Kupas Tuntas Angkatan Darat Kekaisaran Jepang (1937-1945)

grunge_imperial_japanese_army_by_oultre-d3acz6f

All hands,

Di Era perang dunia II ,Jepang mengobarkan Perang Asia Timur Raya dengan menyerang pangkalan AS di Peal Harbour untuk kemudian membuka jalan penyerangan ke Asia Tenggara. Keberanian Jepang untuk membuat perang besar dan menginvasi banyak negara, tentunya sudah didukung dengan kekuatan militer yang kuat, salah satunya adalah Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Angkatan Darat Kekaisaran Jepang (Dai Nippon Teikoku Rikugun) atau dalam istilah barat sering disebut sebagai Imperial Japanese Army pertama kali terbentuk tahun 1873 setelah terjadi restorasi meiji dimana peran kaum samurai secara resmi dihapuskan dan digantikan oleh tentara reguler ini.
Dan dalam pengembangannya, pemerintah jepang mengundangkan aturan program wajib militer 3 tahun tehadap semua laki-laki dari umur 17 hingga 40 tahun. Tercatat pada tahun 1931 jumlah kekuatan pasukan jepang sebesar 198.880 personel, dan tahun 1937 terhitung menjadi 300.000 personel dan pada puncaknya tahun 1945 diakhir perang pasifik hingga mencapai 5,5 juta pasukan.

Selain itu untuk memodernisasi teknik bertempur dari pasukan jepang, maka banyak perwira-perwira militer asing yang didatangkan sebagai penasehat/instruktur oleh pemerintah. Kalau kita menonton film the last samurai – kira2 hampir seperti itulah keadaannya. Kemudian para calon perwira yang telah lulus akademi militer dikirim keluar negeri untuk melanjutkan pendidikan militernya di negeri eropa sebagai atase militer disana. Dan sekembalinya ke negeri Jepang, mereka akan menerapkan segala ilmu pengetahuan militer yang mereka dapat selama studi disana. Sangat menarik sekali. Tapi pembahasannya sengaja dipersempit pada AD dalam kurun waktu 1937 sampai 1945 karena dalam rentang waktu tersebut militer jepang tak hanya Angkatan Darat (Rikugun) bahkan AL(Kaigun) telah sampai pada klimaks perkembangannya hingga terpaksa membuka mata lebar-lebar negara barat yang sebelumnya memandang remeh negeri asia tersebut. Dalam waktu-waktu tersebut jepang terlibat dalam dua perang besar yaitu Sino-Japan war dan Pacific war atau Perang Asia Timur Raya (Dai Toa Senso Senkum) walau pada akhirnya Angkatan Perangnya dibubarkan karena kekalahan jepang dalam perang asia timur raya.

>WAJIB MILITER


Pada prinsipnya, siapapun laki-laki yang lahir setelah masa 1873 dan berusia antara 17 sampai 40 tahun serta dianggap mampu secara fisik melakukan tugas kemiliteran maka akan diwajibkan mengikuti program Wamil (conscription) yang didaftarkan di kantor polisi wilayah setempat. Seluruh jepang dibagi menjadi 14 distrik divisi wajib militer tidak termasuk wilayah Formosa (Taiwan) dan Korea. Para orang tua yang melepas putera2nya biasanya sangat bangga karena anaknya akan dididik militer demi mengabdi kepada kaisar, bahkan jika harus mereka menyerahkan nyawanya. Sebelum berangkat biasanya mereka yang ditinggalkan meneriakkan salam perpisahan dengan berteriak tenno heika, Banzai! (Hidup Kaisar !) kemudian mengibarkan bendera hinomaru dirumah mereka menandakan putera mereka menjawab panggilan tugas Negara.

Sedangkan para prajurit baru direkrut yang telah diseleksi dengan mengikuti ujian, akan dikelompokkan kedalam 2 klasifikasi yaitu :
Kelas A terdiri dari tentara yang bertinggi badan minimal 152 cm dan dianggap memiliki kemampuan fisik yang bagus.
Kelas B1 terdiri dari tentara yang tinggi badannya 150 cm dan memiliki sedikit kekurangan baik pendengaran maupun penglihatan sesuai kualifikasi yang tentukan. Selain itu ada lagi kelas B2 dan B3 yang tentu kualitasnya lebih rendah dari kelas sebelumnya, dan umumnya mereka ditempatkan sebagai pasukan cadangan.

>Pendidikan dan Pelatihan

manualarm
Masyarakat jepang kala itu umumnya sudah mempersiapkan jauh-jauh anak-anak dalam kehidupan militer berbarengan dengan sistem pemerintahannya yang fasis militeristis. Sebelum pecah perang, para pasukan yang baru direkrut ini dididik selama 3 sampai 6 bulan sebagai pendidikan dasar. Dan setelah itu umumnya mereka ditempatkan dalam divisi persenjataan/amunisi sebagai tugas pertamanya. Pendidikan militer yang mereka jalankan sangat disiplin dan cenderung sangat keras. Prajurit yang tertangkap melakukan kesalahan akan diberikan sanksi yang umumnya dipukuli atau kekerasan lainnya. maka ini lah yang akan jadi factor pembentuk mengapa tentara jepang begitu beringas, brutal dan kejam dalam memperlakukan tawanan perang dan rakyat sipil.
 strechin
Para tentara yang masih hijau sedang latihan streching, suatu bagian rutin dari senam jepang. Para perwira latih selalu memantau secara ketat anak-anak didiknya bahkan diwaktu istirahat sekalipun
latihankendo
2 orang rekrutan sedang berlatih tanding kendo dengan perlengkapan perlindungnya. Tampak seorang instruktur membawa senapan kayu bertindak sebagai wasit dan pelatih sekaligus, tidak jarang kayu tersebut jadi alat penghukum buat para newbi-newbi ini apabila melakukan kesalahan dalam latihan. Dan cukup brutal tentunya

stambathbarrack

Semangat korsa antar prajurit tidak hanya dipupuk dalam latihan baris berbaris karena Barrack menyediakan fasilitas pemandian air hangat untuk dapat mengakrabkan mereka

4barrack

   Suasana dalam barrack

para prajurit infantri berlatih melewati halang rintang kawat berduri yang tetap dipantau perwira latihnya. Pada masa sebelum perang, pendidikan dapat dilaksanakan sangat teliti setiap prajuritnya namun setelah memasuki era perang yang membutuhkan sumber daya tentara dalam jumlah besar, maka kualitas pendidikan dan pelatihan agak longgar dan terkesan seadanya dengan pemberian basic training saja

Dalam kepangkatan di tubuh AD jepang, pangkat dibawah perwira pertama yaitu bintara tinggi (jun-i) memegang tugas administrasi di unit headquarter. Pada tingkat pangkat dibawahnya yaitu Bintara (Non Commission Officers – NCO) terdiri dari 3 kepangkatan berurutan. Pertama yaitu Sersan Mayor (So-cho) yang setara dengan sersan 1 di USA dalam tingkat Kompi. Berikutnya yaitu Sersan (gun-sho) yang membawahi tingkat pleton. Selanjutnya yaitu kopral (Go-cho) pangkat NCO paling rendah. Berikutnya adalah pangkat prajurit tertinggi yaitu Lance corporal (Hei-cho) yang bertindak sebagai assten kopral. Selanjutnya ada pangkat prajurit biasa yaitu: Jotto-hei, Itto-hei dan Nitto-hei, seperti pada gambar diatas.

 


kepangkatan di tubuh Angkatan darat

Organisasi Pasukan

Seperti pada AD negara lainnya, Pasukan AD jepang dibagi menjadi 3 unit bagian, yaitu Infantri, kavaleri dan Artileri. serta beberapa detasemen terpisah yang namanya disesuaikan dengan nama commandernya yang ditugaskan dalam operasi-operasi tertentu

>INFANTERI

 
Infantry merupakan sentra utama kekuatan yang menjadi tulang punggung dan ujung tombak AD jepang di pertempuran. Oleh karena itu unsur persenjataan menjadi titik penting yang harus diperhatikan baik dalam hal senapan, pistol, bayonet light/heavy machine gun, granat dan pelontar granat. Pada tahun 1930-an persenjataan infantry jepang tergolong paling maju dibandingkan negara lainnya, tapi sejak tahun 1943 jepang mulai tertinggal dibelakang persenjataan sekutu

japaneseweapon

medievalwar

Dalam perang melawan china Jepang memanfaatkan bangunan berupa benteng2 kecil untuk mengadapi pasukan musuh yang hanya dilengkapi beberapa senjata berat

7machinegun 
Ilustrasi Pillbox senapan mesin yang sering ditemukan di kepulauan pasifik tempati pertahanan pasukan jepang.
Terbuat dari potongan batang pohon dan dicampur dengan semak2 dari daun palem. Namun pada beberapa pulau, pertahanan pillbox jepang ada juga yang terbuat dari dinding beton yang cukup protektif.

82269538
Nambu 7,7mm type 99 senapan mesin ringan,
Kalo teorinya sih katanya : riflemen melindungi posisi light MG, sedangkan light MG melindungi Heavy MG CMIIW.

Perlengkapan personel

sabuktempatpeluru
sabuk Meiji tipe 30. Dua kantong di paling kanan dan kiri dapat menampung 30 butir peluru dan yang tengah dapat menyimpan 60 peluru beserta pelumas senapan. Sedangkan disebelahnya ada kait penyimpan bayonet
opticalequipment
binocular optik yang memiliki desain jerman. Tidak semua prajurit mendapatkannya, hanya beberapa yang memang bertugas dalam pengintaian ataupun perwira lapangan
bukulagudankotakcigar
sebuah handbook yang berisi buku lagu2 mars infantry dan kotak rokok 

495-1
Botol minum/ canteen atau di indonesia biasa disebut cosper. Cukup menampung 2,5 liter air 
nambupistols
2 pistol kaliber 8mm. Yang paling atas familiar dikenal dengan nambu taisho tipe 14 dan yang bawah adalah tipe94
 
mobile kitchen A.K.A dapur berjalan  ,Diduga diadopsi jepang dari Russia selama russo Japanese war.
Kompor trailer ini bias ditarik dengan kereta dan sangat efisien karena sifatnya yang mobile dapat membantu kebutuhan makan prajurit selama kampanye

>KAVALERI


Soal kavaleri tank AD jepang ada sebuah kisah pertempuran yang perlu disimak :

Matanikau River, Guadalcanal, 23 Oktober 1942. Sejumlah tank AD jepang asal satuan 1st Independent tank company dibawah pimpinan captain sunito maeda bergerak menuju wilaya pantai, hilir sungai matanikau. Tipe tank yang dikerahkan terdiri dari sebuah tank ringan type 95 Ha Go dan 9 unit tank tipe 97 Chi Ha dalam rangka menyerang pasukan marinir AS disana.
Namun upaya serangan balik jepang ini tercium oleh marinir AS. Sebuah tank langsung remuk dihantam antitank kaliber 37mm dari jarak sekitar 150 m. Nasib serupa juga sama menimpa sisa armada tank pimpinan Maeda. Mereka jadi bulan-bulanan tembakan meriam marinir dari berbagai kaliber

Cerita pertempuran diatas bisa jadi gambaran betapa rentan tank-tank yang dioperasikan jepang selama Perang Pasifik menghadapi AS. Ada beberapa hal aygn menjadi penyebab:
Pertama, soal pembangunan kemampuan tempur mekanis, Jepang tergolong ketinggalan. Tercatat negeri itu baru bisa menghasilkan sendiri kendaraan lapis baja beroda rantai tahun 1929. Jenis yang dilahirkan adalah tank ringan berbobot 9,8 ton. Basis ilmu yang dicomot adalah rancang bangun tank-tank ringan dari inggris dan perancis. Memang pasca PD I jepang sempat mendatangkan tank2 ringan buatan Vickers, Carden-Lloyd serta Renault.
Kedua, penyebab lemahnya lapis baja jepang berasal dari konsep pertempuran yang dianut. Mereka menganggap tank tak lebih dari sekedar elemen pendukung gerak infantri. Konsep tadi lantas diwujudkan dalam bentuk tingkat proteksi serta persenjataan yang dipakai. Tingkat proteksi yang digunakan hanya buat menangkal senjata hantaman infantri. sementara kaliber meriam tidak pernah bergerak lebih besar dari kaliber 57mm.
Soal senjata pada tank, jepang memilih lebih banyak untuk membekali dengan senapan mesin pembasmi pasukan. Alhasil selain di lambung dan bagian depan kubah, kerap ditemukan senapan mesin terpasang di bagian kubah belakang.
Selain tank ringan, jepang juga sempat memproduksi tank medium tipe 97 Chi Ha. Sayang untuk urusan senjata, tank ini masih tergolong lemah.

239a-model-95-japanese-tank
daftar tank yang pernah diproduksi jepang :
1. Type 87 Chi-I medium tank (Experimental 1st tank)
2. Type 89 Chi-Ro medium tank
3. Type 95 Ha-Go light tank
4. Type 97 Chi-Ha medium tank
5. Type 1 Chi-He medium tank
6. Type 3 Chi-Nu medium tank
7. Type 4 Chi-To medium tank
8. Type 5 Chi-Ri medium tank
9. O-I superheavy tank

Dalam periode 1931-1938 jepang memproduksi 1700 tank baru, namun jumlahnya tidak bertambah signifikan ditahun2 berikutnya karena prioritas adalah memproduksi pesawat tempur sebagai kekuatan udara.

Artileri kekaisaran jepang yang dipakai AD selama periode second sino-japanese war dan pacific war tergolong cukup baik dan tidak terlalu ketinggalan zaman. Banyak jenis artileri baik light/heavy dengan berbagai kaliber artilley yang tergolong cukup banyak. Selain itu ada juga unit artileri yang tergolong unik lainnya.

Beberapa contoh arteleri :


Type 92 10cm Cannon
Introduced Year : 1935
Caliber : 105 mm

Type 14 10cm Cannon
Introduced Year : 1925
Caliber : 105 mm

Type 38 10cm Cannon
Introduced Year : 1911
Caliber : 105 mm

Type 89 15cm Cannon
Introduced Year : 1929
Caliber : 149.1 mm

Type 94 37mm Anti-Tank Gun
Introduced Year : 1936
Caliber : 37 mm

Type 1 37mm Anti-Tank Gun
Introduced Year : 1941
Caliber : 37 mm

Type 5 15cm AA Gun
Introduced Year : 1945
Caliber : 149.1 mm

Type 4 75mm AA Gun
Introduced Year : 1944
Caliber : 75 mm

Type 88 75mm AA Gun
Introduced Year : 1927
Caliber : 75 mm
lengkapnya : http://homepage.tinet.ie/~steven/japarm.htm

Nah yang ini gak boleh ketinggalan,namanya spigot mortar. Mortir raksasa yang dipastikan terbesar selama PD 2 yang pernah dipakai sebagai artileri.kalibernya 320mm Kiprahnya cukup terkenal dalam battle of Iwo Jima,salah satu ciri khasnya, : bisa diketahui darimana arah datengnya, tapi gak bisa dipastikan sama sekali kemana arah jatohnya


Selain itu jepang juga mengembangkan teknologi senjata rocket.
Yang ini namanya Type 4 launcher. Produksi tahun 1944. Ditemukan di Manila.
Bentuknya agak mirip mortir, dengan bipodnya Tabung peluncurnya berdiameter 20 cm dan dapat menjangkau sejauh 800 mil

Yang ini ada lagi. 447mm ! Lagi-lagi ditemukan di manila.Dari pihak US yang menemukan diberi nama 447-MM SPIN STABILIZED ROCKET AND CART TYPE LAUNCHER

CONCLUSION

Well, melihat begitu banyak persenjataan yang dimiliki Angkatan Darat Kekaisaran Jepang pantas membuat Militer Jepang percaya diri untuk menguasai Pasifik. Tetapi Sehebat-hebatnya Angkatan darat Jepang masih menyimpan segudang masalah dan kekurangan,Teknologi yang digunakan Angkatan darat masih kalah dengan Angkatan Laut dan Udaranya. Persaingan antara AD, AL dan AU membuat Koordinasi Tentara Kekaisaran terpecah belah, hal ini juga salah satu penyebab melemahnya militer Jepang terhadap sekutu. Sehingga Pada Akhirnya teknologi persenjataan IJA semakin tertinggal oleh sekutu, dan pelan tapi pasti kedidayaan Imperial Japanese Army diawal kampanye semakin memudar, satu persatu daerah jajahan Jepang direbut sekutu, kemudian ditutup dengan peristiwa epik Bom Atom Hiroshima – Nagasaki dan penyerbuan Tentara Merah Soviet ke markas Kwantung Army di Manchuria.

Source : http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000013722942/angkatan-darat-kekaisaran-jepang-1937-1945/1

Iklan

34 thoughts on “Kupas Tuntas Angkatan Darat Kekaisaran Jepang (1937-1945)

  1. Tuh kan, nggak ada pedang letoy bin lentur dalam perlengkapan militer mereka. Entah darimana asalnya gosip pedang sabuk peninggalan PD2, dan anehnya masih juga ada yg percaya

    Balas
  2. hohoho, peninggalan jepang ama sekutu masih banyak ditemukan di tempat rosokan atau di tempat tempat yang aneh2 kayak dari kali pas orang nambang pasir, ada mortir, granat, dll hehehe

    Balas
  3. Wuih lengkap infonya. btw itu info & gambar dari buku terbitan osprey yak? tapi, jujur lebih enakan baca di blog ini, gak usah sibuk translate. wkwkwkwk πŸ˜€

    Balas
  4. gan, ane mau sharing ilmu. gini gan dari yg ane tau jepang itu setelah zaman moderen gak lagi fokus ke tentara fisik *rentang tahun 70an sampe 2000an lah, karena andalan penjajahannya bukan lagi dari perang fisik tapi penjajahan baru, yaitu penjajahan ekonomi, teknologi, bentuk entertainment, dll. bener gak gan analisa ane yg dhoif ini ?

    bung karno pernah bilang “jangan sekali2 melupakan sejarah”. Sorry, maksudnya gini gan,penjajah itu menjajah ada 3 tujuan (inget gak dulu pelajaran SMP ??? hehhe): GOLD, GOSPEL, GLORY. untuk GOLD alias duit jepang saat ini di INDO udah dapat dari HONDA, SUZUKI, ISUZU, NISSAN, TOYOTA, DAIHATSU,MAZDA,SUBARU, YAMAHA, dll.

    jadi penjajahan sekarang bukan lagi pake tank, tapi pake science. mungkin teknokrat2 jepang mikir, ngapain juga hari gini masih perang fisik ??? bener gak gan

    tapi ane sekarang mikir lho, kok jepang sekarang giat bentuk tentara fisik ya . hmmm ada apa ini

    Balas
    • Bener bgt gan, kasus Malari dithn 70an adlh awal penjajahan ekonomi Jepang di tanah air. Manusia apapun bentukny pasti ttp haus akan 3G tsb.
      knp Jepang mulai intens di militernya? tetangga dan lawan bebuyutannya, China sedang agresif bgt gan. Klo militer Jepang msh ttp spt skrng, ad resiko Jepang akan dibully terus oleh militer China yg mkin perkasa. Analisa awam ane, peningkatan militer Jepang sbg sarana pendukung daya tawarnya dihadapan China.

      Balas
  5. mau informasi. apakah nama unit khusus tentara jepang rekrutan dari taiwan dan korea? ditempatkan di mana kah unit tersebut? terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s