Masalah sepele dengan solusi besar

HENSHIN

Sering kita nemuin masalah ketika beraktivitas sehari-hari, ad yg besar, sedang sampe kecil banget. Dari berbagai masalah yg timbul tak jarang pula diselesaikan dengan cara yang keliru, bermaksyd untuk segera mengakhiri malah smakin memanjangkan masalah hingga buram tak berujung. Yah, semua orang tau kejadian seperti susah wajar terjadi, masalah tak selalu bisa dselesaikan dengan cepat n tepat.


Meski begitu, paling tidak beberapa kasus yang barusan ane alami bisa mencegah untuk berbuat kekeliruan lagi dalam menangani masalah. Bulan ini ane dihadapkan pada 2 masalah seputar printer, satu printer ink jet dan satu nya dot metrix. Terlepas dari pengetahuan soal printer yang dimiliki terkadang sifat atau karakter sesorang dalam menghadapI masalah ikut juga berpengaruh. Printer ink jet ane mengalami gangguan tak bisa mencetak dengan status ink absorber full ,solusi yang muncul langsung kepikiran buat ganti katrid padahal setelah bertapa bersama mbah google ternyata solusinya sangat sederhana, reset dengan menekan sejumlah tombol di panel. Masalah pertama selesai.

Kejadian selanjutnya cukup memilukan, printer Dot Metrix Epson kantor tiba2 ngeprint AsCii ga jelas. Biasanya problem ini biasa diatasi dengan meng turn Off kan printer beberapa kali, tapi kali ini tidak. Kasus muncul setengah jam sebelum jam bubar kerja, diluar kantor segerombolan storm trooper sudah tak sabar menanti Surat Tugas ini. Printer normal namun hasil cetakan selalu miring, set ulang print page tak membuahkan hasil, restart komputer gagal juga. Kembali berguru pada Paman Google (haduuh kok jd smkin tergantung gini), hasilnya Paman Gogle nyerah. Mencoba istahat danrelax sejenak sembali duduk tenang mencari solusi, jarum jam bergerak menuju 10 menit menjelang jam tutup kerja. Rasa tenang yang biasa melindungi lambat laun hilang, sebagai seorang lulusan IT rada malu juga klo gagal mengatasi soal “sepele” ini. Partner kerja sudah menyarankan agar ditindak lanjuti esok hari kemudian. Paginya kasus dihandle temen ane, hasilnya juga masih belum positif. Temen ane kemudian dapet ide yang belum ane pikirkan sebelumnya, akhirnya printer bisa mencetak normal lagi. Solusinya ternya meng up date software PDF ke versi baru. Simple bgt kan..

So biar makin berkembang menuju seorang problem solver, berikut tips2 nya agar sukses menemukan solusi tepat ketika dihadapkan pada masalah baik besar atau kecil :

  • Mendefinisikan masalah dengan jelas. Suatu masalah didefinisikan dengan jelas adalah setengah masalah diselesaikan.
  • Keluarkan semua solusi yang ada
  • Segera Pilih Solusi yang dianggap paling tepat.  keputusan apapun selalu lebih baik daripada tidak ada keputusan sama sekali!
  • Segera Bertindak.

Rasa Percaya Diri dan Sikap Tenang merupakan senjata dasar untuk sukses  mengatasi setiap masalah.

Iklan

6 thoughts on “Masalah sepele dengan solusi besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s