Benda yang sudah jarang terlihat saat Bulan Ramadan

image

Minna san,

Foto diatas merupakan salah satu benda koleksi peninggalan zaman SD ane yang masih utuh, sebuah buku yang diberikan oleh guru agama ketika memasuki bulan suci Ramadan. Sesuai nama bukunya KEGIATAN BULAN RAMADAN, para murid yang mendapat buku ini wajib mekaporkan semua tindak tanduknya melalui setiap form yang harus di isi, terutama berkaitan dengan ibadah berpuasa dan shalat selama Ramadan.

Ketika sudah melewati Hari Raya Idul Fitri dan kegiatan Belajar dinulai lagi, maka para guru agana akan mengultimatum semua muridnya untuk segera mengunpulkan buku Kegiatan tersrbut sesuai batas waktu yang dutentukan. Saat membagikan buku ini, Guru agama bertitah kepada murid2 nya untuk mengisi buku ini dengan benar, jujur dan faktual.

image

Nantinya setelah dikumpulkan, guru akan menilai isi nya dan hasilnya dapat dikonversi menjadi.poin untuk membantu menambah nilai pelajaran agama. Meski terkesan ribet dan seolah menjadi ‘misi’ yang membebani namun dilapangan ,buku ini sukses mengintimidasi, mempengaruhi dan mendorong murid untuk mengisi bulan suci ramadan dengan hal baik, klo berhasil mengisi full buku ini rasanya ada aura kebanggaan tersendiri meski banyak juga yang memalsukan isi buku ini biar tidak dimarahi guru (termasuk ane) atau yang paling parah berhenti mengisi buku ini ditengah jalan dengan berbagai alasan.
Kini, di masjid ane sudah jarang melihat anak2 sekolah membawa buku ini saat salat Tharawih yang selalu bkin heboh rebutan tanda tangan sang imam tarawih. Boro2 bawa buku, wong mau ke masjid aj belum tentu..

Iklan

31 respons untuk β€˜Benda yang sudah jarang terlihat saat Bulan Ramadan’

  1. NAH ITU, doa berbuka puasanya “Allahumma lakasumtu wabika amantu waala rizqika aftortu DHAHABAD DHOMAU WABTALATIL URUQU WATSABATAL AJRU InsyaAllah”, sama seperti yg diajarkan ibu saya sama saya dulu. bukan yang akhirnya “birahmatika ya arhamarrahimin”

    Balas
  2. nahh selain buku ini ,waktu bulan ramadhan pasti ada yg namanya pondok romadhan
    waktu masih sd-smp sich masih ikut,nach pas menginjak stm malah 3 th absen truzzzz,alasan sepele nggolek duit,wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk πŸ˜€ nyambi melu bapak belajar nyerpis motor di bengkel lumayan dapet duit buat lebaran heheheheheheh :mrgreen:

    Balas
    • plng rame pas SD ama SMP aj sih, SMA mlh udah g ad kegiatan ini lagi..
      klo di tempat ane dlu nmnya Pesantren Kilat mz, mngkin mirip dg Pondok ramadan

      wah, pantes pinter bgt jeroan motor mz πŸ˜€

      Balas
  3. betul mas…. saya ingat kali buku agenda ramadhan ntuh… jujur dulunya terasa membebani kali dengar ceramah harus nyatat nyatat… hehehe… kalau sekarang sepertinya tidak ada ya..? apa karena masuk sekolah diawal puasa (kalau ditempat ane) sehingga gurunya belum mengedarkan ntuh buku…?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s