Bedanya Seni Murni dan Illustrasi

artist_illustrator_5All Hands,

Illustrasi biasanya dikategorikan sebagai pekerjaan menggambar atau melukis berdasarkan pesanan untuk diperbanyak di media cetak atau media visual lainnya, seperti di majalah atau poster. Salah satu ciri ilustrasi yang paling kentara adalah menceritakan atau menerangkan sesuatu.

Illustrator menggambar atau melukis untuk mengkomunikasikan pesan/konsep, oleh karena itu pesan dari karya illustrasi haruslah mudah dimengerti setiap orang yang melihatnya. Ilustrasi juga dibuat berdasarkan pola reproduksi pkikiran. Ada pola dan ciri yang berulang di tiap karya. Inilah yang menjadikan Ilustrator & komikus biasanya memilkiki style sendiri yang sulit berubah.

Micheal-640x290 Fine art

Ilustrasi sendiri digolongakan sebagai commercial art, berbeda dengan lukisan yang tergolong fine art. Oleh karena itu ada tuntunan karya ilustrasi harus bisa memenuhi selera pasar karena karya itu harus terjual ribuan kopi untuk menutup biaya produksi. Ada modal besar yang di pertaruhkan dirsini. Ben Cabrea, pemenang ASEAN Art Award berkata ,seni komersil biasanya berupa pesanan untuk membuat objek tertentu. Ada kreativitas, Ada tantangan dari objek yang diberikan dan komunikasi ide tertentu, ini lebih menekankan komunikasi.

640x368_319_Fujin_2d_illustration_drawing_anime_fighter_aircraft_picture_image_digital_art Illustration

Fine art atau seni murni biasanya merujuk pada lukisan atau seni visual yang dibuat secara Independen (bukan pesanan) oleh seniman untuk dijual di galeri dan eksklusif satu pembeli saja. Tak ada tuntutan agar pesan karya tersebut jelas dan diminati banyak orang, Seorangpun cukup (asal mampu membeli tentunya), yang penting dalam senti murni adalah ungkapan kepribadian seni yang berasal dari pengalaman sendiri dan sebagai  curahan seseoarang dan juga  merefleksikan liingkungan.

Ilustrasi yang baik dibuat dengan pikiran sedangkan lukisan yang baik dibuat dengan perasaan dan keberanian. Seseorang merasakan, lalu sepenuh hati melukiskannya di kanvas dengan kemampuan terbaiknya tanpa sedikitpun konsekuensi intelektualitasnya. Demikianlah kata-kata Jason Monet, seorang pelukis yang kini tinggal di Bali.

Iklan

11 respons untuk โ€˜Bedanya Seni Murni dan Illustrasiโ€™

  1. terkadang keindahan karya seni murni justru aneh, sampe bingung menemukan dimana letak keindahannya dan di mana nilai seninya, contohnya lukisan berjudul Nothing to be Afraid of V 22.8.69 karya Bob Law. saya berani jamin kalo yang bikin itu ente, nggak bakalan ada yang bilang itu karya seni :mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s