Izumo, Kapal Induk Destroyer pertama Jepang pasca Perang Dunia 2

Izumo dalam proses pembuatan

Izumo dalam proses pembuatan

Intro
Berbarengan dengan Peringatan ke 68 Bom Atom Hiroshima,  militer Jepang sukses memperkenalkan kapal induk terbaru dan terbesarnya setelah perang dunia 2 yang otomatis langsung memancng Perhatian serus dari Berbagai negara. Terutama China yang tengah bersaing panas dingin menyangkut perebutan wilayah di kepulauan Senkaku/Diayou melihatnya sebagai sebuah “Ancaman” tidak langsung serta pelanggaran terhadap konstitusi Jepang sendiri. Selain terlibat sengketa dengan China/Taiwan, Jepang juga secara tradisional masih bersengketa terkait perebutan kepulauan Kuril dengan Federasi Rusia. Dalam sengketa Senkaky/Diayou, Satu dua tahun sebelumnya Jepang selalu dikacangin oleh China, saat itu sikap Jepang terlihat sangat berhati hati dan lunak sehingga cukup banyak kapal dan pesawat China yang bermain main di area panas.

Jepang sejatinya merupakan negara dengan militer terbaik di Asia Pasifik sebelum pelan pelan mulai disalip oleh China dan India, bila Jepang tak dibatasi oleh perjanjian dengan Amerika dan peraturan konstitusionalnya yang melarang Jepang mengexport senjata, membangun alutsista mematikan (ICBM, Bomber, Kapal Selam, Kapal Induk, dsj)  bisa jadi saat ini Jepang akan memiliki kekuatan yang dashyat. Meski hidup dalam pembatasan, militer jepang tentu masih memilki ruh masa lalu sebagai negara agressor sehingga suatu saat pasukan bela diri Jepang (JSDF) yang defensif kembali menjadi pasukan tempur sesungguhnya yang Ofensif (Imperial Japanese Army). Tindakan militer China yang agresif di kawasan memunculkan jiwa nasionalisme di kalangan rakyat jepang seraya mendorong agar kekuatan militer Jepang di tingkatkan guna menghalau expansi lebih jauh militer China.

About IZUMO

Nama Izumo diambil dari nama sebuah Kapal Penjelajah (Cruiser Clas) Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) yang pernah ditugaskan dalam perang Jepang vs Rusia dan invasi ke China. Masa tugas Izumo berakhir saat kapal ini ditenggelamkan oleh Angkatan Laut Amerika diakhir Perang Dunia2. Di Sisi lain, Izumo juga adalah nama  tempat di Perfektur Shimane, sebuah tempat yang penuh dengan cerita dongeng. Pemberian nama Izumo untuk kapal induk ini jelas beraroma politik, karena nama ini sudah pernah digunakan untuk nama kapal yang pernah berperang di masa lalu.

Kapal Penjelajah Izumo di Shanghai, China (Wikipedia)

Kapal Penjelajah Izumo di Shanghai, China (Wikipedia)

Spesifikasi Izumo :

  • Status : Belum Opersional, serah terima pada Al Jepang (JMSDF) direncanakan pada 2014 dan full operasional pada 2015.
  • Memiliki panjang 248 meter, Lebar 38 meter, Berat 19.500 ton.
  • Memiliki 35 ruang tidur dan ruang operasi, dapat menampung 450 orang.
  • Dapat mengangkut 14 Helikopter dan pesawat tempur berbasis VTOL (Vertical Take Off Landing) seperti F35 Lightning II, atau pesawat masa depan Jepang ATDX Sin sin.
  • Estimasi biaya sekitar 1,2 miliar dolar AS.
  • Panjang Kapal Induk ini lebih kecil dari kapal induk China  (304,5 meter) dan Amerika Serikat (333 meter), namun lebih besar dari kapal induk Inggris (209 meter) dan Italia (180 meter).
  • Telah diuji coba saat latihan gabungan dengan militer AS, pesawat Hybrid OV22 Osprey sukses mendarat di Izumo.
  • Izumo diperkirakan dibuat oleh perusahaan Japan Marine United Corporation, Tokyo.

Conclusion

Kehadiran Kapal Induk Izumo beserta kapal2 pendukungnya kelak akan meningkatkan kapasitas militer Jepang, gesekan fisik dengan negara2 tetangganya selain sebagai kesempatan militer Jepang untuk bangkit juga menjadi alasan kuat untuk mengelak dari peraturan “pembatasan”. Disamping sebagai alat utama militer, militer Jepang juga rencananya akan menjadikan Kapal induk Izumo memiliki fungsi sipil guna membantu mengatasi berbagai macam bencana alam di Jepang. At least, kini dunia militer akan disuguhkan pertarungan epic antara armada Kapal Induk Jepang yang dimotori Izumo melawan armada Kapal Induk Liaoning China beserta kapal induk terbaru China yang masih dalam tahap produksi.

-Kasamago-

Iklan

6 thoughts on “Izumo, Kapal Induk Destroyer pertama Jepang pasca Perang Dunia 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s