Kupas Tuntas Ranjau Laut (Naval mine)

Zak MCM - anchor mine

All Hands,

Mumpung masih anget angetnya isu konflik antara Iran dengan Israel plus Barat, ane akan mengulas secara sederhana salah satu senjata murah meriah nan efektif yang sepertinya menjadi andalan Militer Iran untuk memblokade selat Hormuz, yakni Ranjau Laut. Salah satu arsenal ‘kuno’ yang masih digunakan sampai saat ini, dan daya hancurnya pun tak berkurang sama sekali.. benar-benar senjata segala jaman tak lekang dimakan waktu.. elegan.

SEJARAH

Ranjau laut atau Naval Mine adalah alat peledak yang ditempatkan di permukaan air atau dalam air untuk menghancurkan kapal permukaan dan kapal selam. Ranjau laut dapat disebarkan melalui Kapal, Kapal selam, Kapal Selam mini,  pesawat atau secara perorangan. Ranjau laut merupakan senjata yang relatif murah dan fleksibilitasnya menjadi senjata favorit tak kala menemui pertempuran yang tak seimbang (contohnya Irak vs Amerika). Berdasarkan sejarahnya Ranjau laut sudah lama diciptakan dan digunakan di peperangan, yakni digunakan oleh militer China semasa Dinasty Ming pada abad 14. Catatan China menunjukan, pada abad 16 Ranjau laut digunakan untuk melawan Perompak dari Jepang (Wokou). DI era ini Ranjau laut diletakan di kotak kayu direkatkan dengan Putty (sejenis material plastik seperti tanah liat).

Chinese_Naval_Mine China Naval mine (wikipedia)

Di Eropa, tercatat Britania Raya  juga menciptakan sejenis ranjau laut, di Amerika pun demikian, Davis Bushnell menciptakan ranjau laut untuk dan digunakan saat perang kemerdekaan melawan Inggris walaupun lebih mirip drum yang diisi mesiu kemudian dipicu dengan api. Ranjau Laut dioperasikan secara elektrikal baru digunakan saat berkecamuknya Perang Saudara di Amerika Serikat pada abad 19. Kesuksesan yang diraih senjata ini ketika Perang Saudara Amerika (Civil War) membuat pemerintah Amerika memasukan ranjau laut dalam daftar senjata utama untuk pertahanan pantai (Coast Defence).

Waud_-_infernal_machines Civil War Mine (wikipedia)

Sepertinya sulit untuk menentukan siapa penemu sebenarnya Ranjau laut , karena masing-masing negara melakukan risetnya sendiri di jaman yang berbeda pula.

KEKUATAN

Uss_Cairo_h61568 USS Cairo

Daya hancur ranjau laut sudah dibuktikan saat civil war, dengan menenggelamkan USS Cairo di tahun 1862 sekaligus menjadi korban kapal perang pertama di era Industri. Pada perang Russia – Jepang tahun 1904-1905, penggunaan ranjaut laut cukup besar dan dalam tempo singkat 2 Ranjau Kapal menghantam kapal perang Russia Pertopavlovsk dekat Port Arthur yang mengakibatkan terbunuhnya Komandan Armada Laut Russia Admiral Stepan Makarov. Penggunaan Ranjau Laut terus berlanjut di Perang Dunia I dan Perang Dunia II menorehkan hasil yang gemilang. Sepanjang Perang Dunia, Inggris Raya mengcover seluruh perairannya dengan ranjau laut, untuk perlindungan dari serangan Jerman.

JENIS-JENISNYA

Mine_(AWM_304925)

Bentuk Ranjau laut sekarang bermacam macam, diawal kemunculan berbentuk drum, di era perang dunia berbentuk Tabung atau Bola. Agara tak mudah diketahui lawan, ranjau laut biasanya disamarkan dengan sampah, di bentuk menyerupai sampah laut agar tidak mencurigakan. Namun era sekarang, penempatan ranjau laut tak lagi mengapung di air yang masih bisa diliat kasat mata tetapi sudah mampu berada dibawah air. Semisal  Ranjau EM-52 buatan China yang tenggelam di dasar laut, menunggu, dan melacak kedatangan kapal musuh dengan gelombang elektromagnetik atau gelombang suara, lalu meluncur sendiri ke sasaran dengan membawa 660 pound hulu ledak.

EM52MINE

EM 52 Mine – china

Secara garis besar, Ranjau laut (Naval Mine) dibagi menjadi 2 :

1. Contact Mine

Merupakan jenis Ranjau laut dengan teknologi lama, pada bentuk awal, mekanisme peledekan ranjau masih memakai sistem mekanis, tetapi digantikan dengan Horn Hertz (tanduk) pada 1870. Ketika lambung kapal menyentuh tanduk, ranjau laut akan terpicu dan meledak.

2. Limpet Mine

Adalah ranjau laut dengan bentuk yang modern, lebih compact. Cara kerjanya lebih modern, ada yang menggunakan magnet untuk menempel pada lambung sasaran atau menggunakan ‘artificial intellegence’ ,yang mana bila mendeteksi keberadaan sasaran, ranjau laut akan meluncur dan menghantam sasaran, serta mampu membedakan mana sasaran (lawan) dan yang bukan (kawan).

limpetmine Limpet Mine

Kemudian ada pula ranjau laut yang kendalikan melalui kontroller dari jarak jauh. selain itu ranjau laut juga memiliki jenis yang special dan unik, yakni Torpedo mine, Nuclear mine, Daisy-chained mine, Dummy mine

PENGGUNAAN.

M-0809 M089 Mine

Sejak Perang Dunia 2, Ranjau laut telah merusak 14 Kapal perang Amerika. Selama Perang Korea, Ranjau Laut yang disebar Korea Utara menyebabkan 70% kerusakan dialami oleh Kapal-kapal Amerika, 4 diantaranya tenggelam. Saat perang Iran-Iraq tahun 1980 – 1988 kedua pihak menyebar ranjau laut disekitar teluk persia, tanggal 14 April 1988 Kapal Perang AS, USS Samuel B. Roberts (FFG-58) tenggelam oleh ranjau laut Iran jenis M-08/39. Karena ranjau laut inilah, militer AS sepertinya enggan langsung menyerbu Iran, Ranjau Laut masih menjadi momok bagi armada laut. Begitu juga saat Perang Teluk, Ranjau Laut Iran berhasil merusak Kapal USS Princeton (CG-59) and USS Tripoli (LPH-10),so memang Ranjau laut menjadi andalan negara dengan militer yang lebih Inferior dibanding lawan. Senjata ‘kecil’ untuk melumpuhkan Senjata ‘besar’.

Di tahun 2010 lalu, kabarnya kapal perang Cheonan milik Korea Selatan tenggelam karena ranjau laut yang ditebar Korea utara

captor2 Cara kerja Ranjau laut

Sekarang, Hukum internasional mewajibkan setiap negara untuk mengumumkan kapan mereka akan menempatkan ranjau di suatu wilayah agar kapal sipil dapat menghindari wilayah tersebut. Namun peringatan tersebuat tak harus mendetail, mereka hanya menyebutkan telah menebar ranjau di perairan x.

Ranjau laut salah satu penemuan dalam bidang senjata yang cukup Strategis. Sebab Biaya produksi dan penyebarannya umumnya berkisar antara 10% dan 0,5% dari biaya untuk penyingkirannya artinya Lebih murah membuat dan menebar Ranjau laut ketimbang membersihkannya.. dan lagi upaya penyapuan/sweeping Ranjau laut relatif masih terlalu sulit meskipun sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi penyapu ranjau yang modern.

Well, Ranjau laut benar-benar senjata ‘mungil’ yang masih diandalkan sampai saat ini..

 

Ref. Wikipedia

20 pemikiran pada “Kupas Tuntas Ranjau Laut (Naval mine)

    • belum ada informasi mengenai jenis ranjau laut milik TNI bro, kemungkinan masih memiliki ranjau laut peninggalan perang dunia II dan era Trikora, maklum sptnya TNI udah g nebar ranjau laut sejak Trikora. yg sering malah misi pembersihan ranjau laut..

      Balas
  1. wow mantap sekali ulasannya bro gogo :D, ane jadi inget game commando 2 men of courage yang ketika menjalankan misinya si marinir salah satu karakter dalam game tersebut menyelam dan memotong tali pengikat ranjau laut di dasar laut, keren pokonya……..

    Balas
  2. Kalau pendapat aku sih ; Angakatan Perang RI, pasti udah punya senjata ini, namun tidak sembarangan digunakan, karena bisa membunuh CIVIL disuatu perairan INDONESIA. ==== Beruntung kita tinggal dinegara damai, (jarang konflik antar negara) yang insya Allah jangan sampai ada lagi perang antar negara kita dgn negara lain. Malah yang lebih IRONIS negara kita sendiri yang senang perang saudara . Percayalah……….. Angkatan Perang RI, dan semua kru / armada perang, pasti udh dibekali ilmu RANJAU LAUT ini.

    Tenang aja, Allah gak kan tinggal diam, jika kita tetap berusaha utk menjaga NEGARA BERDAULAT ini dengan persiapan, ilmu pengetahuan, senjata, dan pasukan perang.

    salam ku Buat TNI………. TUGAS mu berat wahai saudaraku !!!!!!!!!! kami bangga dengan jiwa PATRIOT mu, yang GAGAH menjaga negara ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s