WebOS, gagal di Tablet, mencoba peruntungan di Smart Tv

PalmWebOS

Dalam era perkembangan gadget yang pesat sekarang ini, di bidang Sistem Operasi, dunia dihadapkan pada 2 raksasa Google dengan Android dan Apple dengan iOS nya. Baru2 ini, ANdroid telah mengukuhkan dirinya sebagai sistem operasi smartphone yang sukses menguasai tiga perempat pasar smartphone dunia. Sebagai contoh kesuksesan android, Hanya dalam 1 Bulan Samsung berhasil menjual Galaxy Note II sebanyak 3 juta unit, luar biasa. Apple tak mau kalah dengan mengeluarkan Update iOS 6.0.1 nya,  Lalu bagaimana dengan OS lain, WebOS salah satunya.

Mari mengenal apa itu WebOS, merupakan sistem operasi yang dibeli oleh Hewlett-Packard (HP) dari perusahaan raksasa IT PALM . Sayangnya dalam perkembangannya, HP membuat keputusan yang mengejutkan. HP memutuskan untuk menghentikan semua pengembangan produk-produk webOS! Beberapa perangkat yang terkena imbasnya adalah tablet Touch Pad. Penghentian pengembangan WebOS ini berlanjut pada keputusan lain, HP menyerahkan webOS kepada komunitas Open Source ! ,nantinya HP bersama Komunitas opensource akan bekerja sama mengembangkan WebOS sehingga diharapkan sistem operasi ini akan terlahir dengan landscape baru.

Kegagalan HP dengan WebOS nya membuat perusahaan elektronik terkemuka asal Korea selatan LG tertarik untuk untuk menggunakan sistem operasi mobile milik HP tersebut. Organisasi yang dirikan HP untuk menangani WebOS, Gram dikabarkan tengah menjalin kerja sama dengan LG dalam proyek pengembangan smartTV. Bila nantinya LG benar2 serius mengembangkan WebOS untuk perangkat smartTV nya, dimasa mendatangkan smartTV akan dilengkapi dengan Sistem Operasi. Benar2 sebuah terobasan yang menarik, bisa jadi smartTV tak ubahnya smartphone atau tablet dalam ukuran layar raksasa.

Meski begitu, LG harus siap menghadapi tantangan besar yang ada. WebOS dirancang untuk digunakan para perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, butuh penelitan lebih lanjut agar bisa dipasang pada smartTV. Well, kita lihat saja, apakah LG akan mampu berbuat banyak dengan WebOS nya..

Iklan

10 thoughts on “WebOS, gagal di Tablet, mencoba peruntungan di Smart Tv

  1. Google punya gank Android, anggota ganknya merek-merek global spt HTC, Samsung, Soner sekarang Sony, Motorola, LG dll…., juga merek-merek lokal yang ikutan gabung di gank robot ijo.
    Ini yang bikin OS lainnya pada mengkerut!
    Bukan begitu Bro?

    😀

    Balas
  2. Untuk mengorganisasi file-file pada device diperlukan suatu metode yang disebut dengan filesystem. Jika Anda mengenal FAT selama ini di sistem operasi Windows maka Anda akan mengenal beberapa metode filesystem di Linux, seperti ext fs, ext2 fs atau xia fs dll. Saat ini ext2 fs adalah filesystem yang banyak digunakan untuk Linux karena terkenal sangat efisien. Meskipun demikian Red Hat Linux tetap menyediakan dukungan terhadap filesystem lain seperti msdos yang sudah built in di kernel atau dalam bentuk modul seperti vfat (Windows95 native fs), ext,umsdos dan sebagainya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s