5 Motor Trendsetter yang mempengaruhi peta persaingan roda2

Kehadirannya tak hanya meramaikan pasar roda dua tanah air, melainkan juga membawa angin perubahan, membawa hal baru melainkan turut memberikan inspirasi bagi Pabrikan lain. Terkadang sebuah pabrikan membutuhkan riset dan waktu pengembangan yang cukup menguras kantong dan waktu untuk menelurkan sebuah produk yang nantinya benar2 bisa diterima pasar alias laris manis, ketika pabrikan ini dengan produk baru hasil pengembangan tadi diluncurkan kepasar dengan rasa optimism tinggi plus  segala macam resiko yang ada ternyata menghasilkan kesuksesan luar biasa, dalam sekejap produk tadi booming dipasaran. Tentu saja keberhasilan suatu pabrikan dengan produknya membuat gerah pabrikan lain, dan tak ingin ketinggalan pula untuk menelurkan produk sejenis. Sebuah hal lumrah dalam persaingan industry otomotif untuk melakukan tindakan contek mencontek, contek yang bagus dari sebuah produk lawan yang laris terutama teknologi dan modelnya trus minimalisir kekurangannya dengan fitur menarik. Namun bagi pelaku industry otomotif tetap harus menempuh riset dan studi yang mendalam sehingga tak dianggap melakukan plagiat namun melakukan inovasi baru dengan inspirasi yang diberikan produk lawan.

Berikut 5 motor yang menurut pengamatan dan opini ane pribadi pantas disebut sebagai pelopor atau trendsetter bagi pabrikan lain untuk segera berbenah dan menghidupkan persaingan yang semakin menarik :

1.       Honda Supra

Supra

Muncul di decade 90-an akhir dan awal 2000 an, Honda Supra meneruskan kesuksesan Honda Grand 4 tak. Disaat yang bersamaan, pasar roda dua tanah air diinvasi secara massif oleh produk2 klonengan China. Desain Honda Supra pun menjadi salah satu model yang paling banyak jiplakannya, pada tahun ini jalanan dihiasi dengan pemandangan Honda Supra yang  berseliweran berbarengan dengan motor hasil klonenganya. Menjadi Primadona bebek diawal 2000, Supra kemudian menginspirasi pabrikan competitor untur merilis motor pesaing seperti Suzuki Shogun dan Yamaha Vega. Saking larisnya kemudian bertelur varian Supra X, Supra Fit dan yang terbaru saat ini Supra X 125.

 2.       Yamaha Jupiter

Jupiter

Kurang cukup mengandalkan Vega untuk menundukan supremasi Supra, Pada 2001 Yamaha merilis bebek dengan desain lumayan futuristic, The Best Bebek at the time. Asli saat itu penampakan Jupiter bikin ane ngiler banget, desainnya tampil beda disbanding desain bebek yang ada saat itu. Tak butuh waktu lama bagi Jupiter tuk mengekor penjualan Supra dan meraih hasil cuku bagus sehingga diteruskan ke varian Jupiter Z, Jupiter Z burhan, New Jupiter Z dan yang terbaru Z1. Hingga beberapa tahun, Honda Supra dan Jupiter sukses menguasai tahta penjualan bebek sebelum pangsa pasarnya digerus oleh kehadiran Skutik.

 3.       Yamaha Mio

MIO

Mengambil nama seorang gadis Jepang, Yamaha mengembarkasi Skutik Mio ke pasar pada 2008 guna mengcover penjualan kakaknya, Yamaha Nouvo yang masih belum sukses diterima pasar. Setelah Yamaha berhenti memproduksi Nouvo, Tenaga dan Konsentrasi dialihkan ke Yamaha Mio. Saat itu bisa jadi Yamaha tengah melakukan gambling kedua dengan melakukan terobosan menjual skutik ditengah pasar yang masih dikuasai bebek. Hasilnya sungguh luar biasa, mungkin diluar dugaan Yamaha Mio Booming sukses diterima pasar. Selain itu segmentasi Mio yang awalnya untuk kaum Hawa ternyata mampu menarik juga pengendara kaum Adam, bahkan mungkin juga saat itu pemakainya lebih banyak laki-laki. Bentuknya yang mungil dan nyaman dikendarai membuatnya menjadi jagoan baru di pasar roda 2, berkat kehadirannya kini lapak bebek turun drastic dan membuka era skutik di tanah air.

 4.       Yamaha Vixion

Vixion

Bukan Yamaha RX King, Bukan Pula Honda Tiger yang melegenda tetapi kemunculan sosok Sport Yamaha membuat peta pertempuran motor laki berubah drastis. Yamaha Vixion atau prototype nya lebih dikenal sebagai Yamaha Viper mulai ditebar ke pasar pada tahun 2007. Saat itu kekuasaan Motor laki di dominasi oleh duo Honda Megapro dan Honda Tiger. Kemunculannya seolah bagaikan oase ditengah gurun, bagai bidadari kepleset dari langit, Semua berkat desainnya yang menawarkan aura lain, aura sporty bin futuristic. Ketika pertama melihatnya, tak kuasa mata ane terus menerawanginya, edaan keren banget. Paling suka dengan desain tanki nya yang sporty banget, terkesan masih satu keturunan dengan gen R series Superbike nya Yamaha, chasisnya memakai Deltabox bak motorbalap plus mesinnya sudah menganut sistem Injeksi. Inilah terobosan Yamaha yang paling fenomenal karena produk competitor masih setia dengan model lawas membulat, tangki dan chasis jadul. Brandol harganya juga sangat menggiurkan, perlahan tapi pasti populasi Yamaha Vixion terus mewabah hingga puncaknya pada tahun 2009-2011. Virus Vixion akhirnya mengkontaminasi pabrikan lain untuk melepas motor tandingan, namun sayangnya hingga kini Vixion masih terus memegang tahtanya sebagai raja sport.

 5.       Kawasaki Ninja 250

Ninja

Sama seperti Yamaha, Kawasaksi juga sepertinya melakukan gambling ketika menelurkan sport fairing Ninja 250. Tak diduga pula, ternyata pasar meresponnya dengan sangat antusias, secara tak langsung Kawasaki sukses membuka area baru penjualan roda 2 ditanah air, kelas 250cc. Bisa jadi Kawasaki Ninja 250 merupakan sport 250 cc 4 tak 2 silinder pertama yang hadir di Indonesia. Kesuksesan Ninja 250 akhirnya mengilhami pabrikan lain untuk membuat produk tandingan sekaligus mencoba membuka pangsa pasar baru. Selain kelas 250cc, Kawasaki mencoba melebarkan sayapnya dan memfokuskan produknya ke segmen premium dengan menghadirkan Kawasaki ER6n,650, KLX250 dan Versys. 3 Tahun lebih meraup hasil yang memuaskan, Ninja250 akhirnya diperbarui dengan menghadirkan varian terbarunya Ninja250Fi Full Fairing dan tandemnya Ninja250z. Kawasaki Ninja yang lebih unggul dalam beberapa hal dan sudah menjadi motor primadona membuatnya tetap memegang podium satu untuk kelas sport premium.

Iklan

15 thoughts on “5 Motor Trendsetter yang mempengaruhi peta persaingan roda2

  1. Sebelum ada mio cs, awal tahun 2000an saya make kymco….orang pada nyela bentuknya, ngk bgt katanya….motor kok matic kata orang….ehhhhh sekarang motor matic laku bgt….dan parahnya ada pabrikan ngaku ngaku pelopor motor matic pertama di indonesia PARAHHHHH

    Balas
    • iy tuh mz bro, nasib baik berpihak k Mio.. 😀

      klo menurut ane kymco lbh k mslh branding bro, timingny brng pas booming mocin yg kacau itu.

      Balas
  2. Diantara banyaknya saingan pabrikan sepeda motor injeksi irit yang ada di Indonesia, produk dari Honda bisa dikatakan menawarkan harga pada range yang terbaik dan terjangkau semua segmen pasar. Hasilnya, Honda telah berhasil menjual jutaan unit sepeda motor injeksi irit hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Alhasil, konsumen semakin tertarik untuk memiliki sepeda motor injeksi semacam ini karena selain irit bahan bakar, sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda. Saat ini Honda merupakan pabrikan sepeda motor yang paling unggul di antara banyaknya pabrikan sepeda motor yang tersebar di Indonesia. Jadi, jika Anda cukup tertarik untuk menggunakan sepeda motor injeksi, atau disebut juga sebagai sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem fuel injection, Anda dapat memilih salah satu sepeda motor injeksi irit terbaik yang diproduksi cuma oleh Honda.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s