Ngobrol sambil naik motor, emang asyik bangets..

motormerah

Hadeuuh.. udah lumrah klo kesadaran berkendara di Republik ini kurang bangets, sekali lagi ane disuguhi attitude berkendara yang amat sangat familier. Pemandangan ini terjadi ketika hari minggu kemaren, ane tengah dalam posisi menuju Pekalongan guna menghadiri temen kerja yang nikahan. Seperti biasa rutenya melalui perfektur Purbalingga, ketika sedang melelawati jalan raya Bojongsari, wilayah yang populer dengan wisata air Owabong. Ane disuguhi pengendara motor yang bercengkerama diatas motornya, sambil jalan pelan, posisi ditengah tengah, manuvernya kek layangan nunggu komando, Setiap hari klo berkendara tentu ada jenis pengendara macam ini, udah dimaklumi dan biasanya hanya berjumlah 1 – 2 motor, sayangnya yang barusan ane alamin di rute tersebut “oknum” pemotornya berjumlah puluhan dengan jarak motor satu dg yang lain berimpitan,  kek konvoi irregular style, alias sembarangan. Kebanyakan pemotor memakai metik berboncengan dengan pacarnya, terlihat terlalu asyik mengobrol kek dicafe-cafe ,well jadilah jalanan disulap kayak cafe, bedanya pengunjung cafenya tetep naik motor.

ILUSTRASI Illustrasi : Merah >roda4, hijau>segerombolan pemotor “lelet”, biru>ane, Ungu>arah berlawanan

Dalam posisi yang sedikit buru-buru ke Pekalongan karena musti adu cepat dengan turunnya hujan, dari arah berlawanan pun kondisi jalan ramai dipenuhi kendaraan, serba sulit nyalipnya. Sebuah kecelakaan hampir aj terjadi, didepan ane ada se unit Old meggie berboncengan yang juga di sambi ngobrol, ban depannya nyentuh ban belakang mio yg lagi2 jg tengah asyik ngobrol. Old meggie oleng hebat, kek pesawat kena turbulensi, untungnya si rider bisa nguasain motornya, terasa penuh emosi, si rider Old meggie menggeber-geber motornya yang gak enak suaranya, coba klo moge bisa jadi hiburan ane. Si old meggie menghampiri si Mio sambil meraung-raungnya, si Mio tetep cuek, kayak kesal si Old meggie nyalip namun didepannya dihalangi Tiger yang posisinya juga nanggung.

Didepan serombangan pengendara “cafe-er” ini, terdapat kendaraan roda empat dan bus kecil, eneg nya mereka gak nyalip2, ada yang mau nyalip tapi malah batal nyalip, trus ngobrol lagi. Ribet pokoknya, untuk menyalip mobil dan bus didepan ane musti nyalip segerombangan biker tadi dengan aman. Terpaksa mengubah model normal ke mode sruntulan, bersama AutoVajin ane dekati mereka satu2 sambil nyari celah kosong, blasak blusuk kiri kanan akhirnya terbebas juga. Sebagai salah satu jalur wisata di Purbalingga, terutama hari libur jalanan ini emang ramai dipenuhi pengendara yang mau berlibur, meski ramai untungnya g sampai macet, posisi para oknum pengendara motor yang ane ceritakan tadi amat sangat rawan kecelakaan, bila ad kendaraan berhenti mendadak didepan mereka, potensi tabrakan beruntun sangat besar.

Bercengkerama dengan pacar atau teman sambil berkendara emang asyik, tapi mbok ya liat situasi lah, klo jalanan sepi silahkan saja, klo jalanan ramai ya ngobrol seperlunya saja trus kembali fokus berkendara. Sebuah bom waktu bisa saja terjadi bagi transportasi darat tanah air karena ketersediaan jalanan yang stabil, Jumlah kendaraan  terus bertambah, banyaknya pengendara yang tak semuanya tersertifikasi (lulus ujian SIM dengan ‘syarat & prosedur’ yang benar) dan penegakan kedisipilan berlalu lintas yang masih labil. Meski gak mengurangi tingkat kemacetan, bila semuanya bisa  berkendara dengan baik dan benar, potensi kecelakaan bisa di minimalisir, jalanan lebih nikmat dilalui.

***

Iklan

15 thoughts on “Ngobrol sambil naik motor, emang asyik bangets..

  1. waktu baca sampe ikut2an jengkel.. 👿
    udah sering bgt nemui kaya gitu… 👿
    yg penting jgn terpancing masbro..
    cepet2 melepaskan diri.. ngalay dikit gpp lah krna terpaksa. 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s