Mengenal SBX-1, Kapal Radar paling unik di Dunia

Gambar

All hands,

Ketika membaca berita terkait ekskalasi ketegangan di semenanjung Korea dimana Amerika Serikat mengirimkan Kapal Perang dan pesawat Siluman nya, sejurus kemudian perhatian tertuju pada benda berbentuk unik milik militer AS yang juga dikerahkan bersamaan armada laut lainnya. Benda tersebut ternyata bernama Sea-Based X-Band Radar (SBX), sebuah stasiun radar raksasa dengan bentuk unik, bergerak diatas lautan namun sedikitpun tidak memiliki  desain sebuah kapal konvensional, SBX lebih tepat seperti jembatan ponton berjalan. Harusnya diakui ane cukup telat untuk mengetahui alutsista atas air milik AS ini, coba konflik semenjang korea tak memanas, kabar penampakan SBX bakal tak terlalu di expose media.

Ok, guna menghilangkan rasa penasaran terhadap kapal radar SBX ane menyempatkan diri tuk membuat artikel pengenalan Kapal radar ini. Seperti disebutkan diawal paragraf, Sea-Based X-Band Radar (SBX) 1 adalah Stasiun radar di atas air, memiliki kubah radar raksasa yang menyerupai balon udara. Dirancang untuk mendeteksi adanya serangan Misil balistik (ICBM) dengan bentang jangkauan hampir separuh Bumi, bisa dipartikan SBX -1 mampu mengetahui serta melacak dimana letak peluncuran peluru kendali (balistic missiles) sesaat setelah diluncurkan, sehingga memiliki waktu untu mencegah perjalanan misil sebelum mengenai targetnya serta memberikan informasi bagi tim penyerang untuk menghancurkan situs atau stasiun peluncuran misil.

Gambar

SBX -1 memiliki spesifikasi antara lain, panjang badan 116 meter, tinggi dari bawah sampai ujung kubah radar (radar dome) 85 meter, berat mencapat 50.000 ton, dan kru sekitar 70 an orang. Kecepatan maksimal 8 knot, dibekali 3.6-megawatt generators (12-cylinder Caterpillar diesels) guna menghidupi berbagai perlengkapan elektronik termasuk radar yang paling banyak memakan energi. SBX-1 juga dirancang bisa beroperasi menghadapi angin kencang dan melintasi lautan dalam.

Radar pemindai Elektronik atau AESA (active electronically scanned array) milik SBX 1 berasal dari radar yang digunakan dalam sistem tempur Aegis,  bagian dari ballistic missile defense (BMDS) Program balistik berlapis milik Badan Pertahanan Rudal Amerika atau United States Missile Defense Agency (MDA). Salah satu perbedaan penting dari Aegis adalah penggunaan X band milik SBX adalah Aegis menggunakan S Band, dan Patriot dengan memakai  C band berfrekuensi tinggi. Pita frekuensi milik X jauh lebih tinggi lagi, sehingga panjang gelombang lebih pendek sehinggia memungkinkan memakai resolusi yang lebih baik untuk melacang suatu benda. Radar ini dirancang dan dikembangkan oleh Raytheon Integrated Defense Systems atas pesanan Boeing sebagai kontraktor utama pada proyek untuk MDA ini. Kabarnya,  radar SBX 1 juga mampu untuk melacak objek seukuran bisbol mencakup San Francisco di California sampai Chesapeake Bay di Virginia, sekitar 4.700 km jauhnya. Luar biasa !

SBX digunakan pertama kali tahun 2006, berpangkalan di Pearl Harbour Hawaii dan sejak tahun 2006 sudah beberapa kali mengalami perbaikan. Sebelum ditugaskan ke lautan pasifik guna memantau pergerakan militer dan misil balistik korea Utara, SBX 1 berlabuh di pulau Adak Alaska. Kabarnya lagi, telah hadir lagi SBX -2 yang sudah diluncurkan tahun 2011 lalu dengan teknologi yang lebih baik dari saudara tua nya. Kehadiran SBX membuat kekuatan Armada 7 Amerika di pasifik semakin tak tertandingi, China sendiri yang dikabarkan sebagai kekuatan seimbang AS di pasifik masih dalam uapaya mengejar ketertinggalan teknologinya dengan Amerika. Well, sungguh luar biasa klo Indonesia juga memiliki alutsista macam ini, segala pelanggaran kedaulatan bisa terdeteksi sehingga membuat para tetangga segan untuk bermain-main dengan teritori nusantara.

Iklan

15 thoughts on “Mengenal SBX-1, Kapal Radar paling unik di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s