AS ONE, Menyatukan Korea Utara dan Korea Selatan

800px-Unification_flag_of_Korea.svg Korea Unification Flag

All Hands,

Bagaimana bila dua buah negara yang secara teknis masih berperang, padahal mereka berdua itu bersaudara bersatu padu, bergabung dengan satu bendera demi meraih kemenangan bersama. Inilah kisah nyata yang benar2 terjadi pada 21 tahun silam, tepatnya pada tahun 1991 saat kejuaran Tenis Meja Dunia di Chiba Jepang. Ketika itu, Korea Utara dan Selatan memutuskan untuk bergabung dibawah satu bendera persatuan, kemudian bermetamorfosa menjadi Korea. Tim Tenis Meja Putri Korea akhirnya melenggang ke Final Turnamen, bertemu dengan TIm terkuat sekaligus Juara bertahan China. Kerja Sama luar biasa antar atlit 2 negara korea melawan China akhirnya membuahkan kemenangan heroik sekaligus sangat bersejarah.

Kisah ini kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul As One (Korean Title = “Korea”), disutradarai oleh Moon Hyun Sung dirilis pada 3 Mei 2012. Dalam film bergenre Drama Sports ini, terkandung begitu banyak hal indah yang memberikan semangat yang inspiratif yakni PERJUANGAN, PERSAHABATAN, KERJA SAMA dan CINTA. Film Korea yang layak diacungi Jempol segede Gaban and then, seperti biasa Kelemahan Terbesar FIlm ini adalah tidak diputar dibioskop-bioskop tanah air.

KOREA

The Story

Film ini dibuka dengan duel sengit pemain ping pong dari Korea Selatan Hyeon Jeong Hwa (cast by Ha Ji Won) dan dari Korea Utara Lee Boon Hee (cast by Bae Doona) untuk meraih medali Emas di Kejuaran Dunia Beijing 1990. Sayangnya Perjuangan duo Korea hanya mampu meraih medali Perak dan Perunggu, Emas tetap dipegang oleh Rival terkuat China. Setahun Kemudian Kejuaran Dunia Tenis Meja digelar kembali di Chiba Jepang. Ajaibnya pada pertandingan kali ini, Tim Korea Selatan akan bergabung bersama Tim Korea Utara dalam satu bendara bernama Korea.

Awalnya Tim Korea selatan sangat menolak penggabungan ini, disamping karena adanya Rivalitas antara Pemain Korea selatan dan Korea Utara. Perselihan pun tak terhindarkan, Pertengkaran Mulut sampai baku hantam mewarnai kehidupan bersama mereka di tempat Pelatihan gabungan. Namun pada akhirnya, demia impian dan tujuan bersama sebagai satu korea, meraka harus belajar bekerja sama dan menyatukan perbedaan.

The Love

Kisah drama yang kental ini juga dibumbui dengan sedikit kisah cinta antara teman Hyeon Jeong Hwa ,Choi Yeon Jeong yang centil jatuh cinta dengan pemuda tampan Korea Utara Choi Kyeong Seop yang misterius, tapi sayangnya cintanya ditolak. Meski sebenarnya sang cowo juga memendam rasa suka namun dengan alasan  cinta antara 2 negara ini tak mungkin terjadi, dengan terpaksa setelah pertandingan selesai Kyeong Seop dan Yeon Jeong harus kembali ke negara masing-masing.

disegmen romantis ini, awal kisahnya diceritakan dengan begitu lucu sehingga menjadi alat memancing senyum dibalik kisah utama yang begitu kental dengan Persaingan serius, walau pada akhirnya berakhir dengan ceceran air mata.

The Different

Perbedaan “Culture” antara Korea Utara dan selatan begitu kental, Tim Korea utara yang kaku dan berkesan militeristik berbeda 100 derajat dengan Tim Korea selatan yang easy going dan berisik. Perselisihan karena perbedaan ini menjadi salah satu hal yang menarik di film ini, karena perbedaan ini akhirnya berkembang menjadi sebuah persatuan yang luar biasa kuat.

AS-ONE-Korea-Movie-Photo

So, sangat direkomendasikan sekali untuk menonton film Korea ini, luangkanlah waktu 127 menit diwaktu senggang anda ,kisah bersejarah bagi rakyat korea ini sangat disayangkan bila belum masuk atau dibuang dari daftar antrian film yang akan ditonton. Buktinya di hari kelima penayangannya, film ini berhasil meraih 650.000 penonton dan menduduki peringkat 2 Box Office Korea.

At least, mungkin bener kata sensei ane di gunung Myoboku. ‘Olahraga mampu menyatukan perbedaan yang ada demi tujuan bersama’. Semoga saja, suatu saat semenanjung Korea dapat bersatu kembali seperti era kerjaan Jo Seon, menjadi negara bebas tanpa di Patch oleh Komunis (Timur) atau Liberal (Barat).

 

Skor 5/5 ~Excellent, Must see.

Iklan

18 thoughts on “AS ONE, Menyatukan Korea Utara dan Korea Selatan

  1. film nya kren sepertinya .,,. pernah nonton sekilas film yang tentang korut ma korsel latihan mliter bareng kalo ga salah tp lupa judulnya soalnya waktu itu adek ane yang nyetel hehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s