T50 PAKFA siap mengangkangi F22 Raptor

Sukhoi_T_50_PAK_FA_by_nellenmellen

Dunia Angkatan udara semakin meriah sejak kehadiran kedua jet tempur generasi ke 5 ini, mewakili dua kubu Blok barat vs Blok Timur. Meskipun F22 udah masuk dinas operasional dluan ditahun 2005 ketimbang PakFa, tapi melihat problem yang masih mendera F22 keliatannya Pakfa memiliki potensi untuk menjungkalkan rivalnya. Berikut analisa ringan bin awam ane tentang kemampuan PAKFA untuk melawan Raptor :

  1. Biaya Pengembangan lebih murah ketimbang F22, sehingga biaya produksi bisa ditekan (murah) yang berdampak pada harga jual. Dibanding F22 yang mahalnya ga ketulungan.
  2. Ongkos Operasional dan perawatannya dirancang lebih ekonomis dibanding Raptor.
  3. Melihat dimensinya, Pakfa memiliki daya angkut senjata yang lebih baik.
  4. Peluang untuk diproduksi dalam jumlah besar sangat dimungkinkan, sedang Raptor sangat terbatas.
  5. Kendala yang dihadapi Raptor bisa jadi bahan masukan buat pengembangan Pakfa, sehinga ketika dioperasionalkan secara resmi tak ada lagi masalah yang muncul.
  6. Skill pilot masih memiliki peran yang signifikan dalam mengemudikan PAKFA.

pakfat50vsf22raptorfigh

Berikut Komparasi kemampuan T-50 PAK FA vs F22 RAPTOR :

STEALTH

Dalam urusan desain PAK FA kemungkinan bukan dirancang sebagai jet siluman murni, namun bentuk desainnya menunjukan PAK FA memiliki fitur Stealth. PAK FA menggunakan bentuk desain yang mampu membelokan Radar dan mungkin juga akan diCat dengan Cat RAM, termasuk Plasma Stealth dalam sebuah Radomes. Kedua pesawat dijuluki Super-cruise, memiliki kemampuan untuk terbang dengan menggunakan kecepatan supersonic tanpa perlu Afterburner, sehingga menambah jangkauan dan mengurangi jejak panas pesawat dibanding fighter lain yang memiliki kecepatan sama.

THE AIR WEAPONS

PAK-FA_F22_Weaps_AA_JPG

Rusia meluncurkan misil RVV-SD versi terbaru dari misil AA-12 dengan sirip lipat sebagai rudal utama jet fighter Rusia. PAK FA memiliki ruang senjata (weapon bay) yang lebih besar dari F22 sehingga diprediksi mampu membawa rudal KS-172 (RVV-L) yang memiliki jangkauan 400 km. Sedang Raptor menggunakan varian misil AMRAAM sebagai senjata utamanya. F22 mampu membawa 6 biji AMRAAM di main bay (ruang senjata utama), sedang PAK FA mampu mengangkut 8 misil AA-12 (RVV-SD). Kedua pesawat juga dilengkapi side bay (ruang senjata tambahan) yang mampu membawa masing2 1 rudal jarak dekat.

AIR GROUND ROLE

F22 dilahirkan sebagai lambang Supremasi Udara (air superiority fighter/air dominance fighter) yang telah berevolusi sebagai penyerang udara yang tangguh. Merupakan Jet Generasi k 5 pertama di dunia, lahir akibat efek perang dingin untuk menjaga ancaman udara dari sisi Rusia.

PAK FA juga dirancang sebagi Multi-role fighter. Weapon bays nya lebih besar dari F22 Raptor namun masih menyimpan tanda tanya senjata seperti apa yang akan digunakan. Diperkirakan rudal supersonic Kh-31 (AS-17 Krypton) mampu mengisi ruang senata utama PAK FA.

AVIONIC

PAK-FA_F22_Topviews_Radars

PAK FA memiliki fitur menarik di sisi ini, seperti pemakaian active electronically scanned array radar (AESA) pada hidungnya sama seperti F22, selain itu PAK FA memiliki radar tambahan diekornya. Oleh karna itu, PAK FA memiliki cakupan radar 360 derajat, ditambah PAK FA memiliki L-BAND radar ditepi depan kedua sayapnya.

THE COCKPIT DISPLAY

PAK-FA_Cockpit_compJPG

F22 memiliki 4 buah multi-function-displays (MFDs) kecil dan 2 Head-up-display (HUD) di cockpitnya. Sedang PAK FA menampilkan 2 unit HUD berukuran sangat besar sehingga terlihat minimalis.

DOGFIGHT

F22 sangat luar biasa bermanuver (Exeptional manuverable), tapi pertempuran udaranya tak dioptimalkan dibanding PAK FA yang memiliki pendorong Vectoring 3D dan LERX yang sudah teruji di Sukhoi SU30. Hal ini sepertinya masih menggunakan doktrin Rusia yang dipengaruhi oleh pengalaman Suriah pada 1981, dimana saat itu Fighter Soviet dihancurkan AU Israel dalam pertempuran jarak dekat diatas lembah Beka.

So, PAK FA terlihat mudah untuk dikendalikan (more manuverable) namun F22 memiliki keunggulan pada speed nya.

EXPORT MARKET

Ini yang sangat berbeda, PAK FA direncanakan untuk diExpor baik melalui pasar khusus (Indo-Rusia FGFA) maupun pasar ekspor umum. Setelah India, potensi negara yang akan membelinya antara lain Brazil, Venezuela, Belarusia,Vietnam dan Arab Saudi. Suriah keliatannya tak punya kapasitas untuk membelinya sedang Iran jelas akan mendapat hambatan besar dari Barat. Sedangkan F22 hanya dgunakan oleh USA sendiri, negara lain dilarang untuk memilikinya dengan alasan keamanan dalam negeri US dan kerahasiaan teknologinya.

F22 Raptor yang masih menyimpan masalah pada sistem suplai oksigen nya sepertinya memang kurang cocok untuk ditandingkan dengan PAK FA, kabarnya Produksi F22 Raptor hanya akan mencapai 187 unit dan tidak ada Expor. Sedang, PAK FA walau mungkin juga dioperasikan dengan jumlah relatif kecil, namun akan banyak digunakan oleh beberapa AU negara lain karena ada kebijakan ekspornya.

Kedepan, PAKFA masih memiliki tugas berat yang siap dipikul, yakni melawan 2 Jet tempur generasi ke 5 sekaligus, selain F22 bakal ada saudara mudanya F35 F-35 Lightning II yang sekarang masih dalam tahap pengembangan dengan seabrek problematikanya karena telah menyedot banyak biaya. Menurut ane, dibanding F22, yang patut diwaspadai adalah kehadiran F35 ini. Bentuk yang futuristik, biaya operasional yang diharapkan lebih murah dari Raptor dan memiliki kebijakan untuk diExpor menjadi salah satu faktor kuncinya, more else F35 dirancang sebagai ‘The Last Manned Aircraft’. US diperkirakan akan menjadikan UAV/Drone sebagai tulang punggung armada udaranya, alias para pilot tidak akan lagi duduk dicokcpit tapi nangkring didepan ruang pengendali sambil nyruput kopi.

Ref. www.defence.pk

All image credit to the original owner/uploader

Iklan

47 respons untuk ‘T50 PAKFA siap mengangkangi F22 Raptor

  1. ngomong2 soal F22
    jadi inget film Avenger
    “dekat dari gedungmu ada F22,
    gedungmu akan kami hancurkan apabila kau tidak memberikan telpon ini ke wanita di depanmu”

    sangaarrrr

    Balas
  2. pilot yang di ruang pengendali sambil nyeruput kopi?
    wah kayak maenan pesawat RC donk 😀
    btw sebetulnya saya masih bingung kak
    kan dunia masih damai2nya, kenapa harus repot2 buat pesawat tempur canggih. Apa mau ada perang? 🙄
    maaf kalau komennya gak nyambugn, ane cuma takut perang

    Balas
    • Satu-satunya mesin yg sekarang bisa lewatin mach 5 cmn ramjet/scramjet doang. Kalo jet kemungkinan cmn bisa sampe mach 4 jaman sekarang. Sama kalo Mach 5 itu pasti boros bahan bakar bgt. Atau udara gak bisa keisep ke mesin soalnya ada sonicwave/shockwave kalo udh lewatin Mach 1. Kalo biasa udara (ngomongin aerodynamic) kaya nempel sama pesawat, tapi kalo pas kecepatan tinggi y lewat aja. Makanya pesawat (fighter/lain”) gk ada yg pernah dibuat lebih dari mach 4. Cmn pesawat khusus yg diluncurin dari pesawat lain yg ngeluncurin pesawat khusus lain buat memecahkan rekor kecepatan doang yg bisa, soalnya gak pake pilot/senjata macem”, contohnya x-43a.

      Balas
  3. Indonesia bikin piring terbang aj, senjatanya laser.. untuk mengunci lawan cukup mengklik objek di radar.
    bisa nyelam seperti piring.. gak butuh tempat landasan..

    Balas
      • Gk perlu di cuci mas..
        Ini serius loh..
        Klo negara lain buat pesawat, kita gk perlu buat pesawat utk mengimbanginy, tpi buatlah hal lain, walaupun tak masuk akal tpi klo sungguh2 merencanakannya pasti terwujud..

      • yup bener.. kasusny mirip ma china, buat ngejar teknologi lawan armada kapal induk AS. china lbh fokus bkin rudal anti kapal induk dan rudal antar benua.. Iran demikian, buat apa bikin pesawat yg nantinya di ancurin lawan, mending bikin senjata yang ngancurin pesawat lawan.

      • Benar juga tuh mas kasamago..
        Kita buat piring terbang aj, kerjasama dgn rusia.
        Rumusny, bagian piring di putar sekuat mungkin dengan mesin, sehingga gaya gravitasinya semakin menghilang.. Setelah itu kita ubah listrik menjadi bom laser. Jgn lupa juga navigasiny..
        Trus bagian pinggir piring dibuat setipis mungkin supaya tidak bisa memantulkan radar lawan agar tak mudah di deteksi radar lawan. Untuk radar kita ganti aj dengan penginderaan satelit supaya pesawat siluman bisa terdeteksi, lalu kunci dia dengan mengklik objek pesawat lawan di monitor, lalu hancurin pakai laser

  4. Jika menurut saya lebih baik Indonesia Membuat Senjata dulu dari pada Pesawat…………. Jika ingin di bilang Negara kepulauan… buat Senjata yg Sangar!! Masalah Pesawat urusan belakangan…….Jika indonesia diremeh kan kecanggihan Pesawat nya…. tapi jika Negara yg Meremeh kan Indonesia kena Serangan Rudal canggih dari pesawat Tua indonesia, Baru Negara Lain akan Hormat!………… :D…….. kalo Misal nya yg bawa rudal Pesawat Jadul juga ga apa2…, yg penting Rudal itu udah punya jarak jangkau yg jauh dan punya daya ledak yg Menggeparkan Seperti Rudal AS-1 Kannel yg di pasang di pesawat Tu-16…. Pesawat Tempur indonesa Pemberian SOVIET tahun 1960 Yg Menggetarkan Asia Tenggara

    Balas
  5. Jika menurut saya lebih baik Indonesia Membuat Senjata dulu dari pada Pesawat…………. Jika ingin di bilang Negara kepulauan… buat Senjata yg Sangar!! Masalah Pesawat urusan belakangan…….Jika indonesia diremeh kan kecanggihan Pesawat nya…. tapi jika Negara yg Meremeh kan Indonesia kena Serangan Rudal canggih dari pesawat Tua indonesia, Baru Negara Lain akan Hormat!………… :D…….. kalo Misal nya yg bawa rudal Pesawat Jadul juga ga apa2…, yg penting Rudal itu udah punya jarak jangkau yg jauh dan punya daya ledak yg Menggeparkan Seperti Rudal AS-1 Kannel yg di pasang di pesawat Tu-16…. Pesawat Tempur indonesa Pemberian SOVIET tahun 1960 Yg Menggetarkan Asia Tenggara

    Balas
  6. Rudal AS-1 Kannel punya jarak jangkau hingga 350 KM…. Meskipun di pasang di Pesawat Jet tempur paling Sadis Tu-16 Badger A… yg Sudah Uzur dan lagi Menikmati hari tua nya di hanggar :D……….. Tapi Rudal ini Cocok Untuk di pasang di pesawat Jadul indonesia.. Meski yg Membawa Pesawat SU-30 Ga apa2.. Kalo misal Nya Indonesia di dera kerisis Ekonomi lagi………….. Cukup membawa Gas Elpigi 3 kg. Di jamin Pesawat musuh dah Ngacir duluan… Karena ledakan 1 Gas Elpigi 3 kg ini bisa Menghanguskan Sampai 25 KM………… apa lagi yg 12 kg……………. :D………..

    Balas
  7. Jika di Banding F-22 yg harus di waspadai adalah F-35 Lighning II…… Mengapa? karena saya yakin 99,9% Teknologi pesawat ini akan 25% jauh dari F-22 dan PAK FA-50………. Di bumi, Sudah ada 3 Negara dengan pesawat Generasi 5 yg sudah terbukti ampuh lewat pertempuran dingin….. yaitu;… Amerika Serikat: F-22 Raptor…. Rusia: PAK FA-50… dan Iran: Qaher-33…… Namun Rusia sedang Membantu Iran dari Desakan AS untuk tunduk pada negara ZIONIS {israel} dan AS…. Maka Iran membuat Nucklear yg Tersembunyi dari PBB… jadi Negara yg mempunyai Nucklear ada 2: Korea Selatan dan Iran……………. :roll:…… Semoga dapat memiliki 1 PAK FA-50… ya… buat jaga2 kalo ada Maling ayam…. tinggal Shoot pake rudal.. Door! Thn 1960 indonesia Negara terkuat di ASEAN…. tidak tanggung2 Uni SOVIET memberikan Jet tempur paling ganas di muka bumi dengan kecepatan Mach 2……. dan kapal induk kelas Atas!! Tapi sekarang Semua tinggal bayangan… ~__~………. Semoga indonesia JAYA :D…….

    Balas
  8. Yups. :D…… Coba aja pesawat Tu-16 Badger dapat Suku cadang Dari Rusia…. Pasti bisa Aktif dan jadi Pesawat Monster Milik indonesia yg kembali jaya…. Emang kalo di lihat2 Tampang nya Serem…. Udah kayak Pesawat Airbus…..Udah gede….. Serem…. Rudal nya AS-1 Kannel….. Wuih MANTAB!! bisa Menggempur pesawat lain……. :-D………….. tapi emang Kalo indo lagi kena Krisir Ekonomi…, apa boleh buat….. Pasang aja Gas Elpigi 3 kg Sebagai pengganti bom.. jadi Nanti kalo ada yg Macam2… tinggal buang.. dan…. BOOOOM!!! :D…… :shark:……. 🙄

    Balas
  9. Sepertinya Korea Selatan Mengundur pembuatan pesawat KFX/IFX demi membuat pesawat canggih generasi 5.1…. :D…. Indonesia tetap ikut proyek trsb karena Negara kita masih memiliki Saham di sana…. Jenis pesawat belum di ketahui…. di harapkan pesawat ini bisa Menjaga NKRI…. 🙄

    Balas
  10. Yups… :)]… jika indonesia di serang Negara lain… ada 5 Negara yg Siap membantu…..: 1.Jepang;Memang dulu negara ini pernah menjajah Negeri kita… tapi Negara kita sudah terlalu banyak membantu negara trsb dengan.Membeli produk2 nya…. jadi kalo negara kita musnah… negara itu bakal bangkrut… 2.Arab;Negara ini sangat memuji indonesia… karena di dunia 60% jamaah haji berasal dari INDONESIA! jadi Negara trsb siap menolong kita. 3.China:Produk china telah merajarela di negeri kita… mulai dari Tv,Kipas dll jadi kalo kita Musnah. dia juga musnah 4.Rusia:Negara kita udah jadi teman dekat negara nya Sejak 1949…. jadi jika kita di serang negara tersebut akan membantu skaligus Menawarkan Jet2 canggih :D…. 5.Singapore:Tahu kenapa negara ini membela Negara kita? Sebab Sebagian besar Warga kita Berlibur ke negara trsb… jadi.. jangan salah kalo mereka Rela ngebantu demi dapet Cash back ($) dari Para milyuner kita…… :D……

    Balas
  11. ajibb gan keren … menurut gw sh dri segi persenjataan militrerny amerika tuh msh kalah ama russia liat aj nuklir aj pling banyak rusia … heli yg paling gw suka aj … mi24 hind …. black hawk aj punya amrik kyany msh kalah armament ama mi24 gan :3 …. tapi untuk peswat tempur stealth w lbh suka ama desain f22 gan biarpun pak fa lbh unggul …

    Balas
  12. pak-fa rusia terlalu di lebih-lebihkan itu pula kenggulan dia dapat karena adanya f-22 pasti rusia akan mengalami sakit kepala medisain jetnya tersebut, sementara itu amerika akan mengembangkan jet generasi ke-6 sedangkan rusia baru mau masuk ke kenerasi ke-5 jadi secara teknis rusia itu hanya menyukkan kehebantannya dengan adanya penemuan oleh amerika serikat, Rusia dasar negara pengkloning.

    Balas
    • Rusia/Uni Soviet jg sdh sjk lma pnya rencana bkin Gen 5 gan, hny sja nasib Amrik lbh mujur tdk spt Soviet yg kolaps pasca runtuh pd 1991 shng bnyk proyek yg terbengkalai. Skrng meski sdh tertinggal dr amrik, tp Rusia dibawah Presiden putin tngah berupaya mengejar ketertinggalanny. Meski tak secanggih amrik tp plng g, Rusia pnya kekuatan utk menangkalnya.

      Balas
  13. lebih hebat dan bagus mending tni kerjasa dengan rusia membangun jet tempur gerasi ke 6,karna rusia jauh lebih berpengalaman dari pada kerea,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s