mengenal Pesawat Kepresidenan Indonesia, The Indonesian Air Force One

Gambar

Selama ini, perjalanan melintasi langit Presiden Indonesia selalu memakai pesawat sewaan milik Garuda Indonesia Airways, Keinginan Presiden SBY untuk memiliki pesawat khusus presiden seperti Amerika Serikat dengan Air Force One sebentar lagi bakal Terwujud di Bulan Agustus nanti ketika pesawat ini direncanakan tiba di tanah air. Pesawat yang jadi pilihan Presiden bukanlah sembarang pesawat, pak SBY memilih Boeing 737-800 Versi Boeing Business Jet 2 (BBJ 2) dengan harga yang sudah pasti super mahal.

Gambar

Boeing memanfaatkan varian pesawat terlarisnya yakni 737-700 dan 737-800 sebagai basic pengembangan untuk versi khusus Boeing Business Jet 1 (BBJ-1) dan Boeing Business Jet 2 (BBJ-2). Layaknya pesawat2 masa kini, BBJ1 dan BBJ2 memiliki fitur sayap vertikal di kedua ujung sayapnya yang berguna untuk menghemat bahan bakar. Beberapa Keunggulan BBJ antara lain :

  • BBJ  memiliki tangga sendiri sehingga, jika mendarat di bandara kecil yang tidak memiliki garbarata atau mobil tangga, tidak perlu repot.
  • BBJ memiliki tangki bahan bakar tambahan. Tangki itu memungkinkan perjalanan dari Jakarta ke negara-negara Eropa tidak perlu singgah untuk mengisi bahan bakar.
  • Karena dirancang khusus untuk pesawat VIP, kapasitas BBJ hanya muat untuk 25-50 Orang saja, memiliki interior bak hotel, ruang rapat dan kamar tidur.

Sebenarnya Boeing tak memproduksi secara resmi Pesawat BBJ melainkan hanya diproduksi bila ada yang khusus memesannya, Selain pihak swasta Boeing Business Jet juga dipakai oleh sejumlah pemerintah di dunia yakni : Australia (2), Belarus (1), Kolumbia (1), India (3), Kazakhstan (1), Kuwait (2) ,madagaskar (1), Malaysia (1), Nigeria (1), Afrika Selatan (1), Tunisia (1), UEA (6), dan Maroko (2).

Iklan

14 thoughts on “mengenal Pesawat Kepresidenan Indonesia, The Indonesian Air Force One

  1. mewah buanget fasilitas dan desain interiornya, pantas dihargai sangat mahal, anda biaya seperti ini bisa digunakan untuk lebih mensejahterakan rakyat, tentunya kita akan lebih bangga pada presiden kita ini

    Balas
    • yg bkl menikmati Presiden pasca SBY bro, mlh kasian bwt Pak SBY, dia yg ngajuin tp yg menikmati Presiden penerusnya. smg aj Presiden mendatang stlh diberi fasilitas pesawat mewah, kinerjanya bkl lebih joss

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s