Bagaimana mengenal cara berkendara para biker?

Anne-Hathaway-Catwoman-Costume-570x379

All Hands,

Ada beragam karakter biker yang pasti nya sering kita lihat di jalanan, ada yang baik ada yang enggak, ada yang santun dan ada yang enggak. Lalu, Indikasi atau Instrumen apa saja sih yang diperlukan untuk mengenai karakter berkendara seseorang. Saat berkendara di jalan, kita sering menerawang atau mengira-ngira karakter pengendara lain di sekeliling kita, kadang terawangan kita benar dan mampu memprediksi manuever pengendara tersebut, namun juga kadang salah dan diluar didugaan, so ane mencoba untuk mencari tahu bagimana mengenal cara berkendara seseorang dengan tepat, dengan berbagai faktor berikut :

1. By Wajah

Walah bisa menilai karakter seseorang dari wajah, tapi biasanya wajah bisa menipu dan tak terprediksi dengan tepat, semisal ada tampang pengendara yang keliatannya “blo on” tapi ternyata skill berkendaranya hebat, ad yg bertampang seperti baru belajar naik motor, eh ternyata di jawara balapan. Nah, Intinya untuk menjudge cara berkendara biker dari wajahnya masih Abstrak.

2. By Fashion

Yup, adakalanya menilai cara berkendara seseorang bisa di ukur dari cara berpakaiannya. Bila pengendara tersebut memakai helm “SNI”, pakai sepatu, Jaket menunjukan bila orang tersebut ‘serius’ dalam berkendara dan mempersiapkan segala sesuatunya. Sesederhananya fashion Bikers, minimal harus memakai Helm, dan bila pengendara tersebut memakai GLoves/ sarung tangan berarti orang tersebut biasanya siap dan sigap dalam berkendara. So, by Fashion sepertinya bisa dijadikan patokan awal untuk menentukan karakter berkendara seseorang :-).

3. By Modif

Beralih ke Motor yang digunakan, bila motor tersebut tetap mempertahankan perangkat standart yang berhubungan dengan keamanan, maka pengendara tersebut “mengetahui” cara berkendara yang baik, namun sebaliknya bila motor yang digunakan sudah keluar dari koridor yang dianjurkan, maka pengendara tersebut berpotensi untuk membahayakan pengendara lain dan dirinya sendiri, so, dengan penampilan motornya menunjukan bagiamana cara berkendara pengendaranya..

4. By Sikap

Nah, attitude dalam berkendara.. Gimana gayanya dalam berlalu lintas, bermanuver,  cara menyalip, cara belok, dan sebagainya.. biasanya menunjukan sebagian kecil cara berkendaranya.. Apakah kemampuan ridingnya sudah bagus atau belum..

gta-chinatown-wars-biker-wallpaper

Nah, mungkin ini hanya sebatas metode ala kadarnya yang mungkin menurut sudut pandang orang lain belum tentu demikian, ane hanya menganalisa melalui perimeter yang ditemui sehari-hari saat berkendara dan mengkonsultasikan ke teman. At Least, dengan mampu mengenal dengan baik lawan atau teman berkendara kita bisa senantiasa waspada terhadap hal-hal yang dianggap membahayakan, sehingga potensi kecelakaan bisa diminimalisir.. but, namanya riding kan harus fokus, jadi kalau sibuk buat mengamati orang lain juga bisa membahayakan, so hal ini cukup dilakukan dalam hitungan detik :-D..

Iklan

11 thoughts on “Bagaimana mengenal cara berkendara para biker?

  1. Langkah pertama yang biasa saya amati dari pengendara juga fashion dan attribut (modif/aksesoris) yang ada pada motornya. Alasannya, jika orang tersebut menghargai keselamatan diri sendiri, akan besar kemungkinan dia juga memikirkan keselematan orang lain. Kan kalau dia celaka, orang lain juga celaka toh… ? 😀

    Balas
  2. klo wajah dan tampilan bisa menipu, tpi klo soal sikap bisa terlihat dengan mudah, contoh gampangnya saja, ketika seorang biker atau pengendara sepeda motor mau berbelok entah ke kanan atau kekiri, yang baik itu adalah dengan cara menyalakan lampu sein terlebih dahulu dari jarak yg cukup aman, dan sebelumnya juga posisinya tersebut sudah berada di posisi yang tepat sambil mengurangi kecepatannya, secara perlahan, kemudian juga sambil melihat keadaan kendaraan lain yg berlalu lalang disekitarnya.

    nah dari sikap tersebut, mungkin masbro gogo pernah atau mungkin seringkah melihat hal yang seperti itu dijalanan?? :mrgreen:

    Balas
    • begitulah, cuman dari sikap jg bs menipu.. misal dia sebenarnya rider yg ‘baik’ cuman krn pikirannya lg galau, gaya ridingnya jadi acak acakan :-D..

      Balas
      • yupz betul banget bro gogo heheh, nah klo soal dia pikirannya lagi galau atau tidaknya saya rasa, hal itu hampir setiap orang biker juga pernah bersikap tidak baik gara2 hal ini…. termasuk ane pribadi xixixi……. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s