Sawang Sinawang…

Gambar

Minna san,

Sawang sinawang merupakan salah satu istilah bahasa jawa yang secara harafiah berarti saling memandang terhadap orang lain dan diri sendiri. Dalam kehidupan ,kita tentunya sering menganggap rumput tetangga lebih hijau, atau rumut negara lain lebih hijau. Padalah klo dicermati dan dipahami lebih dalam, hasilnya rumput kita sendiri malah tampak lebih hijau ,ini terjadi karena kita sendiri sangat jarang atau malas untuk memandangi rumput sendiri. Sewaktu kecil saya sering menganggap bahwa Bule2 itu semua orang kaya dan pintar, setelah dewasa anggapan itu sirna, faktanya image semua bule itu kaya dan pintar hanyalah omong kosong. Jaman dlu diciptakan cara pandang seperti ini agar mental Inlander bangsa merasa lebih inferior ketimbang para outlander (penjajah).

Contoh lain nya dalam penerapan istilah Sawang Sinawang adalah ketika saya lagi2 masih kecil, saya menganggap orang yang memiliki mobil adalah orang kaya dan makmur, kenyataannya tak semuanya demikian. Mungkin banyak pemiliki mobil mewah didalam pikirannya dipusingkan dengan beban cicilan mobil nya, atau mobil mewah tersebut hanyalah benda pinjaman. Kemudian terkadang kita menganggap sesorang itu jahat, padahal sebenarnya hatinya baik, maka kita sendiri perlu juga mengintropeksi diri sendiri apakah kita sendiri juga termasuk orang jahat atau tidak. Semua Kehidupan manusia itu sama, hanya cara hidupnya yang berbeda. Ada yang sakit, ada yang sehat, ada yang beruntung ada yang tidak ,itu semua pastinya dialami oleh manusia.

Dahulu saya menganggap negara2 eropa , Jepang dan Amerika serikat itu sebagai negara yang sangat hebat, rakyatnya kaya, makmur, pintar2, dsb. Ada benarnya, namun banyak juga tidak benarnya. Semua negara didunia intinya sama saja, pengangguran, orang miskin, kaya ditiap negara pasti ada, baik negara maju maupun bukan. Rakyat Indonesia harusnya lebih bersyukur negeri ini dilmpahi begitu banyak kekayaan alam, tingkat kebahagiaannya salah satu yang terbaik di dunia, dsb. Buktinya barang apa aj yang dijual diIndonesia mau mahal atau ngga pasti laku, kita lihat sekarang bangsa Eropa barat dan amerika tengah dilanda krisis ekonomi, jantung ekonomi dunia sekarang berpihak pada bangsa Asia. At least, Mari Sawang Sinawang, semua orang atau negara punya masalah dan cobaannya masing2, suatu saat berada diposisi jaya dan suatu saat lagi berada diposisi terpuruk. Tetap bersyukur dan do the best..

Iklan

15 thoughts on “Sawang Sinawang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s