K-Movie : Return 2 Base, Duel maut F15K Slam Eagle vs Mig 29 Fulcrum

rain

All hands,

Hubungan kedua Korea Utara dan Selatan yang secara teknis masih berperang memberikan ide dan inspirasi tersendiri bagi para sineas Korea Selatan untuk membuat karya film bertema militer. Dengan adanya latar belakang Korea selatan yang masih memiliki musuh abadi tentunya menjadikan film2 militer korea jadi terasa asyik untuk ditonton. Di tahun 2012 ini, lagi2 sineas korea selatan menghadirkan sebuah tontonan yang seru dan menarik banget, sayang tuk dilewatkan yakni film bertemakan pertempuran udara Republik of Korea Air Force (Rokaf) berjudul RETURN 2 BASE/Soar Into The Sun (R2B: 리턴투베이스) ,Sang sutradara Kim Dong Won berhasil membuat keputusan yang tepat, memilih super star Korea RAIN sebagai tokoh utamanya. Kebetulan juga Rain akan menjalani masa Wajib Militernya sehingga aroma militer sangat pas untuk Rain.

Soar_Into_The_Sun-002

Guna menghindari Spoiler, ane hanya akan mengulas garis besar dari film ini. Return 2 Base bercerita tentang Jung Tae-Hoon (Rain) yang menjalani kehidupannya di lingkungan Angkatan Udara Korea Selatan. Dengan perilaku dan sifat yang eksentrik (baca :konyol), Jung Tae-Hoon sering kali membuat beberapa atasan dan temannya jengkel dengan ulahnya yang suka iseng ketika berada di cockpit pesawat. Selain drama, perang, kisah ini juga dibumbui dengan kisah asmara antara Jung Tae-Hoon dan Yoo Se-Young (Shin Se-Kyung) serta jangan ketinggalan ada komedinya juga ^^ trutama di awal n tengah film.

Secara garis besar, Return 2 Base mengisahkan tentang Skuadron Elite Angkatan Udara Korea Black Eagles yang harus menghentikan ulah segelintir oknum Korea Utara yang memiliki rencana extrim terhadap Seoul. 1 Unit Mig29 Fulcrum tiba2 melanggar zona DMZ dan memasuki wilayah Korea Selatan, 2 jet tempur F15 Korea selatan di perintahkan untuk melakukan pengawalan udara yang berakhir dengan adegan Dog Fight, duel udara ini ditampilkan dengan aksi yang memukau banget, apalagi settingnya berada diatas kota yang padat penuh gedung bertingkat.. kereen. Ada beberapa adegan dog fight di film ini yang meniru scene fight game Ace Combat Zero (Cipher vs Pixy, Mission 18 "Zero") dan Ace Combat Assault Horizon (Bishop vs Markov).

Kualitas special effect udah ga perlu diragukan lagi, musik yang menghiasi jalannya film juga sangat pas untuk di download, keren pokoknya. Sedikit kekurangan yang ada di film ini adalah jenis pesawat tempur kedua pihak saat pertempuran (dog Fight) udara, Korea Selatan menggunakan F15k Slam Eagle yang notabene jet tempur pesaing Sukhoi SU-30, sedang Korea Utara memakai Mig 29 Fulcrumm, yang mungkin lebih setara dengan F16. Tonton sendiri aj dah, mana adegan yang terlalu berlebihan atau enggak :-D. Di bidang Alutsista, selain kemunculan T50 Golden Eagle, F15k Slam Eagle, Mig29 Fulcrum juga tampil dilayar antara lain SHH60 pavehawk, boeing 737 wedgetail dan helicopter korea utara Kamov Ka27.

R2B-Return_To_Base-0015 R2B-Return_To_Base-0031

Film ini sangat amat banget ane rekomendasikan bagi para pecinta dunia militer khususnya Angkatan Udara, di film ini kita akan disuguhkan Alutsista canggih negara gingseng, terutama ‘kehebatan’ jet tempur buatan korea T50 Golden Eagle, dimana Indonesia juga membelinya :-D. Jadinya ,seolah film ini merupakan media display guna menjajakan (baca : Nyales) pesawat tempur kebanggan korea selatan, T50. hehehe..  ya iyalah, wong sponsor film ini sang produsan pesawat tersebut ,KAI (Korean Aerospace Industry).

Well, Return 2 Base merupakan film tentang pesawat tempur terbaik tahun ini, tak kalah dengan film populer bertema sejenis semisal Top Gun. Dengan teknologi sekarang, membuat Return 2 Base memiliki special effec yang memukai. you’re must watch it..

R2B-Return_To_Base-0028

Trivia :

  • Remake dari film Korea tahun 1964 "Red Scarf" ("Balgan Mahura")
  • Judul film ini banyak berganti-ganti, mulai dari "Haneulye Sanda" (literally "live in the sky"), lalu "Red Muffler," lalu "Bisang: Taeyangkakkayi" (literally "Soar: Close to the Sun"), kemudian "R2B: Return to Base".
  • Rain memilih film ini sebagai karya terakhirnya sebelum memenuhi kewajiban militernya.
  • Budget film ini mencapai 10,000,000,000 won atau 9.11 juta dollar
  • syuting dimulai 15 Maret 2011 – sampai 23 september

All image taken from Asianwiki.

 

Skor : 4.5/5

Iklan

9 thoughts on “K-Movie : Return 2 Base, Duel maut F15K Slam Eagle vs Mig 29 Fulcrum

  1. jadi inget filem top gunnya indonesia “Perwira dan Ksatria” yang maen om dede yusuf. 😀
    BTW Korea joint project KFX 4,5 gen fighter kapan jadinya ya???? pengen liat pt .di bikin fighter mandiri
    kapan selem udah (walaupun belum bisa mandiri) tinggal matra udaranya

    Balas
    • yoi bro, film indo pertama n satu2nya ttg angkatan udara. ntn dlu pas kecil di tipi. keren juga soundtracknya.

      rencana KFX kelar bikinnya 2014/2015, trus masa uji coba, baru dah masuk operasional. kira2 tahun 2020.. itu klo lancar 😀

      Balas
  2. hehehe
    minta link downloadnya donk kak gogo hehehe 😀
    ada subtitle indonya kan
    takutnya kalau bahasa korea gak paham artinya hehehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s