Shingeki No Kyojin, anime of the Year ! Wajib ditonton.

Gambar

Keinginan untuk meninggalkan dunia anime sudah ane jalani semenjak 3 tahun silam, tapi apa daya, diawal tahun 2013 kemarin ane mendapat berita soal anime yang sedang menjadi buah bibir pecinta anime dari sebuah situs otaku, anime yang berjudul Atttack On Titan (Shingeki No Kyojin) ini resmi bikin ane penasaran and mencoba mengunduh episode pertamanya. Hasil dari menonton episode pertama tak terlalu mengesankan, ane masih sedikit belum memahami pondasi cerita yang disuguhkan, belum lagi desain karakter para Monster (Titan) yang kurang begitu menarik. Tak berselang lama ane mendapat kunjungan seorang kawan satu aliran tontonan yang menawarkan 15 episode lebih anime ini, segera ane tonton habis serial ini hingga 1 hari 1 malam yang mengakibatkan efek samping ane di hari minggu siangnya yakni mata bengkak. Saking menariknya cerita episode demi episode ane sampai rela bertahan dengan mata yang sudah memerah dan berair, sungguh baru kedua kali ini ane mengorbankan kedamaian mata ane demi sebuah serial anime !

Berikut 5 Penyebab mengapa Anime ini begitu menarik dan fenomenal, hingga muncul ratusan cosplayer yang berlomba memakai kostum para karakter Shingeki No Kyojin.

Cerita yang Unik dan Original

 Berlatarkan cerita pada dunia fiksi dimana saat itu kehidupan manusia berada diambang kehancuran setelah munculnya monster monster berukuran raksasa yang disebut Titan. Guna melindungi keberlangsungan kehidupan manusia dari serangan para Titan, umat manusia yang tersisa kemudian membangun tembok keliling setinggi 50 meter sehingga tak bisa ditembus oleh para Titan yang rata2 bertinggi 3 – 15 meter, maka mulailah kehidupan manusia yang terkurung dalam sangkar. 100 tahun kemudian, kota didalam tembok mulai berkembang dan terbagi 3 tingkatan yang terpisah dalam lapisan tembok yakni lapisan terluar (Wall Maria), tengah (Wall Rose) dan terdalam (Wall Sina). Kisah kemudian berpusat pada 3 sahabat, Eren Jaeger, Mikasa Ackerman, dan Armin Arelet yang kemudian seiring berjalannya cerita, ketiga sahabat akan bergabung bersama puluhan karakter lain yang berjuang bersama demi kehidupan manusia.

Misteri tiada akhir

Ini dia unsur terkuat menariknya kisah Shingeki No Kyojin, cerita per episodenya sukses membuat tebakan atau asumsi para penonton terpatahkan, tiap episode justru menghadirkan misteri mistteri baru bukan menyelesaikan misteri sebelumnya. Klimaks dan twist yang disuguhkan benar benar membuat ketagihan.

Karakter yang berkembang

 Tokoh utama yang awalnya hanya 3 anak ingusan akhirnya dapat bermetamorfoasa menjadi 3 prajurit tangguh, Eren yang mempunyai dendam kesumat pada Titan karena Ibunya dimakan hidup2 dihadapannya akhirnya dapat menjadi anggota Scout Legion yang diandalkan, Mikasa si cewek tangguh dan pemberani yang setia  menjaga Eren akhirnya percaya pada kemampuan Eren dan Armin yang awalnya pemuda penakut dapat menjadi prajurit pemberani serta perkembangan  karakter lain yang berjuang bersama ketiganya dalam pasukan pengintai (Scouting Legion).

Seragam Pasukan Legion yang keren dan senjata yang bernama 3D manuver Gear

 Salah satu bumbu utama dalam kisah ini, untuk melindungi 3 lapisan Tembok kehidupan manusian didalamnya. Pemerintah membentuk pasukan militer yang terbagi dalam 4 gugus, yakni Pasukan Pemula yang masih dalam pendidikan (Trainee), Pasukan Pelindung Tembok (Stationary Troops), Military Police dan Scouting Legion. Desain seragamnya benar2 keren, pakaian bebas yang dilapis jaket kulit berwarna coklat bergaya retro dengan emblem masing2 pasukan di punggung jaket. Kemudian yang tak kalah menariknya adalah senjata yang digunakan dalam melawan para titan, senjata yang bernama Gear Manuver 3 Dimensi ini mengandalkan keseimbangan usernya dalam mengayunkan tubuhnya dengan bantuan tali pengait dan energi gas sebagai tenaga pendorong.

Soundtrack dan musik scoring yang luar biasa indah

Manga yang keren, animasi yang cantik ditambak soundtrackk dan BGM/scoring musik yang keren merupakan perpaduan yang sangat menawan. Kedua lagu pembuka anime Shingeki no Kyojin dibawakan dengan enerjik oleh Linked Horizon berjudul Guren no Yumiya (Crimson Bow and Arrow) untuk lagu pertama dan Jiyū no Tsubasa (Wings of Freedom) untuk lagu kedua. Pemilihan kedua lagu ini terasa sangat cocok, membaur dan menyatu dengan kisahnya, sukses memprenstasikan perjuangan manusia dalam melawan Titan, salut untuk sutradara Tetsuro Araki dan tim dalam pemilihan lagu soundtracknya. Kemudian jangan lupakan Scoring musik luar biasa yang mampu mendukung jalan cerita dalam anime ini, musik2 yang ada dalam anime Shingeki no kyojin di gubah oleh Hiroyuki sawano, saking kerennya ane memasukannya dalam daftar lagu yang sering diputar selama 2 minggu.

 Gambar

Shingeki no Kyojin di angkat dari Manga karya Isayama hajime yang kepopulerannya terdongkrak drastis setelah mendapat ganjaran penghargaan Kodansha Manga Award  2011 silam, tak perlu menunggu sampai jilid manga nya tamat, disaat manga nya baru mencapai jilid 3, manga ini langsung diangkat ke layar anime oleh Wit Studio & Production IG dan turut meraih kepopuleran yang sama dengan manga nya sejak mengudara pada 6 April 2013 di MBS. Kini anime Shingeko No Kyojin sementara sudah terhenti di episode 25 dengan menyisakan tumpukan tanda tanya besar sehingga potensi untuk dibuat session kelanjutanya sangat terbuka lebar, Kabar terbarunya Shingeki No Kyojin Resmi mulai di adaptasi ke dunia game untuk konsol Nintendo 3DS berjudul Attack On Titan : Humanity’s Last Wing.

Skor : 5/5, ~Perfect

Iklan

32 thoughts on “Shingeki No Kyojin, anime of the Year ! Wajib ditonton.

  1. Saya biasa baca manga online, shonen khususnya, dan kemarin nyoba baca manga satu ini soalnya emang sering nampang judulnya. Sadis euy liatnya. Ceritanya unik emang. Dan rada-rada suka tema apocalyptic emang saya.

    Ah itu ada si cantik Sasha Braus. 😳

    Balas
  2. emang juozzz…
    tiap minggu nunggu upload-annya, tapi terhenti di episode 25… arrggghhh
    kayak serial under the dome, hold ditengah jalan. bikin mules. 😉

    tapi gambar atas itu beneran ya ? wujud aseli representasi dari titannya ?

    paling keren… mikasa ackerman

    Balas
  3. Manganya sudah baca smp chapter 52.
    Meski manganya garisnya kasar dan kayak komik jadul, tapi unik. artistik gimana gitu…
    Animenya baru mau nonton nih baru nyampe 13
    tapi kayaknya gantung ya…
    Yups moga ceritanya lebih menarik lagi..krn banyak yg blm terungkap.

    Balas
    • wah, dr mn aj sis? yup, liat cover mangany udh g tertarik, trus agak gmn gitu beli breng2 anak sekolah ><

      iy, nggantung bgt, bgt mlh. mg session 2 nongol. kangen sasha braun makan roti.

      Balas
      • lg sibuk ma proyek novel saja kok mas bro, udah slese sih tinggal tunggu jwbn penerbit, moga ja bs lolos.Amin…
        skrng sih dah selse nonton tuh anmie, tinggal nunggu season duanya, kykny serinya bakal panjang.Skarang malah lanjut nonton anime tentang basket, Kuroko no Basuke, lumayan seru juga..
        Eh bukannya sasha braun sukanya makan kentang ya?si cewek kntang kan…

      • bkin novel? beneran sis? muantaab. tema ny ttg apa neh. sip dah, tak doain lncar n lekas terbit.
        jgn lpa klo udah rilis kirimin satu bwt tak review :-D, ganbatte.

        klo anime udah bkin keran Yen mengalir deras, emng kykny bkl di panjang2in kek One Piece, naruto, Doraemon.
        Kentang ato Roti??

      • Ok mas bro,klw trbit nnti tak krmin,novelny remaja kok,genrenya psikologi thriller,action,criminal n life school..
        Memang bwt pembaca berjiwa muda..he..he.

    • Arigatou mas bro,.gak serumit QED yg ad logika,fisika ma matematika kok..ilmuny blm nympe soalny..ha..ha
      Tp tokoh utamany unik,anggap ja dia spntar sinichi tapi sisi lain yg gelap kyk naruto..^^
      Met tahun baru ya mas bro,moga di tahin ni impian yg trrunda bs trcapai..aminn

      Balas
  4. setujuuu, jujur aku juga asalnya ga suka sama yang namanya anime, tapi stelah ditunjukin anime ini sama adik aku, aku jadi ketagihan dan gasabar nunggu season 2 nya ^^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s