Kendaraan Perang Amfibi ‘Terbaik’ di dunia saat ini

Gambar

Kendaraan tempur amfibi atau Amphibious Combat Vehicle (ACV) sepertinya sudah melekat dalam diri pasukan marinir, sebagai salah satu alutsista utama Marinir keberadaan ACV memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan suatu operasi amfibi. Marinir sebagai pengguna utama wajib memiliki ACV handal sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia. Semenjak Perang Dunia sudah banyak rekam jejak sejarah menyangkut sepak terjang kendaraan amfibi diberbagai medan perang, hingga saat ini ACV termasuk alutsisa yang paling lambat perkembangannya, desain nya rata2 masih belum beregenarasi ke dalam desain yang benar2 baru.

Mengikuti perkembangan zaman dimana doktrin dan strategi perang dunia mengalami perubahan pasca memasuki abad 21 ternyata tak membuat peran kendaraan amfibi terpinggir kan, justru ACV tetap menjadi alutsista penting bagi marinir sehingga sangat sulit untuk tidak memakai ACV dalam pertempuran konvensional. Negara produsen kendaraan amfibi ternama seperti Amerika dan Rusia terus melakukan inovasi dan pembaharuan produk ACV mereka meskipun berita pengembangannya sak sebombastis alutsista lain. Berikut Beberapa Kendaraan Amfibi yang termasuk terbaik sampai saat ini :

Expeditionary Fighting Vehicle (EFC)/ Advanced Amphibious Assault Vehicle (AAAV)

Gambar

Dibuat oleh General Dynamics untuk memenuhi pesanan US Marine Corps sebagai pengganti kendaraan amfibi incumbent Landing Vehicle, Tracked, Personnel-7 (LVTP-7) yang sudah dipakai Marinir Amrik sejak 1972. Sebagai kendaraan amfibi masa depan EFC dirancang untuk mampu melawan terjangan ombak setinggi 1 meter dengan kecepatan 8 knot, badai ombak setinggi 3 meter, bisa menghindari hadangan ranjau laut, juga harus lebih gesit dari M1A2 Abrams. Tahun 2011, Proyek EFC di batalkan karena dinilai terlalu mahal. Senasib dengan F22 neh.

BTR-82AM

Gambar

Belum lama ini Rusia telah menguji kendaraan angkut amfibi BTR-82AM di pangkalan Armada Laut Hitam, Sevastopol, Ukraina. BTR-82AM bakal menggantikan BTR-80, yang diproduksi sejak 1986. Dibekali mesin yang lebih perkasa daripada seniornya, BTR-80. Rusia merupakan negara exportir kendaraan tempur amfibi yang sudah di gunakan oleh banyak negara, varian tempurnya adalah BMP (Boevaya Mashina Pehoty -Infantry Combat Vehicle)-3 F (versi Amfibi).

ZTD-05

Gambar

Dirancang oleh TULA KBP berdasarkan kendaraan amfibi Rusia, BMP-03, kabarnya kendaraan amfibi militer buatan Cina ini bisa melaju hingga 45 km per jam di air dan 65 km per jam di darat. Kendaraan amfibi ZTD-05 bisa mengangkut empat prajurit. Dirancang sejak tahun 2000 dan memasuki masa produksi pada tahun 2006. Layaknya kembaran BMP rusia, ZTD juga memiliki varian Infantry Fighting Vehicle (IFV) untuk Angkatan darat, yakni ZBD-97.

BVS-10 VIKING MARK II

Gambar

Kendaraan amfibi segala medan ini dibuat oleh anak perusahaan BAE Systems, yakni BAE Systems Land Systems Hagglunds of Sweden. Militer Inggris dan Prancis sudah memesan versi terbaru dari keluarga BVS- 10. Kendaraan ini mampu mengangkut 12 prajurit plus pengemudi (empat di bagian depan dan delapan prajurit di bagian belakang).

Iklan

7 thoughts on “Kendaraan Perang Amfibi ‘Terbaik’ di dunia saat ini

  1. itu belum ada apa apanya dibandingkan sama tank indonesia, tank mereka bisa ngampung di air, kalo tank kita bisa nyelam di air, tapi gak bisa ke darat lagi, alias tenggelam :mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s