Eksotisme Menganti Beach, Hawai-nya Kebumen ?

mengantimaps

Well, baru sempet bikin artikel tentang liburan singkat minggu lalu kesebuah pantai yang masih belum terlalu ter-ekspos oleh khalayak luar. Pantai yang bernama Menganti ini memang menyimpan keindahan yang masih alami, terletak diantara Pantai Ayah dan Pantai Karang Bolong(cmiiw), kesemuanya masih berada dalam satu kabupaten Kebumen Jawa tengah. Mini trip ini berawal dari kisah seseorang yang menceritakan keindahan pantai ini, dan disana terdapat sebuah Mercusuar yang awalnya ane kira bentuknya sama dengan mercusuar model klassik difilm2 yang bagian dalamnya bisa dimasuki.

Perjalanan dari Purwokerto City ditempuh kurang lebih 2 jam an dengan kecepatan sedang 60 – 80 kph. Perjalanan santai yang tak perlu terburu-buru, kebetulan memang cuacanya asyik banget buat liburan. Klo dari arah purwokerto atau Sumpiuh, pantai ini lebih cepat ditempuh melalui pantai Ayah, sesaat memasuki gerbang kabupaten Kebumen, belok kiri memasuki gerbang menuju objek wisata populer kebumen yakni Goa Jatijajar. Lurus terus keselatan mengikuti setiap lekuk jalan, bagi yang belum pernah kesini agar tak tersasar lebih baik mengikuti rombongan bus wisata atau biker2 yang ‘terdeteksi’ mau liburan ke pantai, terus ikuti jalan sampai memasuki wilayah pantai ayah, sebelum memasuki menganti kita memang melewati objek wisata pantai ayah yang tetap ramai walaupun keadaanya memiriskan.

menganti1 View diatas bukit menuju pantai menganti

Nah, setelah melewati pantai ayah kita akan menemui jalan berkelok naik turun yang adem asri, dikanan-kiri jalan masih dibungkus hutan lebat, dan disebuah belokan kita disuguhkan pemandangan pantai luas yang masih alami dengan view dari atas bukit. Yaps, untuk mencapai menganti memang harus melewati perbukitan/gunung yang terjal tapi indah. Kemudian kita akan menemui pertigaan dengan papan petunjuk, terus ke pantai petanahan, belok kiri ke pantai menganti, ambil belok kiri langsung menemui jalan yang lebih extrem, namun aspalnya mulus sehingga tetep aman dilalui. Oia, trek ini sangat cocok bagi yang mau main downhill, treknya menarik sekaligus menantang adrenalin, yang bila gak mahir dalam mengendalikan sepeda bakal sukses masuk jurang dengan kedalaman lumayan dalam :-D. Untuk itu sangat disarankan untuk mengunjungi Menganti dalam cuaca yang cerah bersahabat, sangat tidak dianjurkan ketika cuaca hujan. Bahaya..

menganti2 View Menganti saat menuju puncak bukit dimana mercusuar berada

100 meteran menjelang pantai menganti kita akan dicegat oleh petugas guna membayar karcis masuk, kurang lebih nya 2ribu rupiah. Karena datangnya dari atas bukit/gunung jangan lewatkan untuk berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan turun ke pantai menganti, luangkan waktu untuk mengambil foto, viewnya sangat2 indah untuk diabadikan, keren !. Sayang ane cuma bawa kamera hp 1.3 px ,jadi yah hasilnya terganjal oleh kualitas. Setelah berpuas berfoto dari atas, kita bisa turun kebawah menuju pantai menganti dan memarkirkan kendaraan disamping tempat pelelangan ikan. Menganti beach merupakan pantai nya para nelayan, karena disini cukup banyak nelayan yang bermukim.

menganti3 View diatas bukit sebelum mercusuar

menganti4

Pemandangan laut didekat mercusuar.. Eksotis

menganti5

Icon pantai menganti, sang Mercusuar

Keadaan pantai menganti yang tenang, sejuk dan lingkungannya masih bersih cocok banget buat pacaran, nyari inspirasi, ngilangin stress, hunting foto panorama laut, bahkan buat mesum sekalipun yang tempat favoritnya berada diruang bawah Mercusuar :-D. Juga cocok banget buat setting drama sinetron atau film petualangan. Don’t Forget, Hal pertama yang wajib dikunjungi adalah lokasi mercusuar, dari atas bukit dimana mercusuar berada, kita akan disuguhkan hamparan pemandangan luas lautan samudra hindia yang menawan, Amazing !. Mirip hamparan padang rumput luas yang sangat luar biasa indah dihiasi oleh perbukitan yang menawan, bagi yang suka fotografi jangan ketinggalan DLSR anda. Pantai Menganti masih menyimpan segudang potensi yang bisa dimaksimalkan, saat ini fasilitasnya masih terbatas, hanya beberapa warung tempat istirahat. Akses jalan menunju menganti yang masih “terjal” mungkin menjadi salah satu penyebab pantai ini belum terlalu ramai, kelestarian menganti memang terlindungi berkat gunung-gunung yang mengitarinya.

So, Pantai menganti sangat rekomended untuk dikunjungi, Kata bule2 dari Nepal, pantai menganti sedikit mirip dengan pantai2 di Hawaii., Bagi yang belum kesampaian ke hawaaii tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai ini.

Iklan

45 thoughts on “Eksotisme Menganti Beach, Hawai-nya Kebumen ?

  1. salam kenal kang…ane lahir di kebumen desa karang gedang kec sruweng,,tp ane tnggl di jkt,january kmrn ane plg ke kebumen bawa speda naikin di kereta,besoknya gowes dr rmh ke menganti,lwt jalur petanahan,pantai suwuk,karang bolong,pantai pasir putih lewat TANJAKAN JINTUNG(DENGKUL KETAR KETIR tanjakannya EEEDUUUUAN)Menganti emang AJIPPPPPPPPPPPPPP…ternyata ane dpt predikat goweser 1st yg ke Menganti bycycle dr penjaga pantai menganti.LEBARAN IDHUL ADHA insya allah BACK TO MENGANTI MANING NGANGGO PIETS.

    Balas
  2. aku pernah kkesana ka waktu liburan , papah ku orang kebumen , emang ka jalanan nya emang ekstrim , tapi pas sampe sana keren banget

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s