Shanxi Type 17, Pistol Legendaris China

1287721391

All Hands,

Bagi yang suka atau pernah menonton  film2 mandarin/china yang berlatar belakang pada abad 20 an dan berkisah tentang peperangan atau pertarungan antar gangster di Shanghai pasti sering disuguhi dengan adegan adu tembak yang menggunakan salah satu Pistol / handgun dengan desain yang “unik”. Yap, itulah pistol Shanxi Type 17, sebuah pistol hasil kopian dari The Mauser C96 (Construktion 96) yang dibikin China.

Aslinya pistol ini memang didesain Feederle brothers di jerman pada tahun 1895 kemudian diproduksi oleh Mauser selama kurun waktu 1896-1937. Dipertengahan abad 20, Mauser C96 dicopy dan diproduksi oleh Spanyol dan CHina. Karakteristik khas dari C96 adalah box magazine amunisi yang berada di depan pelatuk, berlaras panjang, dan handle terbuat dari kayu.

600px-KungFuHustle-mauser(2)MauserC96 – Action on Kungfu Hustle Movies

Sejak di Copy oleh China, MauserC96 berganti nama menjadi Shanxi Type 17 dan mulai digunakan secara luas oleh kalangan militer dan sipil (mafia). Lebih dari 1 Juta MauserC96 telah diproduksi dan terbanyak hasil dari copyan Spanyol atau China, tapi tak ada data yang jelas mengenai jumlahnya karena buruknya catatan produksi di kedua negara ini. Di China, Pistol ini sudah digunakan sejak pertempuran Boxer melawan Inggris, kemudian berlanjut di Revolusi Xinhai, Perang Dunia I, dan perang lainnya sampai kurun waktu tahun 1960 an.

Selama Era Perang Kerajaan di China awal abad 20, Provinsi Sanshi diperintah oleh panglima perang (Warlord) Yen Hsi-sh yan yang berhasil mendirikan pabrik senjata modern di ibukotanya Taiyuan. Banyak senjata hasil copyan yang diproduksi oleh pabrik ini untuk melengkapi Pasukan Modern China salah satunya Sub Machine GUn Thompson. Diversi China ini ukuran kalibernya dirubah agar standarisasi amunisi dan pasokan bahan bakunya lebih mudah diperoleh. Tipe 17 mulai diproduksi di tahun 1929 oleh Arsenal Taiyuan. Disisi Kiri pistol tertulis type 17 (dalam huruf China) dan Made in Shansi di sisi kanan. Dengan Ukuran Bilik Cartridge yang lebih besar dari tipe aslinya, Type 17 benar2 menawarkan desain yang berbeda.

Sejak komunis berkuasa, Shanxi Type 17 ukuran 45 telah dilebur dan digantikan dengan ukuran yang lebih sesuai dengan standart senjata komunis, Shanxi 45 buatan  Taiyan Arsenal kemudian diekspor keluar negeri dan dijual dipasar komersil, saat ini senjata ini hanya diproduksi untuk memenuhi pasar kolektor di AS.

Mauser C96 tidak hanya dicopy menjadi Shanxi type 17, melainkan telah dicopy ,diproduksi dan dipakai oleh beberapa negara di dunia antara lain Austria-Hungaria, Finlandia, Kekaisaran Jerman, Nazi Jerman, Republik China, Spanyol, Uni Soviet dan Inggris. Walaupn banyak wujud dan copy yang diproduksi oleh negara yang berbeda, akan tetapi tetap jenis Mauser C96 yang paling Populer adalah Shanxi type 17, hal ini tak terlepas dari banyaknya peristiwa dan sejarah yang melatar belakanginya di daratan China, karena Pistol ini sudah menjadi properti Wajib bagi film2 China bertema Sejarah atau Pertempuran diabad 20.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai data teknis Mauser C96 dan variannya bisa dilihat di WIKIPEDIA

Iklan

19 thoughts on “Shanxi Type 17, Pistol Legendaris China

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s