Eurasian Union, Block Tandingan Uni Eropa bikinan Rusia

615224-111006-russia-putins-eurasian-superpower-dream Eurasian Union Map

All Hands,

Republik Rakyat China dan Federasi Rusia  boleh berbangga hati setelah sukses membangun organisasi Shanghai Cooperation Organization (SCO) yang beranggotakan negara-negara Europasia ,Asian Tengah dan Asia Barat seperti Iran sebagai pengamat. SCO didirikan pada tahun 1996 oleh China,  Kazakhstan, Kyrgyzstan, Russia ,Tajikistan, kelima negara ini dikenal sebagai Shanghai Five. Pelan namun pasti keberhasilan SCO mulai terasa kuat, bahkan dianggap sebagai organisasi penangkal pengaruh Amerika di  kawasan Euroasia dan Asia Tengah yang sangat strategis dan kaya dengan sumber energi. Kini SCO telah tumbuh menjadi blok kerjasama politik dan ekonomi baru yang bisa menjadi penghalang ambisi global Amerika dan sekutu-sekutunya, upaya Amerika dan sekutunya untuk menyingkirkan Rezim di negara Euroasia dan asi Tengah bisa digagalkan, para negara SCO berupaya untuk menjaga rejim pemerintahan yang independen, tidak dibawah kendali Amerika.

Keberhasilan SCO mewujudkan tujuan bersama para anggotanya, membuat Rusia melangkah lebih jauh dengan mencoba membangun blok tandingan Uni Eropa yang bernama Eurasian Union. Sebagai langkah awal, Rusia menandatangani kerjasama dengan Belarus dan Kazakhstan, sementara 8 negara lain diharapkan bisa menyusul untuk bergabung. SCO dan upaya mendirikan Eurasian Union telah mengancam pengaruh Amerika di wilayah tersebut, bila Amerika memaksakan untuk mewujudkan agendanya dengan kekuatan senjata maka bukan tidak mungkin perang dingin seperti Uni Soviet dan Amerika bisa terulang kembali.

WAR

Berdirinya Eurasian Union juga menjadi cara strategis Vladimir putin menggagalkan ekspansi NATO ke Eropa Timur yang tengah berusaha menggaet Ukraina dan Georgia bergabung ke NATO, menempatkan sistem pertahanan rudal ballistik (ABM) Amerika di Eropa Timur yang mengancam kekuatan rudal nuklir Rusia sebagai urat nadi pertahanan RUsia. Seperti yang sudah dianalisa sebelumnya, Vladimir Putin berusaha kembali membangkitkan kekuatan Uni Soviet bagi Rusia. Dengan kata lain, Eurasian Union bisa melahirkan kembali Blok Tandingan NATO, PAKTA WARSAWA era Soviet.  Perang Dingin terbaru ini mirip perseteruan 2 kekuatan di serial anime Gundam Wing 00, antara human reform league (HRL) yang beranggotakan Russia, Mongolia, China, India, some countries of South Asia, Ceylon (Sri Lanka), the Korean Peninsula, Taiwan, Turkey, Georgia, Armenia, Southeast Asia and Papua New Guinea melawan Advanced European Union (AEU) yang beranggotakan negara benua Afrika dan Eropa Barat.

Well, semoga dua kekuatan besar ini bisa menahan diri dan tetap menjaga keseimbangan dunia agar selamat dari bahaya perang, Lalu dimanakah posisi Indonesia yang bebas aktif, harus kah ikut membangun juga blok Uni Asean? pastinya RI harus mampu menempatkan diri dalam posisi yang menguntungkan.. Rights..?

14 pemikiran pada “Eurasian Union, Block Tandingan Uni Eropa bikinan Rusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s