Selain membeli MBT Leopard, Pemerintah juga akan membeli Marder 1A3 dan Tank Pendukung?

Revo2

Muantab dah.. Setelah jalan panjang naik turun TNI AD untuk memiliki armada Main Battle Tank menemui titik cerah dengan disetujuinya pembelian 100 unit MBT Leopard 2A4, ternyata usaha peningkatan Alutsista angkatan darat kembali menuai berita yang mengejutkan. Sepertinya yang dilansir Blog Militer Beritahankam.blogspot.com, berikut petikannya :

Terkait dengan pembelian sejumlah 103 unit Main Battle Tank (MBT) Leopard, Tank jenis Marder 1A3 sebanyak 50 unit dan Tank pendukung 10 unit, Wamenhan menyampaikan bahwa pihak Rheinmetall akan berada di Indonesia untuk finalisasi penandatanganan kontrak yang akan dilaksanakan pada minggu ke empat September 2012. Wamenhan juga mengungkapkan pihak Rheinmetall telah mempersiapkan pengiriman perdana Main Battle Tank (MBT) Leopard sesuai dengan target Kementerian Pertahanan tetapi terdapat beberapa hal terkait administrasi dan logistik yang perlu diselesaikan oleh pihak Rheinmetall dengan Kementerian Pertahanan. Dengan demikian Main Battle Tank (MBT) Leopard dapat tiba di Indonesia pada awal November 2012 bertepatan dengan pameran Industri pertahanan Indo Defence 2012.

Bila Berita itu benar-benar bisa direalisasikan dengan lancar, maka total pembelian Alutsista Tank dari Jerman berjumlah 163 Tank, yang terdiri dari 40 Tank Leopard 2A4, 63 Tank Leopard 2 Revolution, 50 unit Tank Marder 1A3 dan 10 Tank pendukung Leopard 2. Sebuah upaya yang cerdas dan strategis bagi TNI dan Negara, apalagi paket pembelian ini disertai juga dengan alih teknologi (ToT). Bila penguasaan teknologi ini berjalan baik, manfaat jangka panjang Indonesia dalam kemandirian militer dapat terlaksana. Untung saja, Parlemen Belanda menolak menjual Leopardnya ke Pemerintah RI sehingga TNI berpaling ke negara produsennya langsung dengan bonus yang melimpah.

Informasi dan pembahasan mengenai Tank Leopard 2A4 mungkin sudah cukup banyak dan sering termasuk Tank pendukungnya, maka yang membuat ane tertarik untuk mengulasnya adalah Leopard 2 Revolution dan Medium Tank Marder 1A3,  cekidot :

Tank Berat Leopard 2 Revolution (63 Unit)

revos

Merupakan salah satu MBT yang paling canggih, bentuk Upgrade dari Tank Leopard 2A4 dengan penambahan dalam berbagai lini. Memiliki keunggulan dari pada Leopard 2A4 dalam hal Urban Warfare. Dilengkapi dengan armor komposit baru yakni Advanced Modular Armor Protection (AMAP) sehingga meningkatkan kemampuan Proteksinya. Disertai juga dengan Modular Armor yang dapat digonta ganti dengan mudah bila salah satu modulnya rusak. Negara yang sudah memakai Leopard 2 Revolution adalah Singapura dengan nama Leopard 2SG. Dalam hal bobot, Leopard 2 Revolution jauh lebih berat yaitu sekitar 60 Ton, sedang Leopard 2A4 standart berkisar 56.6 Ton. Bila Indonesia sukses memakai Leopard 2 Revolution, maka RI menjadi negara pemakai kedua di ASEAN.

Revo

Overview :

Entered service :2010

Crew :4 men

Dimensions and weight

Weight :60 t

Length (gun forward) :~ 9.7 m

Hull length :~ 7.7 m

Width :~ 3.7 m

Height :~ 2.5 m

Armament

Main gun :120-mm smoothbore

Machine guns :1 x 12.7-mm, 1 x 7.62-mm

Elevation range :- 9 to + 20 degrees

Traverse range :360 degrees

Ammunition load

Main gun :42 rounds

Machine guns πŸ˜•

Mobility

Engine :MTU MB-837 Ka501 diesel

Engine power :1 500 hp

Maximum road speed :~ 70 km/h

Range :~ 500 km

Maneuverability

Gradient :60%

Side slope :30%

Vertical step :1.15 m

Trench :3 m

Fording :1 m

Fording (with preparation) :4 m

 

Medium Tank (IFV) Marder 1A3 (50 Unit)

Penyertaan Tank medium Marder 1A3 dalam paket Penjualan Leopard sungguh mencengangkan terutama bagi Pindad yang berkeinginan untuk membuat Tank Medium. Adanya Alih Teknologi dari Jerman guna membangun Medium Tank Infantery Fighting Vehicle (IFV) berbasis Marder 1A3 bisa menjadi keuntungan strategis yang sangat besar bagi Indonesia. Selain bisa memenuhi demand dari TNI sendiri sebagai kemandirian alutsista, produk medium tank hasil ToT ini bisa jadi komoditi baru Pindad yang menggiurkan setelah sukses dengan Panzer ANOA. Bila berhasil memasukan Marder 1A3 dalam jajaran TNI AD maka Indonesia menjadi negara ke 3 di Dunia setelah Jerman sendiri dan Chili.

Overview :

Weight
28.5 t (31.4 short tons) marder 1A1/A2 33.5 t (36.9 short tons) marder 1A3 37.4 t (41.2 short tons) marder 1A5

Length :6.79 m (22 ft 3 in)

Width :3.24 m (10 ft 8 in)

Height :2.98 m (9 ft 9 in)

Crew :3+7

Armor
Welded steel, protection up to 20 mm APDS DM43 from 0 m and 25 mm APDS from 200 m (220 yd)

Main armament
20 mm Rheinmetall MK 20 Rh 202 automatic cannon
MILAN ATGM launcher

Secondary armament
7.62 mm MG3 machine gun

Engine
MTU MB 833 Ea-500 diesel engine
600 hp (441 kW)

Power/weight :21.1 hp/tonne

Transmission :RENK HSWL 194

Suspension :Torsion bar

Ground clearance :0.45 m (18 in)

Fuel capacity :652 L (143 imp gal)

Operational range :520 km

Speed :75 km/h (47 mph)marder 1A2 65 km/h (40 mph) marder 1A3

 

Semoga saja, kehadiran Alutsista baru nan garang ditubuh Militer RI. membuat efek deterens semakin besar, menaikan bargain di kancah diplomasi internasional dan menaikan peringkat dunia militer RI.

34 pemikiran pada “Selain membeli MBT Leopard, Pemerintah juga akan membeli Marder 1A3 dan Tank Pendukung?

  1. setelah darat,, hal kedua yg hrs dibenahi adalah sektor lautnya,, atau udaranya ya? soalnya laut inidonesia luas skali, byk negara2 asing yg mengambil hasil laut di indonesia, tanpa sepengetahuan kita,,

    Balas
  2. Sejatinya negara sebesar Indonesia memang harus memiliki Alutsista yang mendukung, baik untuk udaranya, lautnya dan juga daratnya.
    Semoga saja setelah darat diberi tambahan jatah senjata, udara dan lautnya menyusul ya Go, agar negara tetangga tidak mempermainkan kita lagi.
    Bravo TNI….

    Balas
  3. Saya cari-cari di tulisan ini mengenai tahun pembuatan Tank Leopard, sayang tidak ketemu. Bulan lalu suamiku senyum2 baca beritanya di TV, karena Tanknya buatan thn 1970 an atau 80 an (nanti saya tanya dia lagi), Tank nya sdh tua, tp suamiku bilang Tank Leopard tuh oke banget kualitasnya. Semoga biayanya ga di mark-up sama yg menangani pembelian hehehe.

    Balas
    • klo g slh emang thn 80an, trus berkmbang sampe model terbarunya 2A6 dan Revolution.

      Leopard merupakan Tank terbaik didunia, setara dg Challenger 2 Inggris dan Abrams Amrik.

      bnr, klo beli dari Jerman lngsung tnp broker bs meminimalisir adnya kerugian.

      Balas
  4. Tank Leopard 2 pertama kali dibuat tahun 1980-an, itu untuk versi Leopard 2A1. Untuk Leopard 2A4 banyak mengalami perubahan dan upgrade dibanding tipe2 sebelumnya dan tipe ini diluncurkan pada awal tahun 90-an. sedangkan tipe Leopard 2 Revolution adalah pengembangan dan upgrade dari Leo2A4 disain tahun 2010

    Balas
  5. Kalau negara sebesar Indo punya tank canggih ya gak salah
    tapi jangan sampai dimark up gila-gilaan
    kayak kasus mocin pemadam kebakaran
    yang harga aslinya Rp 26 juta (udah overprice banget tuh)
    eh dimark up jadi Rp 254 juta 😈
    menakutkan…

    Balas
    • hahaha. itu mah dah kebangetan bgt. begonya lg diapprove tnp dicroscek.

      klo beli dari Produsennya langsung, moga g ad kecurangan kek pake Broker.

      ingat kasus tank Scorpio yg dibeli tahun 1990an, Indo beli dg harga 3x lipat hrga aslinya. bisa dapat MBT saat itu, dibanding scorpio yg cuma tank ringan.

      Balas
  6. sedikit melengkapi saja, kalo kepunyaan Singapura itu adalah Leopard 2 Evolution (dinamain Leopard 2SG sama singapura) dimana paket upgradenya dilakukan oleh IBD Deisonroth Jerman. Sedangkan punya Indonesia adalah Leopard 2 Revolution yang merupakan paket upgrade dari Rheinmetall Jerman, jadi sebenarnya berbeda walaupun namanya cuma beda 1 huruf πŸ™‚
    keduanya sama2 pake upgrade proteksi AMAP. kalo ditanya mana yg lebih canggih/lebih baik, ya gk tau πŸ˜€ karena kedua negara/perusahaan pasti berusaha merahasiakan upgrade2 yg sensitif.

    anyway menurut saya walaupun mahal, harga Rp 2.6 T masih dalam tahap kewajaran kalo yang diambil emang bener 63 Leopard 2 Revolution + 40 Leo 2A4 +10 tank pendukung + 50 marder A3 + pelatihan + amunisi. beda sama motor damkar walaupun harganya sekitar Rp 250 juta dan jauh lebih murah dari tank, tapi jelas itu harganya gk wajar πŸ˜€

    Balas
  7. tank leopart ini merupakan jenis mbt, bahasa awamnya sih jenis kontainernya tank, yang membutuhkan tank pendukung, seperti tank jembatan, derek, dll (apa ya istilahnya) kalo tidak dibeli ya percuma g bisa manuver di track2 sulit di indonesia…

    Balas
  8. MEMANG HARSNYA GITU biar bedebah malingsia g asal pentang bacot aja. kesel banget.tuh perkosa mbt leopard. jangan cuma prt saja yg lu7 kerjain. pengin banget ngethokin palenya orang malingsia.sudah kliwatan.coba saya presidenya .sdah gua kepret dari dulu kala.indonesia juga mandah saja dikerjain malingsia.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s