Paspampres atau Cakrabirawa ?

Gambar

Keberadaan dan tugasnya mirip dengan skuad ninja ANBU dalam serial Manga Naruto dimana Anbu adalah para ninja khusus yang memiliki tugas menjaga keselamatan Hokage (pemimpin). Belum lama ini, sebuah televisi swasta nasional menayangkan program khusus tentang sepak terjang Pasukan Keamanan Presiden Republik Indonesia atau PasPamPres. Dalam program ini ditampilkan bagaimana beban dan tanggung jawab seorang anggota paspampres, dibalik layar paspampres menjelang kedatangan presiden, senjata yang digunakan hingga kisah mantan anak presiden perihal ketatnya penjagaan dari paspampres. Dalam dunia militer, ane amat sangat tertarik terhadap pasukan yang bertitle khusus atau spesial, selain tugas berat yang diemban, kualitas diatas rata tetapi juga karena sejarah panjang yang dimilki pasukan khusus ini.

Berkat tayangan ini ane kembali teringat dengan salah satu pasukan legendaris sekaligus kontroversial yang pernah ada di Republik ini, Para pendahulu Paspampres yang dikenal sebagai Special Regiment Tjakrabirawa. Cakrabirawa dibentuk pada 6 Juni 1962, Pasca maraknya ancaman terhadap keselamatan Presiden Soekarno dan keluarganya diawal tahun 1960an. Resimen Cakrabirawa terdiri dari gabungan personil Angkatan darat, udara, laut dan kepolisian. Masa hidup pasukan dengan nama paling keren (menurut ane) ini tak lebih dari 5 tahun, karena dianggap ikut berparitipasif dalam peristiwa penculikan Jenderal AD pada 1966 pasukan ini dibubarkan dengan halus.

Sebuah pasukan atau alutsista militer di Indonesia yang memakai nama atau senjata dari dunia pewayangan pastilah memiliki tugas dan kemampuan yang sangat istimewa, jumlahnya terbatas namun sanggup memberikan efek yang luar biasa sehingga mengangkat nama atau citranya sebagai sebuah kesatuan elit atau alutsista yang disegani semua pihak. So, pemberian nama dari dunia pewayangan bukanlah hal sembarangan, terdapat “kekuatan” khusus didalamnya seperti halnya kapal-kapal selam kita yang semuanya memakai nama senjata dari para tokoh pewayangan. Kapal selam merupakan alutsista strategis yang memiliki efek deterens bagi lawan, dan keberadaannya ikut mengubah kapasitas militer suatu negara.

Terlepas dari citra buruk yang kadung melekat pada resimen Cakrabirawa, terbesit sebuah pengandaian bila pasukan pengamanan Presiden dan VVIP Indonesia saat ini bisa kembali memakai nama dari dunia pewayangan. Mungkin siapapun tahu, bahwa Cakrabirawa merupakan korban dari kegaduhan politik ditahun 1965, terseret menanggung dosa, pasukan yang dikorbankan dan mendapat catatan hitam dalam buku sejarah nasional. Dengan memulihkan nama Cakrabirawa sebagai Paspampres, mungkin saja bisa menjadi obat mujarab mengobati sejarah tragis pasukan ini.

Salam, Setia Waspada !!

Iklan

18 thoughts on “Paspampres atau Cakrabirawa ?

  1. Aku suka juga hal-hal yg berbau secret sevice…cakrabirawa emang nama melegenda tp seprti yg mas bro tulis ada catatan hitamnya..yah mau gak mau harus diganti dan menjadi masa lalu yg terkubur…

    Balas
    • iy sis, dlu pas msh sd ketika bc bku sjarah lgsng suka dg nm cakrabirawa, kesannya prestige bgt. Andai ad yg brusaha membuat catatan hitamny putih kmbali..

      Balas
  2. nama Cakrabirawa kedengaran lebih sangar , bergengsi dan sangat “Indonesia ” darpada “PasPanpres “..
    tp karena Cakrabirawa sdh terlanjur dianggap hitam ” memang perlu waktu utk “memutihkan “..

    Balas
  3. Tapi penamaannya bagus ya.. ”cakrabirawa” keknya berwibawa gitu. Giman bikin pasukan lagi tpi tugasnya bukan pengamanan presiden. namanya aja yg sama. Isinya tetep gabungan prajurit yg terbaik dri setiap pasukan elit dri semua angkatan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s