The Garden of Words (Kotonoha no Niwa), karya terbaru sang maestro Makoto Shinkai

Garden1

All hands,

Seperti biasa, Amazing, Indah dipandang, menawan, super realistis pokoknya sangat IMBA banget, siapapun yang menontonnya pasti bakal terperangah. Makoto Shinkai, sang Animator super jenius yang karya agungnya 5 CM per Second sudah pernah ane ulas di sini, pada 31 Mei 2013 lalu kembali hadir membawa karya terbarunya berjudul The Garden of Words (Kotonoha no Niwa) masih dengan genre drama percintaan. Saking antusiasnya ane langsung hunting nyari downloadannya, hmm ternyata masih sulit ,untungnya salah seorang teman udah memilikinya, so tanpa babibu ane langsung menontonya sembari membawa expetasi tinggi terhadap Garden of Words.

The STORY

garden2

HUJAN, lebih tepat sebagai tema utama di cerita ini, karena hampir sepanjang durasi film selalu dihiasai oleh turunnya Hujan. The Garden of Words berkisah tentang seorang anak SMA berumur 15 tahun yang hidup sendiri bersama kakaknya, terlatih sebagai anak yang mandiri dan memiliki hobi membuat sepatu. Setiap Hujan tiba, cowo SMA ini selalu duduk di gazebo taman kota sambil merancang sebuah sepatu. Selain cowo ini, ternyata ada wanita kantoran yang juga suka duduk di gazebo saat hujan sambil minum bear dan coklat. Lama2 pertemuan gak sengaja ini mengarah pada hubungan yang lebih serius, sang cowok SMA menyukai si wanita yang ternyata adalah seorang Guru di SMA nya yang tengah mengalami masalah. Tipikal Makoto Shinkai, endingnya memaksa para penonton untuk berimprovisasi sendiri tentang kelanjutan hubungan sang cowo SMA dengan Wanita tersebut.

The Art

Geleng2, pokoknya.. dari awal film diputar olesan animasi nan indah bener2 membuat mata takjub. Saking hebatnya beberapa background latarnya terlihat sangat realistis , tampaknya sangat nyata, bahkan hasil 3D pun belum tentu sehebat itu. Selain kerealistisannya, Shinkai dan CoMix Wave juga menggarap movie ini dengan sangat detail, super detail semua latar digambar dengan nyata seperti sebuah film orang sungguhan. Pemandangan kota, Taman, Kolam, cuaca, suasana stasiun kereta api semua tampak memiliki real, kena banget feelnya. Mantab !

garden4

The Music

Lebih banyak diiringi dengan dentingan piano yang pas dengan suasana damai di movienya.. Soundtracak yang dibawakan oleh Motohiro Hita juga lumayan bagus, instrumentalnya nendang banget. Sayang, Full Song nya yang diputar sepanjang closing credit kurang membawakan feel cerita movienya. Untuk satu ini memang masih kalah dengan 5cm per second.

Conclusion

garden3

Durasi 45 Menit yang sangat nanggung dan terasa kurang untuk sebuah movie, masih banyak hal yang belum dikupas betul di film ini sehingga meski secara teknis dan kualitas The Garden of Word tiada duanya, tetapi secara keseluruhan movie ini tidak memenuhi ekspektasi tinggi ane yang diharapkan bakal lebih heboh dari 5cm per second. Ntah apa yang terjadi dengan Makoto Shinkai dan CoMix Wave studio membuat karya yang masih tanggung seperti ini, semoga saja dalam waktu dekat Makoto Shinkai dapat menghadirkan karya baru guna menutup ‘lubang hitam’ dalam The Garden Of Words. At least, The Garden Of Word tetap sebuah karya yang memukau dengan kualitas animasi dan musik yang sangat amat indah untuk dinikmati.

Skor : 4.0/5

Iklan

10 thoughts on “The Garden of Words (Kotonoha no Niwa), karya terbaru sang maestro Makoto Shinkai

  1. Padahal makoto shinkai bukan penulis komik, tapi langsung bikin anime dirumahnya sendiri, ngisi suara sendiri (ama bini nya sendiri). One-man-show pertama bikinan shinkai judulnya “voice of distant star”,& “she and her cat”. Yg 5cm/sec mah dibikin rame-rame. Btw, sebenernya Shinkai gak bisa nggambar background, dia pake foto beneran dilukis ulang di photoshop. 😀 http://i84.photobucket.com/albums/k33/evogsr/5cm10b.jpg http://i84.photobucket.com/albums/k33/evogsr/Shinkaiwork.jpg Kalo gue bilang sih, Makoto Shinkai spt kebalikannya Hayao Miyazaki (GHIBLI), Shinkai demen bikin cerita realita dewasa animasi bergaya photo-surrealistic, Hayao bikin dongeng fantasi anak2 animasi tradisional pastel.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s