ZJMM R12, Kembaran Honda CBR dari negeri Paman Mao

Gambar

All Hands,

Negeri Paman Mao udah identik banget dengan yang namanya copyan, dari benda sederhana sampai teknologi tingkat tinggi seperti UAV Globak Hawk US pun di copy China. Awesome.. Well, kali ini Honda CBR250 punya kembaran lagi, yakni R12 buatan Zhejiang Jiajue Motorcycle Manufacturing (ZJMM) yang khusus di produksi untuk pasar domestik dengan 2 pilihan mesin 125 cc dan 150. Produk Honda emang gak ad habisnya buat dicopas, sampe sekarang jarang banget liat produk larisKawasaki Ninja250 dan KLX kena imbas copas.

Gambar

masmoto.net

Seperti yang terpahat di situs masmoto.net, selain R12 ZJMM juga berniat memproduksi versi naked CBR250 yakni ZJMM N10.  Protes maupun pengaduan tentang perilaku copas mentah-mentah ini tentunya membuat prihatin pihak yang dicopas seperti Honda Motor, namun protes apapun yang dilakukan terhadap Honda terhadap aksi ini tak akan berbuah apapun, karena terbentur juga dengan masalah politik antara Pemerintah Jepang dan China, selain itu Industri Peng-copas-an di China seolah menjadi legal dan dilindungi pemerintah. Saking kuatnya dukungan pemerintah terhadap industri copas China, hampir tak ada satu pihak pun yang berani mengadu. Well, masyarkat china bisa berbahagia karena bisa memiliki produk keren global dengan harga eceran.

Iklan

18 thoughts on “ZJMM R12, Kembaran Honda CBR dari negeri Paman Mao

  1. sama mo bahas nie motor juga bro…pict 2 yg d atas tu. cuman versi sotosop cbr250 org sana… yg R12 china velgx gak sama cbr… knp gak kloning ninja 250 aja ya yg laris tu china kan lebih keren design nya:-)

    Balas
  2. sama mo bahas ini juga bro… Klo Pict yg di atas ke2 nya emang editan sotosop CBR 250 org sana …yg versi china R12 kloningan, velg sama mesin nya beda banget sama CBR250….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s