi lalu serahkan ke Jasa Raharja, kemudian menunggu proses. Akan tetapi, merujuk langkah 3 di atas.. yang berhubungan dengan polisi lah yang sepertinya menjadi momok atau biang keladi males ngurus.. Adakah yang pernah mengalami kejadian buruk dalam proses klaim Jasa Raharja atau Kisah sukses dalam klaim Jasa Raharja, mungkin bisa  dishare ke ane, mubazir lah kalau kita dapat asuransi tapi gak dipake..

Tetap berdoa dan keep safety riding..

Iklan

78 thoughts on “Proses Klaim Jasa Raharja memang mudah, tapi males ngurusnya

  1. Ya Allah, sabar ya mas..
    ๐Ÿ˜ฆ
    kalo ngalamin sendiri kejadian buruk enggak, tapi emang suka dapet cerita dari temen-temen ttg komplain2 mereka gitu..

    Balas
  2. Kepolisian biasanya kan bergerak sesuai dengan aturan yang sudah dibuat, maka mau gak mau kita juga harus mengikutinya, karena aturan itu dibuat demi kenyamanan bersama ๐Ÿ™‚

    O ya Mas, saya baru tahu kalau ente ngeblognya pernah pake tangan kiri, hebat uy… btw, sekarang sudah baikan belum?

    Balas
    • memang begitulah.. klo taat aturan pasti lancar.. cm terkadang ad oknum yg meng abused nya..

      hehe..iy, terpaksa pas baru pulang dari RS, skrg dah 9 jari lg.. yg 1 msh teray ๐Ÿ˜€

      Balas
  3. kalo klaim nya ga diurus, maka uang klaim itu akan menjadi keuntungan pihak asuransi.
    wiww… untung bener mereka.
    bisa jadi, me-ribet-kan mengurus klaim tersebut karna ada kongkalingkong antara polisi dengan pihak asuransi.
    he.. itu hanya dugaan saja sob.

    *semoga lekas sembuh ๐Ÿ˜€

    Balas
    • Ibu Cita, ijin sharing.. selama ini prosedur klaim santunan dari Jasa Raharja pro dengan kemudahan. Namun bila tetap ada kesulitan.. silahka menghubungi petugas kami yg ada di cabang/perwakilan/Samsat ssetempat atau dapat menghubungi call center 1500020 atau http://www.jasaraharja.c.id.
      Untuk kong kali kong.. rasanya tidak ada ya.. sisa pendapatan yg diterima oleh Jasa Raharja, akan dikembalikan ke negara dalam bentuk deviden. Salam.

      Balas
  4. yah tau sendiri mas asuransi di indo…ane sih pernah ngalamain salah satru asuransi.jadi ane lansung keluar tapi alhamdulillah ane da dapat yang baru dengan menabung tapi ada proteksinya juga uda ngalamin sendiri sih buat claimnya gampang tapi kalo mau cerita panjang banget bisa ngobrol via email aja di rommy_budiman@yahoo.com..lumayan saya bisa sebar2 pahala bagi yang pengen tau seluk bel;uk asuransi di indonesia

    Balas
    • pas anda kcelekaan, segra urus ke polisi n jasa raharja, lalu tnggl serahkan k rumah sakit anda dirawat.

      tuk lbh detail lngsung tnykn aj ke jasa raharja ato dokternya bro..

      Balas
  5. selamat malam mas , aku punya paman meninggal karena kecelakaan naik trevel tapi pihak travel mau membantu mengurusi asuransi tapi ternyata pihak travel menipu keluarga kami setelah kami mendatanganin surat bebas dari kepolisian supaya sopir yang menabrak dikeluarga dari kantor polisi . pihak yang menabrak tidak mau bertanggung jawab bahkan mereka lepas tangan begitu saja . kami belum dapat asuransi yang didapat padahal udah 1 bulan kejadiannya . mohon informasinya . terimakasih

    Balas
  6. pihak yang menabrak setelah kami disuruh tandatangan surat dari kepolisiin supaya yang menambrak bebas pihak travel (orang yang menabrak itu supir travel) dia sudah bebas dari polisi tapi mereka tidak bertangung jawab bahkan mereka tidak ada konfirmasi apapun kepada keluarga kami . padahal kami udah ikhlas kalo yang menbarak kami bebaskan dari penjara ternyata kami ditipu katanya mau mengurusi asuransi ke pihak jasaraharja tapi sudah 1 bulan kejadian kecelakaan tidak ada kabar sampe sekarang padahal klaim dari jasaraharja maksimal 7hari .apa yang harus kami perbuat?terimakasih

    Balas
    • sblmnya turut berduka cita kpd paman sis. moga alm diterima segala amal baiknya.

      klo udah bertitle “penipuan: itu udah masuk ranah pidana sis, ada baiknya bila ingin diteruskan kasus ini, harap berkonsultasi dlu dg pakar hukum atau pengacara.

      utk masalah asuransi, krn wktu udah lewat 1 bulan selama masih ad keterangan dari kepolisian ttp peristiwa kecelakaan tsb, cobalah untuk meloby pihak Jasa Raharja, apakah msh bs mendapat santunan ato tidak. lbh bagus klo ad petugas dari kepolisian atau rumah sakit yg mengurus jenazah membantu sis mencairkan dana santunan jasa raharja.

      ane doakan semoga semuanya lancar sis..

      Balas
    • turut berduka utk kejadian yg menimpa keluarga mba amelisah.
      setau saya klaim Jasa Raharja msh dapat di ajukan sampai dengan 6 bulan dari tgl kecelakaan. Setelah 6 bulan akan di anggap kadaluarsa. Untuk itu akan lebih baik pihak keluarga langsung menghubungi kantor JAsa Raharja terdekat dengan tempat domisili untuk mendapatkan petunjuk prosedur selengkap nya.

      Balas
  7. jasa raharja max bs diurus setau sy 6bln dr kejadian kecelakaan tersebut,syarat untuk bs diproses memanga ada laporan kecelakaan yg dibuat polisi jdi kendaraan yg terlibat kecelakaan memang ditahan.
    pnh jln sendiri ngurus kecelakan patah tulang pny sodara(di wilayah yogya) pd november 2011..mudah dan tdk berbelit-belit wlo sy cewek.
    tidak ada namanya diperas polisi wlo sy lagi2 hanya masyarakat biasa.
    bolak-balik memang ke polres nunggu 1 bendel laporan kecelakaan trs kita bw ke samsat bertemu pihak jasa raharja untuk dicek kelengkapan stl itu dibawa ke kantor jasa raharja cabang,nunggu proses 3hr uang sebesar 10jt cair ke rek pribadi si korban(Bank BRI).stl it mengeluarkan motor pihak korban dan lawan.
    dibuatkan surat pengantar ambil motor dr polres ke pos polisi tempat motor ditahan.
    polisi di polres hanya minta “uang pengganti kertas” (mereka sebut).tp sebelum mereka minta sy sudah sodorkan amplop berisi 200.000 sy bilang ke bpk2 tsb ini sebagai ucapan terima ksh kami.krn sy berfikir toh kita ga akan cair 10jt tanpa 1bendel laporan yg mrk buat
    semoga pengalaman ini bermanfaat… ๐Ÿ™‚

    Balas
      • Bener mbaknya sy pernah ngurus jasa raharja nggak ribet koq, malah saya didatangi oleh petugas jasa raharja dan dibantu ,tidak ada biaya sepeserpun, tapi klo di polisinya biasalah bro kita sudah sama sama tahu klo berurusan denagn polisi uud ( ujung ujungnya duit )

  8. Benar kayaknya hal yang sama juga terjadi sama saya, untuk ngurus polisinya yang ribet dan bertele2. Udah kita korban kecelakaan,udah ngak punya uang nebus ke rumah sakit, kirain jasaraharja bisa jadi solusi, ee.. Udah sepeda motor minta di tinggal kantor polisi, untuk ambil surat laporan kepolisian dan ambil balik sepeda motor malah dipalakin 2 jt, tanpa sungkan. Tuh polisi, emang apa segitu biaya nya . Pusing dech

    Balas
  9. saya lagi ngurus jasa raharja kecelakaan anak saya. untuk ngurus surat keterangan dari kepolisian mereka minta duit 3 juta buat ngurus jasa raharja katanya.
    bener-bener raja tega polisi ini, udah kecelakaan, duit jasa raharja dipalak lagi..

    Balas
    • iy mbak, yg plng ribet emng di polkishnya. udah jd budaya berjamaah.

      dr rekan kerja saya yg biasa ngurusin kecelakaan emng bgitu ,tp bg rekan saya yg penting duit asuransi bs cair. jd pinter2 nego ke polkishny br duit jth mereka g terlalu memberatkan kita.

      Balas
  10. Buat Teman2, jika ada yang mengalami kecelakaan lalu lintas jalan atau kecelakaan angkutan umum segera menghubungi kantor jasa raharja terdekat atau ke kantor samsat terdekat untuk dibantu pengurusannya. tidak benar jika ada pihak JR yang meminta imbalan/ potongan dari santunan yg menjadi hak korban. kalaupun ada dari kepolisian itu adalah oknum, segera laporkan kepada kantor cabang jasa raharja untuk ditindaklanjuti. terima kasih.

    Balas
  11. makasih atas pengalaman2 yg udah dishare,jadi tahu prosedur buat klaim jasaraharja,tapi sayang ya kalau motor harus ditahan dulu,apalagi kalau cuma punya motor satu,tapi kalau sebulan dari waktu kecelakaan,masih bisa ga ya ngurusin ke polres minta surat kecelakan?bagi yang tahu share ya..

    Balas
    • Mas sultan.. ada aturan mengenai kadaluarsa pengurusan santunan di Jasa Raharja yaitu 6 bulan sejak tanggal kejadian.. jadi selama.belum kadaluarsa masih bisa diurus.. namun tentunya bila sdh lama, pihak2 terkait seperti polisi akan kesulitan mencari dan mencatat kejadian sbg dasar pembuatan laporan polisi Saran saya.. semakin cepat dilaporkan semakin baik.. info lanjut hub call center jasa raharja 1500020 atau http://www.jasaraharja.co.id

      Balas
  12. Kejadian Tahun 2008 Bulan Juni saat, Kakak Saya Meninggal Karena Kecelakaan Dan Saat Itu Jelas Kesalahan Ada Di Pengembang Jalan Di Surabaya, Karena Malam Gelap Tanpa Lampu Dan Membiarkan Material Bahan Untuk membangun Jalan Di Taruh Berserakan Di Tengah Jalan Begitu Saja, Dan Kakak Saya Menabrak Bahan Material Tersbut Dan Meninggal , Besoknya Itu Pula Saya Ke Kantor Polisi Di Wilayah Surabaya, Kami Mau Meminta Surat Untuk ngurus Jasa Rajasa , Tetapi Sepertinya Di Persulit,Sampe Akhirnya Kami Teken Kertas Dan Kami Bawa Motor Korban,Ternyata Isinya Surat Tanpa Tuntutan, Dan Yang Lebih Pengen Maki Itu Polisi Kami Pulang Pun Suruh Mengisi Amplop Untuk Mereka, Saya Ingat Betul Poisi Itu,Dan Setelah Kami Pulang Jasa Raharja Kakak Saya Di Agggap Hangus, Kami Tidak Mempermasalahkan Uang Nya Tetapi Yang Kami Sesalkan Adalah Ada Korban Meninggal Yang Jelas Itu Kelalaian Pengembang Jalan,Untuk Polisi Bulshit Ha Punya Hati,Orang Terkena Musibah Bukan Di Tolong Malah Di Todong,

    Balas
    • Mas Dawet, ikut prihatin dengan kejadian yg menimpa saudaranya. Sepanjang yg saya tahu, pd prinsipnya yg berkaitan dengan klaim santunan di Jasa Raharja, selama syarat dan ketentuan terpenuhi.. pasti akan di tindaklanjuti oleh pihak Jasa Raharja. Tks infonya di blog ini.. berkenaan dgn santunan Jasa Raharja, proses dan prosedur, silahkan hub call 1500020 atau http://www.jasaraharja.co.id.

      Balas
  13. Sy mungkin cukup beruntung di Polres Pelalawan Riau ketika kecelakaan lalin pihak asuransi jasa raharja di hubungi oleh Polantas setempat dan sy didatangi buat menyelesaikan smua urs ttg hal tsb tanpa biaya dan tidak diminta biaya..apresiasi kpd mereka sy berikan.

    Balas
  14. Mau tanya mas, belum lama ini 2 orang kakak saya mengalami kecelak’an lalu lintas, mobil
    Krana ada beberapa saran untuk mengurus jasaraharja, kami datang ke lakalantas untuk meminta surat keterangan kecelakaan,
    Tpi saat disana kata pak pol nya, kalau terjadi kesepakatan damai kedua belah pihak maka tidak bisa untukmengurus jasaraharja, gimana itu mas, betul begitu???

    Balas
    • koplak tu polisi gan.. nmnya kecelakaan lalin y ttp diurus jasaraharjanya, bwt ap kita tiap taun bayar pajak di samsat.
      klo kesepakatan damai itu urusan lain, g ad hub. nya dg asuransi jasaraharja.
      segera di urus gan, eman2 duit nya..

      Balas
      • Mas Kasamago, semoga menjawab masukan terlampir ya. Mengingat setiap pengeluaran hafus dipertanggungjawabkan ke masyarakat dan pemerintah, maka akuntable tetap jadi pedoman dalam menyalurkan santunan.siap dikoreksi, mas.. salam.

    • Mas Enda, ikut prihatin dgn kejadian yg menimpa saudara anda.. berkaitan dgn klaim santunan Jasa Raharja, prinsipnya proses santunan salah satunya dapat berjalan bila ada laporan dari kepolisian. Laporan ini sebagai dasar nantinya Jasa Raharja menentukan terjamin tidaknya korban kecelakaan. Namun demikian.. banyak dilapangan terjadi kasus damai dengan berbagai alasan.. malas berurusan dgn polisi dll. Biasanya bila sdh damai.. maka polisi tidak bisa mengeluarkan laporan polisi ini. Berkaitan dgn hal tersebut.. jika memungkinkan utk melapor ke polisi unit laka setempat.. maka silahkan dicoba. Utk info lanjut dan bantuan lain, silahkan hub call center Jasa Raharja di 1500020 atau http://www.jasaraharja.co.id.

      Balas
    • Makanya jangan mau damai, apalagi kalau sampai tanda tangan atau siap kehilangan klaim….Selama kita benar jangan takut…”Orang sama-sama makan nasi”

      Balas
  15. Mas Kasamago, ijin sharing ya.. turut prihatin dgn kejadian yg menimpa mas.. semoga sekarang dalam keadaan sehat walafiat. Berkaitan dgn Jasa Raharja, terima kasih sdh mengulasnya di blog. Semoga memberika informasi kepada teman2 lain tentang asuransi kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan penumpang umum yg menjadi tupoksinya Jasa Raharja. Info detail sila mampir ke http://www.jasaraharja.co.id atau call center 1500020.salam. Yudha

    Balas
  16. Ass, curhat mas… isteri saya pake motor beat pas belokan udah hidupin sen, tiba tiba datang mobil vios menabrak motor isteri saya, kejadian tersebut lebih kurang 2 minggu yang lalu, si penabrak emang bertanggung jawab memperbaiki motor dan mengobati isteri saya di rsu dkt terus ke rsu m yunus bengkulu, singkatnya saya pns ada kartu bpjs di rsu sakit tersebut bisa tapi melalui prosedur lapor ke polisi…pihak penabrak nggak mau repot katanya , karena mobil dan motor akan di amankan ke kepolisian, dua kali kena biaya, pertama ngobati isteri saya dan memperbaiki motor yang kedua biaya mengeluarkan mobil dg motor dari kantor polisi..

    Balas
    • saya jg kemarin mengurus surat keterangan kecelakaan di polisi, tp polisi tdk ada pemberitahuan atau pemahaman kpd korban klo sudah berdamai, maka asuransi tdk dpt cair.. apakah memang mutlak dan sah secara hukum apabila harus belum damai dlu uutuk bs mendapatkan surat keterangan dr polisi, mengingat saya di tabrak di zebra cross yg dilindungi huku..

      Balas
  17. To Ida
    Saya turut prihatin dengan yang saudari alami. Tentunya pasti sangat kecewa dengan tidak bisa cairnya klaim asuransi kecelakaan.
    Sebelumnya apakah dalam proses damai tersebut dibuat pernyataan tertulis??? Jika ada, bisa jadi pernyataan yang dibuat terdapat poin penolakan klaim asuransi kecelakaan…

    Balas
  18. Benar sekali gan… saya mengalami sendiri.. dari Jasa Raharja sangat cooperative dan sangat membantu… akan tetapi masalah dan kesulitan saya jumpai justru di Kepolisian ketika akan mengurus keterangan kecelakaan dan rekom untuk memperoleh santunan…. teramat sangat sulit dan ujung ujung nya minta “biaya”…. singkat cerita dana santunan kematian cair tapi setengahnya harus “setor”…. ini dana kematian lho…. subhanallah…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s