Shenzhou Spacecraft, Produk Copas China yang sukses besar !

Taikonaut

Sudah bukan rahasia lagi, klo umat manusia mengenal China sebagai raja nya tukang Copas, apapun bisa ditirunya mulai tusuk gigi sampe Stasiun luar angkasa. Ada yang salut dengan “prestasi” China ini, ada yang dongkol karena karyanya dibajak terang-terangan. Tak ada yang mampu menghalangi hobi China ini, karena emang didukung penuh oleh pemerintahannya. Kek ucapannya Deng Xiaoping, “Tidak peduli apakah kucing itu hitam atau putih, yang penting dia dapat menangkap tikus.” Tak peduli apakah tindakan Copas China itu ilegal atau legal, yang penting bangsa China maju.

300px-Shenzhou_spacecraft_diagram_by_Bo Shenzhou spacecraft

Nah, dari sekian banyak produk copasan China ada cukup banyak produk hasil copas yang sukses dikembangin dan malah mampu mengungguli produk yang dicopasnya. Berbeda dengan produk copasan china dalam bidang Otomotif yang mendapat prediket jelek, terutama di Tanah air, dibidang Sains dan militer produk copasan China justru sangat digdaya. Salah satu produk copas china paling sukses adalah Wahana Luar angkasa, Shenzhou Spacecraft. Wahana ini sukses mengantarkan China menjadi The Top Elite Country, karena berhasil mengirim Taikonaut (Astronot) pertama China ke angkasa luar ditahun 2003.

About Shenzhou

Shenzhou (Chinese: 神舟; pinyin: Shén Zhōu) adalah Pesawat Luar angksa yang Dikembangkan oleh Republik Rakyat China untuk mendukung program penerbangan luar angkasa berawak. Shenzou bila diterjemahkan berarti Kendaraan Tuhan. Shenzhou dirancang berdasarkan pesawat antariksa Rusia Soyuz, yang kemudian dimodifikasi lagi sehingga semua konstruksinya baru dan ukurannya lebih besar. pertama kali diluncurkan pada tahun 1999, dan penerbangan berawak perdananya sukses meluncur pada 15 Oktober 2003.

Longmarch

Shenzhou Mission

Setiap penerbangan shenzhou selalu diberi penomoran yang urut sejak Shenzhou 1 sukses meluncur tanpa awak, kemudian berikutnya adalah misi Shenzhou 2 yang terbang pada 9 Januari 2001 dengan membawa hewan uji coba, pada 25 maret 2002 Shenzhou 3 terbang membawa dummie test, pada 29 Desember 2002 Shenzhou 4 terbang lagi membawa sejumlah materi uji coba. pada 15 Oktober 2003, Baru lah mata Dunia terkesima untuk pertama kalinya, wahana Shenzhou dikenal masyarakat dunia setelah China menutup rapat proyek uji coba Shenzou. Shenzhou 5 meluncurkan ke luar angkasa dengan membawa Astronot pertama China, Yang Liwei. misi Shenzhou 5 hanya mengorbit mengitari bumi, Misi ini termasuk masih bersifat tertutup bagi media karena China khawatir klo penerbangan berawak ini sampai gagal akan menjadi hal memalukan bagi China.

Sukses misi Shenzhou V, 2 tahun kemudian meluncurlah Shenzhou VI pada 12 Oktober 2005 membawa 2 astronaut Fei Junlong dan  Nie Haisheng dengan misi 5 hari mengorbit. 25 September 2008 meluncur Shenzhou VII dengan 3 awak Zhai Zhigang, Liu Boming, and Jing Haipeng dan melakukan misi fenomenal “Space Walk”. 31 Oktober 2011, Shenzou 8 yang tak berawak meluncur dan melakukan docked dengan Stasiun luar angkasa pertama china, Tiangong-1 (Istana Langit) yang sukses diluncurkan pada 29 September 2011.

Tiangong

Misi sukses Shenzhou terus dilakukan, 16 Juni 2012 lalu Shenzhou IX meluncur membawa 3 astronot, salah satunya adalah Astronaut wanita pertama china Liu Yang. Misi Shenzhou IX adalah pelatihan pertautan (docking) secara manual dengan modul Space Station Tiangong-1.

xichang Xichang SLC

Misi luar angkasa merupakan Sebuah pencapaian china yang luar biasa, terutama demi mengejar Prestige sehingga sejajar dengan Rusia dan USA. Perlengkapan untuk mendukung program Shenzhou pun tak lepas dari yang namanya copas, Baju Luar angkasa (spacesuit) astronot china sama plek dengan milik Rusia. Shenzou spacecraft diluncurkan dengan roket Long March 2F dari Tempat peluncuran luar angkasa Xichang Satellite Launch Center (XSLC) alias Base 27 (27基地) yang terletak di provinsi Sichuan. Misi utama yang dicapai Shenzhou dan program luar angkasa berawak china adalah menyelesaikan pembangunan Space Station Tiangong pada 2020 dengan menyatukan modul Tiangong-1, Tiangong-2, dan Tiangong-3. sebelum mencapai misi paling prestige, Pendaratan ke Bulan.

At least, dengan program luar angkasa China telah menunjukkan pada dunia bahwa China bisa sejajar dengan negara adidaya dan membuktikan pada dunia barat yang dahulu meremehkan China. Kebanggaan yang tentunya sangat dirasakan Rakyat China. Disaat bangsa lain seperti china tengah berusaha mengejar mimpi dan masa depannya, Republik Indonesia tercinta masih saja jalan ditempat. Ayo !, China membuktikan bahwa Copas bukanlah hal yang buruk asal bisa memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan negara. so.. masih ada yang meragukan produk2 bajakan China ?

Copyrights of the material belongs to respective owner and/or licencor. This Blog does not claim ownership of any materials herein
Iklan

32 thoughts on “Shenzhou Spacecraft, Produk Copas China yang sukses besar !

  1. saya juga punya produk software copas made in china, namanya ZWCad. dari tampilan, tool, bahkan format filenya sama plek dengan AutoCAD keluaran Autodesk. Pokoknya kalo bisa pake Autocad pasti bisa pake ZWCad. Bisa buka file Autocad tanpa error atau corrupt sedikitpun. Harganya cuma Rp.7 juta full version, bandingkan dengan Autocad yang Rp.25 juta lebih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s