Perkembangan Teknologi Iran yang maju dan diremehkan

Gambar

Awal Februari lalu, Iran kembali memberikan kejutan bagi dunia internasional khususnya di bidang kedirgantaran. Iran merilis penampakan Qaher-313 (F313), pesawat tempur siluman dengan desain futuristik. Banyak pihak yang kemudian memberikan komentarnya masing2, ada yang meragukan ada juga yang memuji. Kehadiran Qaher-313 juga berhasil menggoncang forum2 militer dunia, pro kontra sudah tentu terjadi tapi yang jelas meski diragukan keaslian, Qaher 313 merupakan wujud nyata kemajuan teknologi Iran dibidang militer.

Bagaimana rasanya kalo kita sudah bersusah payah membuat sesuatu, mobil misalnya namun baru saja dipamerkan sudah ad pihak yang meremehkan hasil karya kita sendiri, kecewa rasa nya? tapi bila kita terus berjuang pantang menyerah, maka suatu saat orang yang meremehkan  akan tersadarkan bahwa kita lebih hebat dari pada mereka. Ilustrasi tadi mungkin sedang dirasakan Iran saat ini, sebagai negara yang tengah di incar dan menjadi target utama superpower AS dan sekutu dengan berbagai sanksi dan embargo malah memuat kemandirian Iran bangkit. Tanpa didukung gembaro gembor media masa dunia, Iran berhasil membangun industri otomotifnya sendiri, membangun sistem transportasi maju, bahkan Iran merupakan satu2nya negara Timur Tengah yang memiliki moda transportasi kereta bawah tanah (subway).

Gambar

Stealth Fighter Qaher 313 (F-313) memiliki ciri desain yang mirip dengan pesawat xperimental Amerika, yakni Boeing the X-36. Spesifikasi mendetail tentang F-313 masih misterius, seperti apa saja persenjataannya, sistem navigasinya, bahan bakar, dsb. Menurut ane sendiri, wujud fisik Qaher-313 memang menyerupai mock-up, seperti sebuah mainan. Ukurannya yang kecil juga membuatnya diragukan banyak pihak. Meski keliatan seperti mainan, tapi bila mainan ini dikemudian hari bisa terbang dan bertempur layaknya benda aslinya sungguh bisa jadi karya indah yang luar biasa bukan.

Gambar

Kemajuan lain teknologi Iran adalah kesuksesan mengirim se ekor monyet ke luar angkasa memakai roket penjelajah Kavoshgar Pishgam dan berhasil mencapai ketinggian yang sudah ditentukan, kemudian kembali ke bumi dengan selamat. Tak berselang lama, Iran kembali merencanakan peluncuran satelit Tolou (Sunrise) dari situs peluncuran satelit yang baru. Iran telah masuk menjadi 5 negara eksklusif yang mampu mengirimkan satelitnya sendiri ke luar angkasa. Iran pertama kali meluncurkan satelitnya sendiri, Omid (harapan) pada tahun 2009 dengan roket yang sama saat ini.

Gambar

Kemampuan Iran lain yang sudah cukup diperhitungkan adalah sebagai UAV hunter, sudah beberapa kali Iran merontokan usaha penyusupan oleh UAV (pesawat nir awak) Amerika dan yang paling mengejutkan, keberhasilan militer IRan menjatuhkan The Beast of Kandahar, RQ-140 Sentinel. UAV canggih yang bentuknya seperti stealth Bomber B-2 Spirit. Selain Sentinel, Iran juga berhasil menjaring UAV Scan Eagle buatan Boeing, Hasil dari penangkapan ini adalah produksi massal UAV tiruan ScanEagle yang diberi nama Sayeh. Kemampuan Iran menyerap dan mempelajari teknologi Amerika benar2 mampu mendorong perkembangan teknologi pertahanannya.

Kini Dunia sedang menunggu penantian, kapan Qaher 313 bisa mengepakan sayapnya terbang tinggi ke angkasa serta menunjukan kemampuannya. Bila F-313 yang cuma seperti mainan tapi udah bkin kejutan bagi Barat, gimana klo itu ternyata asli?? lebih heboh lagi pastinya..Disinyalir dalam menghadapi Barat, Iran lebih menonjolkan kemampuan Softskillnya, termasuk dnegan memamerkan alutsista baru yang masih belum diuji kebenarnnya tapi memiliki efek kejutan yang cukup mengangkat daya tahan Iran :-D.. strategi low cost high impact..

Iklan

36 thoughts on “Perkembangan Teknologi Iran yang maju dan diremehkan

    • Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat berterimakasih banyak kepada (PAK MANDALA ) atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib yang diberikan BAPAK alhamdulillah BENAR2 berhasil..karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan semua utang2 saya sudah pada lunas semua,,! jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi PAK MANDALA di (0_8_2_3_4_8_9_8_5_7_1_4) ini lah kisah nyata dari saya

      Balas
  1. power of kepepet, iya sih sekilas kayak mockup, tapi keren tuh uav hunternya bisa buat counter uav nya US yang trayeknya pakistan-iraq-iran. (masuk rumah orang kok gak permisi)
    ironisnya pangkalan uAV US nya di arab hadeeeh capede

    Balas
    • itulah bro, US udah frustasi lawan Iran, sgla upaya militernya gagal terus mlh bkin malu sndiri..
      mknya US make tangan negara2 Arab sekutu US spt Turki n Qatar buat ngelmahin kekuatan Iran dg cara nyerang sekutunya (Suriah=gagal, Irak=dlm proses),

      Balas
    • AS HANYA MENGANDALKAN KECANGGIHAN PERALATANNYA,DALAM MENGHADAPI PEPERANGAN TPI SESUNGGUHNYA AS HANYA LAH TENTARA CUPU DAN TDK MEMILIKI KEMAMPUAN DAN SKIL INDIVIDU DARI TENTARANYA BERADA JAUH DI BAWAH STANDAR RATA2. ITULAH SEBABNYA MEREKA BERALIANSI DENGAN BANYAK NEGARA DI DUNIA UNTUK MENUTUPI KELEMAHANNYA ITU.

      Balas
  2. lho bukannya indo udah bikin stelth figter kolaborasi sama korea
    dan uav sudah dites sama batan
    tinggal kapan tuh stealth figter di pamerkan aja,lah wong china aja bisa mencloning sukhoi su37 ,masak orang indo yg jago otak2 ga bisa
    semagat terus biar bangsa kita terus berkarya

    Balas
  3. iran emang negara pintar dari jaman dahulu… dikenal sebagai persia… negara superpower jaman dahulu bersama mesir yang terkenal lewat matematika, ilmu kedokteran dan ilmu astronominya…

    Balas
  4. Secara teori strategi, sebagai kekuatan penantang, Republik Islam Iran bisa diprediksi akan menjadi penantang sesungguhnya thp USA. mulai dari strategi, visi misi, birokrasi, skill sdm, style dan share value sangat Unik Untuk menjadi kekuatan besar. Coba perhatikan mulai dari nama negara, makna dari lagu kebangsaan, lambang negara, bendera, pemimpin yg ulama dan dominan keturunan nabi muhammad saw. Lembaga science dunia mengakui kecepatan kemajuan science Iran walaupun tetap religius.

    Balas
    • yup, tetap menjadi diri sendiri dtengah tekanan kuat. perkembangan Iptek iran agak mirip dengan Jepang, meski modernisasi besar2an tapi budayanya tetap terjaga.

      Balas
  5. NEGARA2 YG BERALIANSI DENGAN AS HANYA DI JADIKAN ALAT UNTUK SETIAP KEPENTINGAN AS BELAKA.AS MEMANFAATKAN SEKUTUNYA UNTUK MENYERANG MUSUH AS SEHINGGA AS TDK PERLU REPOT UNTUK MENGHANCURKAN MUSUHNYA SENDIRIAN DAN RESIKO KERUGIANNYA AKAN LEBIH KECIL

    Balas
  6. Pemimpin Indonesia yg mirip karakternya dengan Presiden Iran adalah Dahlan Iskan, sederhana dan mengakomodasi kemampuan2 anak negeri, juga taktis dalam pengambilan keputusan sayang aja aku masih meragukan pertahanannya dari orang2 sekitar.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s