Efek Film The Raid ; Era Kebangkitan Pencak Silat ?

ikouwais

All hands,

Semenjak kesuksesan film Merantau 2009 silam yang menyuguhkan adegan laga silat dengan sangat keren sepertinya bakal semakin mempopulerkan seni bela diri pencak silat yang gaungnya kalah populer ketimbang Boyband :-D. Kemudian, setelah sukses di merantau, sutradara asal Wales Gareth Evans dan bintang laganya Iko Uwais kembali merilis film Serbuan Maut aka The Raid.

Setelah proses produksi yang memakan waktu cukup lama, akhirnya The Raid di tayangkan di luar negeri seperti Eropa dan Kanada, sambutan di luar negeri sangat bagus yang akhirnya diganjar dengan berbagai penghargaan antara lain terpilih sebagai The Best Film – Dublin Film Critics 2012 & Audience Awards 2012 di Dublin International Film Festival, Film Terbaik 2011 versi Majalah Tempo Desember 2011 dan salah satu dari 20 film yang paling dinantikan di tahun 2012 versi majalah Time (Januari 2012), serta tak ketinggalan menyabet penghargaan tertinggi ‘The Cadillac People’s Choice Award’ dalam Toronto International Film Festival (TIIF) Mei 2011 lalu.

The-Raid-poster

yap, gaung kesuksesan The Raid telah membahana di dalam dan di luar negeri, membuat siapa saja yang mendengarnya penasaran untuk segara menontonnya. Rating yang diberikan oleh IMDB pun luar biasa tinggi dan masuk dalam 50 film laga terbaik sepanjang masa, yang berada di urutan ke 20.  Bahkan akan diremake ulang oleh Hollywood, Inilah film Indonesia yang benar-benar berhasil mendunia. Semoga kesuksesan the raid menjadi gerbang bagi film-film Indonesia lainnya untuk go Internasional.

Lalu, kembali ke judul utama artikel ini tentang Pencak silat. bagi yang sudah menonton kedua film ,Merantau dan The raid bakal terkesima dengan sinematrografi dan seni beladiri pencak silat yang ciamik, banyak jurus-jurus atau gerakan yang bisa dicontoh bagi yang mengikuti ekskul bela diri atau anggota klub bela diri. Hal ini bisa mendorong seseorang untuk mencoba-coba berkelahi ala the Raid dan lalu menjadi tertarik untuk mendalami Pancak Silat.

xdb5e7za

Ane sendiri sudah pernah mengikuti kegiatan Pencak Silat Merpati Putih saat SMA dulu, dan merasakan manfaat besar dari olahraga beladiri ini, yakni berusaha untuk selalu berada dalam jalur kebaikan, jiwa-raga yang terasah, dan bisa mehindari efek buruk pergaulan negatif (tawuran, drugs, dll). Dari waktu ke waktu sepertinya Pencak Silat memang hampir seperti tak terdengar jadi topik pembicaraan, tak jadi bahan obrolan di sosial media dan ‘brandingnya’ kalah keren ketimbang Karate atau Taekwondo.

fighter-mp

Nah dengan adanya film The Raid ini, kemungkinan bakal semakin banyak publik yang terpincut untuk berlatih pencak silat karena sudah terbukti, Pencak Silat tak kalah hebat dibanding Kungfu, karate, Kick Boxing yang sudah tenar lebih dulu dikancah Perfilman. Tentunya berlatih silat tak untuk gaya gayaan atau jadi jagoan dijalanan, tapi seperti kata Jagoan Silat lainnya, demi kebenaran dan melindungi sesuatu yang berharga :-D.

Akhir kata, mari kita cintai seni beladiri negeri sendiri , inilah saatnya Pencak Silat Berjaya dan Semoga saja karena masih banyak orang asing yang gak kenal Indonesia, dengan adanya film The raid bakal melambungkan nama Indonesia dan Pencak silat kepada Masyarakat Dunia.

Iklan

26 thoughts on “Efek Film The Raid ; Era Kebangkitan Pencak Silat ?

      • hahahaaaa, lupa bro, kuning apa putih gt. :mrgreen:
        krn dl ane pindah2 bljar silat’a, prtama’a kut pncak silat, bis tu pindh k MP, bis tu pindah lg k karate. dn akhir’a skrng g da yg dtkuni sma’a. masalah,…. :-/
        *tepok jidat

      • wah.. banyak ilmu neh. sempet ikut kejuaraan g bro..
        ane cuma ampe tingkat dua, dan bisa menang di kompetisi antar SMA..
        lmayanlah, walau cara tarungnya masih ngawur :-), ikut MP tp tarung ttp Street fighter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s