Sudah punya pohonnya puluhan tahun, tapi baru tau nama buahnya sekarang!

Buah Kopi Anjing dipohon ane

Buah Kopi Anjing dipohon ane

Minna san,

Termasuk dalam kategori pohon buah yang super langka, sejak kecil dan bahkan didaerah ane buah ini dikenal dengan nama KOPI ANJING, namanya terdengar unik banget, entah apa ada korelasinya antara Kopi dan Anjing, gak nemu sejarah pelabelan namanya. Pohon ini ditanam oleh Kakek ane ditahun 1970-an dan hingga kini masih tegak berdiri di pekarangan samping rumah, namun sejak beberapa tahun silam pohon kopi anjing satu satunya milik keluarga ane ini sudah sulit untuk berbuah normal lagi, meski secara fisik luar kondisi pohon masih segar bugar, perkiraan ngawurnya, Pohon Kopi anjing ane ini telah kehilangan spirit berbuahnya lagi.

Nah, yang jadi persoalan sebenarnya bukan karena ga berbuah lagi namun nama yang disandangnya, maklum sejak kecil ane taunya ini pohon dan buahnya bernama kopi anjing, sebuah nama daerah alias bukan nama resmi sebenarnya sehingga susah buat ditelusuri biografi lengkap buah kopi anjing ini,sempat ditanyakan ke teman2 malah pada balik nanya, kopi anjing itu apaan? masa buah namanya nyentrik gitu?!.. Akhirnya, setelah jalan-jalan ke forum tercinta, nemualah sebuah trid yang membahas buah-buah masa kecil yang telah punah/langka, dan disitu ada buah kopi anjing dengan nama Resminya, yakni Buah NAM NAM. Wuooooohhh, seneng rasanya, batin lega sambil berujar dihati “Oalah, ini toh nama resminya ! Nam Nam !” .

Pohon Buah Kopi Anjing dipekarangan rumah ane, posisinya tepat dipojokan. Serem !

Pohon Buah Kopi Anjing dipekarangan rumah ane, posisinya tepat dipojokan. Serem !

Tentang Buah Kopi Anjing/Nam Nam

Ukurannya ramping dan bentuknya mirip busur penggaris atau setengah lingkaran, bila matang buahnya berwarna kuning cerah, warna kuning pucat untuk setengah matang dan hijau bagi yang belum matang. Jika sudah matang, rasanya manis dengan sedikit rasa kecut, mungkin agak mirip dengan buah kedondong. Sedang yang setengah matang rasa kecutnya masih terasa kuat. Salah satu sisi jelek dari buah ini adalah bentuknya yang tak menarik, bisa jadi terasa aneh bagi banyak orang yang melihatnya, teksturnya bergelombang kayak perbukitan. Karena rasa yang lebih didominasi kecut, buah ini memang kurang cocok untuk dikonsumsi sebagai buah-buahan harian.  Ane sendiri selama menikmatinya dulu lebih suka dengan Kopi Anjing setengah matang, trus disantap dengan dicocol/dicolekan ke garam ber yodium, rasa kecut dipadu dengan asin nya garam terasa nikmat dimulut, pokoknya bener2 beda dengan buah lain. Kopi Anjing sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai campuran rujak atau sop buah, makknyuusss.

Di Masa sekarang, buah ini sudah sangat sulit ditemukan,  bisa saja pohon buah Kopi Anjing (nam nam) milik ane merupakan satu satunya pohon kopi anjing yang ada dikota ane, dalam satu kabupaten/provinsi atau bahkan di seluruh dunia, karena dipastikan pohon ini tak bisa ditemui di wilayah Alaska, Verkhoyansk, Tibet, Reykyavik, Kosovo hingga Osaka. Mungkin karena tak semua orang menyukai buah ini jumlah permintaan akan buahnya tak seperti buah2 “standar” lainnya sehingga sangat sulit untuk dijadikan sebuah ladang bisnis. Berharap buah ini mendapat perhatian dari PBB sehingga potensi kepunahan buah kopi anjing dapat dicegah.

15 thoughts on “Sudah punya pohonnya puluhan tahun, tapi baru tau nama buahnya sekarang!

Tinggalkan Balasan

