Review Rurouni Kenshin Live Action Movie, hasilnya cukup memuaskan..

Kenshin

All Hands,

Tak terasa akhirnya film yang udah dinanti beberapa bulan silam sudah kelar ane tonton, Rurouni Kenshin / Meiji Kenkaku Romantan Live Action Movie. Begitu Bluraynya nongol langsung segera ane samber, sedang subtitlenya yang dikhawatirkan lama hadirnya ternyata hanya perlu menunggu 24 jam tuk dapat subtitle versi Indonesianya. Harapan besar fans ke film ini yang cukup tinggi berhasil dipersembahkan dengan baik, dengan kata lain bagi ane film ini cukup sukses memuaskan pembaca manga n animenya. Berkat manganya ane jadi jatuh cinta dengan sejarah dan budaya Jepang, influance yang luar biasa dari karya Nobuhiro Watsuki, sama seperti Takehiko Inoue dengan manga Slumdunk nya yang berhasil membuat pembacanya jatuh cinta dengan olahraga basket. So, Berikut hasil kupasan menonton RUrouni Kenshin movie :

INTRO

Berlatar belakang di era Restorasi Meiji atau Pembaharuan Meiji merupakan serangkaian peristiwa yang berpuncak pada pengembalian kekuasaan di Jepang ke Kaisar pada tahun 1868. Akibat Restorasi ini terjadi perubahan revolusioner pada bidang politik dan sosial Jepang yang mengakhiri kekuasaan Zaman Edo atau Keshogunan Tokugawa ke Zaman modern Meiji. Restorasi Meiji berlangsung dari tahun 1866 sampai 1868, yang melingkupi akhir zaman edo dan awal zaman meiji. Restorasi merupakan akibat dari  Perjanjian Shimoda dan Perjanjian Towsen Harris yang dipelopori oleh Komodor Matthew Perry dari Amerika Serikat. Pada 3 Februari 1867, Kaisar Meiji naik tahta setelah wafatnya Kaisar Kōmei pada 30 Januari 1867, saat itu Mutsuhito atau Kaisar Meiji dilantik menjadi Kaisar pada usia 15 tahun. Di Era ini, Jepang melakukan modernisasi di segala bidang sehingga dalam beberapa dasawarsa berhasil menyamai negara-negara Barat yang dikatakan maju saat itu. Di ranah sosial Masyarakat tidak lagi diperkenankan membawa senjata ,akibatnya banyak samurai sisa era Tokugawa menjadi tak bertuan (ronin), banyak yang hidup sebagai gelandangan. Feodalisme Jepang juga secara perlahan-lahan digantikan oleh ekonomi pasar , dan menjadikan Jepang sebagai negara yang dipengaruhi negara-negara Barat hingga kini. Berkat kemajuannya, Jepang merupakan Murid bangsa barat yang berhasil menyamai atau bahkan mengalahkan Gurunya.

STORY

Berkisah tentang pembunuh legendari bernama Kenshin Himura yang lebih dikenal sebagai Hitokiri Battousai. 10 Tahun berlalu semenjak Kenshin bertarung untuk faksi Ishin Shishi yang mendukung diakhirinya zaman edo, grup politik pendukung Kaisar dan penentang Shogun. Kenshin sudah bersumpah untuk tidak membunuh siapapun lagi, menanamkan rasa hina dan insyaf pada dirinya dan berprinsip untuk menggunakan pedang dengan tujuan melindungi. Cerita bermula dengan ketika Kenshin bertemu Kaoru di Tokyo, Kaoru sedang disibukan dengan pencarian seorang pria dengan julukan Battousai, awalnya kaouru menuduh kenshin sebagai si battousai namun setelah melihat keluguan Kenshin dan pedang Sakabatou yang diperlihatkannya, Kaoru membatalkan tuduhannya. Sakabato merupakan pedang andalan Kenshin untuk menjaga penebusan dosanya, merupakan Katana dengan mata pedang yang terbalik (sisi tajam ada dibagian dalam, bukan sebaliknya seperti pada katana normal).

Kemudian munculah seorang samurai misterius bernama Jino, bekas pelajar Dojo Kamiya Kashin milik ayah Kaoru yang berniat membalas dendam setelah dibuang oleh sekolahnya. Jino menyamar sebagai Battousai palsu dan mulai membantai puluhan polisi untuk memancing Battousai asli keluar. Ketika Kaouru tengah berjalan dia bertemu dengan Jine dan berniat melawannya, Kaouru yang bukan tandingan Jine dengan mudah dijatuhkan ke tanah. Saat Jine mau menghabisi Kaouru, datanglah Kenshin bak Pahlawan menyelamatkan Kaouru dari tangan Jine. Oleh Kaoru, Kenshin diajak ke Dojo Kamiya Kasshin milik ayahnya, sebuah sekolah beladiri Kenjutsu dengan jurus andalan Kamiya Kasshin-ryū (Gods’ Valley Alive Heart Style) yang udah lama tak memiliki siswa setelah kematian Ayah Kaouru. Di dalam Dojo juga muncul seorang anak yatim bernama Yahiko Myojin aka Yoshi, meski masih anak-anak Yahiko sering mengeluarkan kata-kata kotor sehingga jadi bulan bulanan Kaoru.

gorofujita Gaya pedang Serigala Mibu, Paling ane sering praktekin klo bawa katana palsu ><

Selang beberapa lama, ketengan Dojo diusyik oleh segerombolan preman bayarannya Takeda Kanryuu, berniat untuk mengambil alih Dojo terkenal ini. Kaoru yang seorang diri pun tak mampu menghalau kebringasan para preman hingga lagi-lagi munculah Kenshin Himura yang mampu mengalahkan semua preman tanpa mengeluarkan pedangnya. Warga sekitar Dojo yang khawatir akan keselamatan Kaoru pun memanggil polisi, Kenshin berkata bahwa semua ini tanggung jawabnya sehingga Kenshin dijebloskan ke Penjara. Didalam penjara kita akan perkenalkan dengan kehadiran rival sekaligus sahabat kental kenshin nantinya, Sanosuke Sagara, Mantan anggota Sekiho Army dan sangat mengagumi sang kapten Sagara Sozo. Sanosuke sangat membenci Battousai karena berpihak pada Ishin Shishi yang mengakibatkan musnahnya Sekiho Army. Sanosuke juga sangat membenci pemerintahan Meiji.

Di Penjara, Kenshin dipanggil oleh kepala Polisi Yamagata untuk membantu pihak Kepolisian dalam melawan kejahatan Opium. karena sudah tobat, kenshin pun menolak permintaan ini, kenshin kembali berpegang pada prinsipnya untuk tidak lagi membunuh dengan pedang. Goro Fujia aka Hajime Saito pun mencoba keteguhan prinsip baru kenshin ini dengan mengajaknya berduel, Kenshin pun melawan serangan Goro dengan males malesan, melihat kenshin tak berniat untuk bertarung, Goro menghentikan serangannya. Yamagata kemudia mempersilahkan Kenshin pulang, diluar gerbang Kaoru sudah menanti Kenshin dan mengajaknya tinggal di Dojo. Kenshin awalnya menolak karena menganggap mantan pembunuh seperti dirinya tinggal, kenshin akhirnya mau setelah dibujuk oleh Kaoru.

Di lain pihak, seorang pengusaha kaya bernama Takeda Kanryuu berusaha menguasai Jepang dengan obat-obatan terlarang, Opium. Seorang ahli farmasi wanita bernama Megumi Takani menjadi senjata utama Takeda, tetapi rasa bersalah Megumi akibat opium yang dibuatnya membuat banyak orang sengsara, membuat Megumi memilih kabur dari cengkraman Kanryuu dan akhirnya mendarat di Dojo milik Kaoru. Malam harinya, Kaoru, Kenshin, Yahiko dan Megumi menyantap makam malam di restoran langganan Kaoru. Ditengah menyantap makanan, Kenshin diganggu oleh kehadiran Kanryuu yang mencari orang yang berhasil mengalahkan preman premannya untuk diajak bekerja sama dengan Kanryuu dengan imbalan sejumlah uang. Kenshin terus menolak hingga Sanosuke muncul untuk menantang duel pada Battousai, seketika itu juga publik mengetahui jati diri Kenshin sebagai Battousai. Di luar restoran Kenshin meladeni keinginan Sanosuke. Sano menggunakan senjata andalannya bernama Zanbato, pedang besar maha berat. Tak butuh memakai pedang untuk mengalahkan Sanosuke dan Zanbatonya, setelah pertarungan ala Tom n Jerry kelar, Sano akhirnya menyadari pribadi Battousai yang baru, seorang Kenshin yang tak lagi ingin membunuh. Setelah Zanbato nya mudah dikalahkan Kenshin, Sano memutuskan untuk berfokus ke teknik Unarmed Combat.

Guttlingun Guttling-gun, membuat militer jepang setara Barat

Singkat Cerita, demi melindungi warga Tokyo dari ulah jahat Kanryuu, Megumi memilih untuk kembali ke dalam Rumah Kanryuu yang dijaga ketat. Mengetahui hal ini Kenshin dan Sanosuke berniat untuk membawa kembali Megumi pulang, didepan gerbang Rumah Kanryuu, Kenshin dan Sanosuke sudah dihadang puluhan mantan samurai yang dibayar oleh Kanryuu. Mudah bagi Kenshin dan Sano untuk mengalahkan mereka semua, tinggal menyisakan Takeda Kanryuu seorang yang sudah bersiap dengan senjata barunya Guttling Gun made in USA. Dibantu Goro Fujita, Sano dan Kenshin akhirnya bisa menjinakan kegilan Kanryuu. Disaat yang sama, Jine Udo menculik Kaoru dan membawanya ke reruntuhan kuil ditengah hutan. Maksud menculik Kaoru adalah agar Jiwa Pembunuh Kenshin bangkit kembali, sehingga Jine bisa memenuhi obsesinya bertarung dengan kondisi kenshin saat masih menjadi Battousai.  Dalam pertarungan pertama, kenshin masih saja belum bertarung dengan niat membunuh sehingga membuat Jine jengkel padahal Kenshin sudah terkena tebasan dan tusukan didadanya.

Jine memilikii jurus mata bernama Shin no Ippo yang bisa menghipnotis lawannya, Kaoru  terkena jurus ini sehingga membuatnya tak bisa bernafas. Jine memberi waktu terbatas bagi kenshin untuk membebaskan kaoru dari pengaruh Shin no Ippo dengan cara membunuh user jurusnya atau dari sang terkena jurus sendiri. Dalam pertarungan kedua, Kenshin menjadi sangat marah sehingga jiwa Battousai kenshin bangkit. Dengan jurus andalanya yang legendaris, Hitten Mitsurugi Ryu Jine bisa dikalahkan kenshin. Niat ingin mengabisi Jine dibatalkan setelah Kenshin tersadar dengan teriakan Kaoru yang berhasil bebas dari pengaruh Shin no Ippo. Esok Harinya, Kaoru beranjak dari tempat tidurnya dan menganggap kenshin telah pergi meninggalkan Dojo, dengan perasaan galau Kaour akhirnya menangis tersenyum setelah melihat Kenshin masih di dojonya yang tengah membawa sayuran untuk dimasak..

CONCLUSION

kaorus

Sebuah ending yang indah tetapi belum memuaskan ane, durasi film yang mencapai 2 jam lebih ternyata belum cukup diakhiri begitu saja. Dari endingnya terlihat cerita Kenshin memang masih bisa diteruskan seperti manga nya, berharap memang rumor produksi sekuel Rurouni Kenshin ini tengah digarap sehingga bisa berdiri menjadi Trilogy Kenshin Himura.

Untuk urusan Akting ane acungkan jempol, Takeru sato ternyata mampu membawa peran kenshin dengan sangat baik, ekspresinya saat santai dan marah bisa dibawakan seperti pada manganya. Kemudian akting Cute Emi Takei sebagai kaoru, cewe berwajah manis nan imut ini membuatnya sebagai penggugah selera di sepanjang film. Takei bisa membawakan tokoh Kaoru dengan sangat baik juga, chemistrynya dengan kenshin sudah terpupuk di film ini. Sedangkan pemeran lainnya juga tak kalah cocok dalam memerankan tokohnya masing-masing.

Pada bagian musik juga tak kalah keren, Background music saat adegan pertarungan Kenshin terasa sangat pas, hanya dibagian melow saja BGM nya terasa kurang enak di telinga ane ^^. So, kesimpulan dari movie ini adalah, AWESOME sesuai denga hasil pemutaran filmnya yang mengguncang Jepang. Penantian panjang ini akhirnya tak berbuah sia-sia, tinggal menanti kejelasan tentang ada tidaknya sekualnya, yang semoga saja mengangkat kisah Shishio  saga seperti pada manganya.

Skor : 5/5  Kereeen, wajib dikoleksi.

Iklan

44 thoughts on “Review Rurouni Kenshin Live Action Movie, hasilnya cukup memuaskan..

    • Assalamualaikum wr.wb saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang kuli bangunan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja tidak cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya,karna belakangan ini ibu saya sering sakit sakitan,jadi saya harus membantin tulang buat ibu dan adik saya karna ayah pergi meninggalkan kami 1 tahun yang lalu ,,,,,saya dapat nomor KI JOKO dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi tidak ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang terbukti malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi KI JOKO dan mengikuti 3D nya yaitu 686 dan alhamdulillah ternyata saya berhasil yang ke 5x nya….!!! Kini kehidupan saya jauh lebik sukses daripada kehidupan sebelumnya,semua yang kuimpikan selama ini allhamdulillah semuanya sudah jadi kenyataan ini semua berkat bantuan dari KI JOKO, bagi anda yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan HB KI JOKO di nmr;0823/2519/8858/,nomor ritual KI JOKO memang memiliki ramalan goip yang di jamin 100% kesuksesan,silahkan anda buktikan sendiri kata2 saya,terima kasih???

      Balas
  1. akhirnya di review juga, :hehe ^0^
    aye sih sebenernya awalnya kurang sreg pas sato jadi kenshin, tapi setelah nonton cukup respectlah dengan perjuangannya buat ngblend dengan karakter kenshin (plus latihan fisiknya).
    sano nya bloonnya dapet (tipikal orang pukul dulu baru ngomong) cuma kurang ganteng wkwkwk
    saito kurang tirus mukanya (tapi wajarlah susah nemuin karakter serigala mibu kayak di anime yang intimidatif) tapi aktingnya lumayan, cuma potongan rambutnya kerenan yang di anime
    mungkin tampilan di live actionnya saito ini dicampur antara anime dengan tampilan “tokoh sejarah hajime saito aslinya”
    cuma neng emi yang berhasil memikat hati aye, kawaaaiiii lugu dan imut seger beneeer
    aye malah penasaran sama tomoenya, gak dilatin mukanya sedih…

    yang bersyukur mah ini film pembuatannya diawasi oleh watsuki sensei, jadiny seimbang antara feeel animenya dengan feel realistisnya. dituggulah sekuelnya (penasaran visualisasi karakter sejiuro hiko, sojiro seta dan shisio bakal kayak tampilannya apa dan siapa yang meranin??? apalagi jurus amakeru ryuno hirameki belum keluar di film ini???)

    bad newsnya masih belum ada tanda2 bakal masuk bioskop indonesia.

    Balas
    • hehehe, siiip.
      susah neh film2 jepang bkl diputer di Indo. liat visualisai hajime saito trutama belt sarung pedangnya bkin ngiler, stylis bgt. Emi takei jg pas mbawain kaoru, plng cakep pas doi make kimono pink di restoran. kawaiii bgt..

      Amakakeru klo g slh baru kluar di Sogo Amakusa saga yah.. jurus Koryusen nya Kenshin jg blm nongol neh.

      keknya sekuelny baru nongol musim panas 2014..

      Balas
  2. “Berkat manganya ane jadi jatuh cinta dengan sejarah dan budaya Jepang”,

    kalo saya, berkat katana saya jatuh cinta dengan budaya Jepang.

    Sangat disayangkan, film/manga bikina jepang tapi justru keluar dari kaidah budaya jepang otentik itu sendiri. kenapa saya bilang begitu ? karena penggunaan sakabato dalam film itu. sakabato tidak ada dalam sejarah jepang. tidak mungkin kita membuat sebilah sakabato dengan teknik tempa traditional jepang. lengkungan pedang jepang tidak dibuat dengan ditempa, tapi terjadi saat proses pengerasan (tempering) dimana sisi tajam diolesi lumpur tipis, dan punggung pedang dilapisi lumpur tebal sehingga mata pedang lebih panas saat dibakar. hal ini yang membuat bilah melengkung dengan sisi tajam di luar.

    lagipula dengan sisi tumpul diluar tidak akan mengurangi “efek mematikan” dari pedang itu sendiri. jangankan dari besi, pedang kayu (boken) saja bisa mematikan kalo dipegang seorang petarung (teringat musashi yang menggunakan pedang kayu untuk menghajar Seijuro dan membunuh Ganryu)

    Balas
    • lah, emang rurouni Kenshin fiksi kan? sebuah manga hsil imajinasi Nobuhiro sensei.
      jd soal sakabatou menurut ane mlh bentuk imajinasi luar biasa dari sebuah katana, tp sekarang bnyk kok fans yg bkin pedang sakabatou asli meski hanya sebatas utk “pajangan” :D.
      well bnyk faktor dari kepopuleran Rurouni Kenshin yg membuat ane suka Japan Culture, meski cuma Manga, tp tokoh, setting, pakaian, dll mengambil sejarah jepang asli, dan bisa mengenalkan kebudayaan jepang era meiji dg kisah epik Kenshin.

      jangankan pedang kayu, sumpit pun bisa jadi senjata pembunuh bila digunakan oleh ahlinya

      Balas
      • ya, saya tau kalo kenshin itu cuma fiksi. tapi dia karena banyak nama tokoh, setting dll yang mirip dengan sejarah, banyak yang beranggapan kalo sakabato benar-benar pernah ada dalam sejarah jepang (termasuk dulu saya juga beranggapan begitu). saya justru maklum seandainya itu dibuat pengarang dari negara lain.
        bukan berarti saya membenci kenshin lho, cuma saya sering bingung ketika berkhayal dengan katana palsu juga, kalo sisi tajamnya dibalik seperti sakabato, gimana cara saya menarik dari sarungnya ya ? maklum, sering iseng tebas sana tebas sini dengan “gobang panjang mirip katana” buatan China :mrgreen:

      • hehehe.. slm kenal y bro.

        y sama dg ane dlu bro, awalnya tau y sakabatou it ad dlm sejarah Jepang :D. meski g realistis tp ane salut bgt ama penciptaan Sakabatou oleh nobuhiro sensei, di kisahnya jg cuma Kenshin seorang yg bisa make.
        klo g slh baja, saito pernah ngomng k kenshin klo Sakabatou itu penghinaan bg prajurit Samurai.

        g pengin pnya sakabatou asli mz bro, bwt pajangan 😀

  3. Aku sudah tonton juga, Takeru sato salah satu Aktor favorit saya, aku kenal dia dari KR Den O, Actingnya di Rorouni Kenshi lumayan bagus, apalagi style pedangnya, Takeru sato cocok bangetlah… tapi sayang yang jadi Sanosuke nggak seganteng di animenya…malah nggak ada mirip-miripnya, mungkin sutradaranya lebih ngurusin pemeran utamanya sehingga nggak nemuin actor yang pas buat Sanosuke, moga aja film selanjutnya Tokoh Sanosukenya di ganti actor yang lebih cakep… he..he

    Balas
    • Saran buat Sutradaranya untuk Sanosuke Sagara di ganti saja sama Kimito Totani, cocok banget tuh, mukanya dapet, cakep, ganteng dan matanya bagus (yang jadi Daiki Kaitou as KR Diend di Decade)… ha… ha..Thief always Thief kata Tsukasa

      Balas
  4. Keren banget gan filmnya…ditambah lagi theme songnya ajib…ane nonton berkali-kali juga ga ada bosennya…
    cuma sayang, saat kenshin mau tarung sama sanosuke, pedang boongannya keliatan banget…,coba deh yang udah pernah nonton perhatiin waktu kenshin membetulkan posisi pedangnya,…
    Tapi walaupun keliatan boong, tetap ajib…, keren…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s