Kapal Induk China Resmi Operasional

varyag1

All Hands.

Akhir bulan September 2012 ini merupakan hari bersejarah dan membahagiakan bagi Angkatan Laut Tentara Pembebasan China (PLA NAVY) dan Rakyat Tiongkok. Kapal Induk ex Varyag yang dibeli dari Ukraina tahun 1998, kemudian mulai direstorasi pada tahun 2002 secara sangat rahasia dan mulai menampakan diri ke publik setahun yang lalu. Perjalanan panjang dalam proses pembangunananya akhirnya sampai pada klimaksnya dengan diserahkannya Kapal Induk ini pada PLA NAVY. Upacaya serah terima berlangsung cukup meriah di kota Pelabuhan Dalian, China bagian timur laut minggu kemarin. Dengan berkibarnya bendera nasional Tiongkok di tiang kapal, Kapal Induk ini resmi menjadi milik PLA NAVY.

varyag5

THE EFFECT

Publik dunia khusus para negara Asia Timur yang bertetangga dengan China menganggap serius upaya CHina membangun Kapal Induk, apalagi kemunculan Kapal ini bertepatan dengan berlanjutkan ketegangan perebutan laut China Timur dan Kepulauan Diayou/Senkaku dengan beberapa negara tetangga. China beberapa kali membantah bahwa Kapal Induk ini akan digunakan untuk mendorong kekuatan angkatan laut china guna mengintimidasi lawan dalam medan sengketa perebutan teritorial laut.

Kepulauan Senkaku/Diayou di Laut CHina TImur eskalasinya semakin menegang, setelah Jepang membeli kepemilikan pulau dari swasta. Padahal Pulau-pulau kecil yang dipersengketakan itu rata-rata tidak layak huni, namun disinyalir perairan disekitarnya mengandung banyak hasil laut dan sumber energi termasuk bisa penentu batas maritim. Kehadiran Kapal induk CHina kemungkinan jelas akan menaikan posisi tawar militer china dihadapan tetangganya.

varyag3

THE WEAPONS

sementara masih belum ada konfirmasi resmi dari PLA NAVY apa saja arsenal yang digunakan di Kapal Induk, dari jajaran Jet Fighter seperti yang sudah diamati, PLA telah selesai mengembangkan fighter J11BH khusus kapal induk, sayangnya saat upacara tak ada satupun arsenal di dek. Selain itu juga belum ada informasi resmi daftar kapal yang akan menjadi  carrier battle group (CVBG) sebagai tembok pelindung utama Kapal Induk. yang jelas, seolah udah jadi trademark china, mungkin saja akan banyak produk copy an yang terpampang di kapal induk ini :-D.

varyag4

THE RESPONSE

Bila China ternyata sukses dan mampu menggelar armada Kapal Induk seperti Amerika, tentunya akan banyak negara di asia pasifik yang patut waspada. Apalagi China punya proyek Pearl Necklace, strategi kalung mutiara yang merupakan jalur pengiriman energi (minyak) dari Iran ke China yang harus melewati banyak wilayah, salah satunya yang patut diprioritaskan china adalah selat Malaka. Kapal Induk mampu melakukan expansi, menggelar proyeksi kekuatan ,memindahkan pusat militer ke dekat target yang dituju jelas merupakan ancaman yang sangat serius.

Jepang sudah bersiap dengan penambahan beberapa alutsista baru dan strategi militer baru, Korea makin meningkatkan kerjasamanya dengan USA, Philipina rela negaranya jadi pangkalan AS, Vietnam bermitra dengan USA, Indonesia masih mengejar MEF, Singapura udah adem ayem dengan bejibun alutsista canggih.varyag2varyag6 varyag7

Bagi Indonesia, tetap waspadalah bila Varvag memasuki perairan nusantara walaupun dengan tujuan damai sekalipun, biasanya hal ini mencermikan penantangan China terhadap AS yang lama bercokol di ASEAN.

 

sumber picture : Kaskus Formil

Iklan

16 thoughts on “Kapal Induk China Resmi Operasional

  1. hehe anggota tetap dewan keamanan terakhir yang akhirnya launching kapal induknya (carrier), pantes om sam pindah proyeksi kekuatan dari timur tengah ke asia pasifik. semoga konflik cina selatan gak sampe pecah bisa berabe mosok panggung perang pindah dari timteng ke laut cina selatan, bisa gak stabil ekonomi asean bisa2 bbbm dan harga2 kebutuhan pokok naek.
    BTW mau tanya nih, KRI klewang itu udah bener2 bisa teknologi siluman atau belum? IMHO kalo kata aye mah indonesia banyakin kapal selem sama ngejar teknologi rudal aja buat nangkal deterens dari kapal induk baik punya om sam atau babah asyong

    Balas
  2. Tiongkok kayaknya bener2 serius menantang AS di asia pasifik, perekonomian kan sekarang pusatnya di Asia Pasifik. Eh moga2 ini bukan perang dingin 2 (Tiongkok pengganti soviet vs AS – perang ekonomi kamsudnya)

    Balas
  3. haiiiiyaa……… memang amerika harus ada tandingan yang disegani, biar tidak memaksakan kehendak semaunya khususnya di wilayah asia,biar imbanglah….gini lho: kalau tulisan dlm bhs arab ditulisnya dari kanan ke kiri lalu internasional dari kiri ke kanan,maka penengahnya tulisan china, dari atas ke bawah….. klop sdh sebagai penyeimbang…(ga tau lagi kalo ada yg nulisnya dari bawah keatas)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s