Motorola StarTAC, Ponsel Lipat Pertama Dunia

motorola_startac

All Hands,

Sepertinya hampir semua penciptaan Teknologi atau Gadget yang dipakai oleh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari berawal dari gagasan, ide, imajinasi, Khayalan di Film-Film Fiksi Ilmiah. Salah satu benda yang idenya penciptaannya terinspirasi dari film fiksi ilmiah adalah Ponsel berbentuk Lipat atau Clamshell. Vendor telepon genggam ternama Amerika, Motorola terinspirasi dari salah satu adegan di film Star Trek yang kemudian di wujudkan dalam bentuk Ponsel lipat pertama di dunia yakni Motorola StarTAC pada tahun 1996.

StarTAC merupakan penerus dari Ponsel Semi Lipat buatan Motorola MicroTAC yang telah diluncurkan pada tahun 1989, pada ponsel MicroTAC yang bisa dilipat hanyalah penutup keyboardnya mirip dengan ponsel2 batangan Erricson tahun 1990an. StarTAC dapat dilipat dari atas layar, meskipun layarnya masih menyatu dengan keyboard namun saat itu penciptaaan StarTAC menjadi sangat revolusioner. Bentuk Ponsel yang semula hanya ada dalam imajinasi di film2 fiksi ilmiah sekarang bisa menjadi kenyataan. Pada tahun 2005, PCWORLD menempatkan StarTAC di urutan ke 6 dalam The 50 Greatest Gadgets of the Past 50 Years.

StarTac resmi dipasarkan pada 3 Januari 1996 di Amerika. StarTAC menggunakan tipe jaringan AMPS, meneruskan model TDMA dan CDMA. Tak lama kemudian muncul versi GSM nya. StarTAC mencatatkan kesuksesan dalam penjualannya dan tetap populer sampai awal tahun 2000 an. Kepopuleran StarTAC membuatnya muncul di film2 Hollywood, antara lain 8mm yang dibintangi Nicholas Cage tahun 1999 silam.

Ketika diperkenalkan, Motorola StarTAC dibandrol seharga 1000 US dolar. Beberapa keunggulan StarTAC antara lain :

  • SMS,
  • Memperkenalkan desain CalmShell pertama kalinya,
  • Bobotnya ringan (88 gram),
  • Bisa memakai 2 baterai Lithium-ion dan NimH,
  • Salah satu Ponsel pertama yang memperkenalkan tanda getar sebagai alternatif nada dering.

Spesifikasi Lengkapnya :

Startac

 v628

Motorola V628 (StarTAC 2004)

Pada tahun 2004, nama StarTAC kembali digunakan dengan memakai model baru untuk pasar Korea Selatan, diversi baru ini Spesifikasi StarTAC lebih canggih. Model baru StarTAC ini dinamakan StarTAC 2004 SE, kemudian untuk pasar CHina dinamakan Motorola V628.

Nah, melihat sejarahnya sebagai Ponsel yang memperkenalkan desain lipat pertama kali di Dunia membuat StarTAC sangat worthed dan layak sebagai Ponsel Koleksi atau Collectible Item.

Iklan

22 thoughts on “Motorola StarTAC, Ponsel Lipat Pertama Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s