Kenapa harus lewat Singapura?

Gp400

Ada berita yang sungguh bikin tangan geleng2 sendiri, Negara Kecil Singapura lagi2 menunjukan keperkasaannya dihadapan negara sebesar Republik Indonesia. Seperti diberitakan dalam media Detik.com berjudul “Wamendang: Kita Terpaksa Jual Barang Ekspor Lewat Singapura” lagi2 Pemerintah Indonesia harus tunduk pada mekanisme yang dibuat dan diatur dengan cerdik bin licik oleh Singapura. Negara kecil ini berhasil menyedot kekayaan yang luar biasa dari Indonesia termasuk pelarian dana hasil korupsi.

“Untuk itu Kementerian Perdagangan berusaha bekerjasama langsung dengan negara-negara tujuan barang-barang ekspor Indonesia. “Kita sedang mengupayakan bisa betul-betul bekerjasama dibidang perdagangan langsung dengan negara tujuan bukan lewat Singapura”

Semoga apa yang diucapkan oleh Wamendag diatas bisa terlaksana dengan baik, lawan dan hancurkan ‘aturan’ yang merugikan dan menghalangi kita untuk mendapakan keuntungan eknomi. Klo bisa berdagang secara langsung buat apa pake pihak ketiga apalagi jika penjualan secara langsung itu terbukti lebih menguntungkan. Mungkin sebagian dari kita pernah membaca berita tentang Singapura yang sukses menjual produk2 alam seperti Kayu, Batubara, dll padahal kita tau sendiri klo Singapura itu miskin sumber daya alam, bagaimana mereka bisa menjual Kayu yang notabene berasal dari Kalimantan dan Irian? Singapura Sukses menjadi Makelar, Broker, Penadah produk2 unggulan Indonesia kemudian mengemas dengan label Singapura dengan harga lebih mahal. So, Bagi Singapura Indonesia adalah Harta terbesar mereka, bagaimana jadinya klo Indonesia menutup pintu dan jendela bagi Singapura? Membuat pelabuhan internasional tandingan di Sabang, Kolaps pastinya.

Klo ada Politcal Will yang benar dari Pemerintah dan para pejabatnya, Indonesia pasti yakin dan optimis menemukan jalan keluar untuk lepas dari cengkraman Singapura, disisi lain kita juga perlu mencontoh Singapura yang sukses memajukan perekonomiannya sebagai pusat jasa dan perdagangan serta bagaimana Singapura menjaga mutu SDA nya melalui pendidikan yang maju.

Iklan

11 thoughts on “Kenapa harus lewat Singapura?

  1. Memang sulit dipercaya, Ini sudah lama terjadi. Pers sy pun supply pulp (bhn baku kertas) dr singapura. Pmrintah juga sudah tau, kalau skr muncul lagi ke permukaan, itu sekedar cuap2 belaka.
    Kalaupun ada 1 pihak yg mau berubah, pihak yg lain blm tentu mau bekerja sama. Terlalu banyak kepentingan dari masing2 pejabat terkait. Kita adalah bangsa yg tidak bisa bersatu, baik dulu maupun sekarang.

    Balas
  2. ngga heran broo,, di kalangan pengusahawan maaf agak berbau “rasa” sedikit ,, (baca dibalik) hal lumrah klo nyatanya ibu kota Indonesia itu sebenarnya singapura, jkt seperti hanya ibukota boneka,, lah, pemimpin2 perusahaan besar nyatanya dari orang sana kok,, heran yaaah

    Balas
    • yah, ane jg paham itu bro.. ironis emg.
      orang2 kaya di Indo jg lbh suka ngehabisin duit disana. Kantornya di singapur, kerjany disni.

      smg bs lekas dibenahi..

      Balas
  3. tergantung instansi pemerintah’a kali ya mas bro, kalo ada ketegasan dari kita untuk menolak bisa aja kenapa harus takut???
    abis di Indonesia’a sendiri juga selalu di bikin ribet semua borokrasi’a bikin njlimet mumet, semua serba di persulit dalam berbagai bidang,,,
    bikin esmosi jiwa 😀
    😛

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s