Memperlebar Masa Berlaku SIM C

Robocop2014

Akhirnya 5 tahun berlalu semenjak ane pertama kali “lulus” mengikuti pertandingan dan ujian mendapatkan Surat Ijin Mengemudi untuk kendaraan beroda 2 alias SIM C. Teringat lima tahun silam ane berkorban 2 lembar rupiah berwarna merah sebagai tiket masuk mengikuti ujian mendapatkan SIM yang diselenggarakan oleh Organisasi Seragam Cokelat, dengan mengeluarkan semua kekuatan, tenaga dan cucuran air mata, ane yang masuk pukul 8.00 pagi bisa keluar dengan penuh perjuangan  pada pukul Setengah dua siang. Walhasil, hasil foto untuk kartu SIM bisa dikatakan sangat jelek, wajah ane terekam kamera dengan aura negatif, wajah pucat, layaknya orang tak makan dalam 3 waktu  hari, hal ini diakibatkan sejak pagi ane menahan lapar dan buang air kecil.  Sungguh sebuah kisah dramatis bagi ane yang waktu itu masih menjadi mahasiswa pengangguran dengan uang saku 5 ribu rupiah per hari.

Kembali ke SIM, niat untuk memperlebar masa berlaku SIM awalnya dilakukan di jauh hari, namun berbagai aktifitas menjemukan yang melanda, membuat ane terpaksa berniat memperlebar SIM di hari H jatuh tempo masa berlaku. Dari berbagai referensi yang ada, layanan memperlebar masa berlaku SIM konon lebih nyaman dilakukan di layanan SIM keliling, sayang di kota ane mencari kendaraan SIM keliling layaknya Son Goku kecil mencari Bola Naga atau mencari Outlet TRIMS operator 3, sepertinya hanya operator dan para dewa lah yang tahu tempatnya. Setelah memohon bantuan GPS dan Glonass ane akhirnya menemukan lokasi SIM keliling mangkal, dengan langkah Blitzkrieg ane bergegas menuju koordinat yang dicari namun alangkah terkejutnya ane kita telah sampai di point yang dituju, keberadaan kendaraan SIM keliling tidak ditemukan. Luar biasa, kendaraan SIM keliling telah dilengkapi Anti Satelite Jamming System, bisa selevel dengan kendaraan rahasianya CIA. Well, kecewa tak mendapatkan objek yang dituju akhirnya ane iseng melewati markas dimana Kendaraan SIM keliling tersimpan, dan memang benar dugaan ane, Kendaraan SIM keliling terlihat sedang tertidur digarasinya.

So, mau gak mau ane musti kembali mengurus pelebaran SIM ke tempat dimana dlu ane juga membuatnya. Esok harinya ane pun mempersiapkan segala perlengkapan pelebaran SIM C, meliputi 1 unit stofmap biru , 1 Lembar FT copy KTP dan SIM Lama. Setelah semua siap, dihari yang ditentukan ane mulai take off dan mendarat dengan mulus di parkiran pada pukul Setengah 9 pagi, langsung disambut dengan tukang parkir yang menawarkan informasi. Sesuai petunjuk langsung ane menuju tempat cek kesehatan, bla bla bayar Rp 20.000 kemudian memasukan surat KIR sehat tadi ke dalam stofmap. 5 Tahun tak berkunjung tata letak dan arsitekur tempat pembuatan SIM cukup berubah drastis, segera ane serahkan stofmap beserta isinya ke loket perpanjangan lalu ane diberi formulir untuk disi sendiri. Selesai berkutat dengan formulir ane menuju loket pembayaran BRI guna membayar biaya perpanjangan untuk SIM C sebesar Rp. 75000. Setelah bukti pembayaran dan formulir yang sudah di isi dimasukan ke stofmap biru lagi ane serahkan kembali ke loket dan diminta menunggu untuk proses Foto. Menunggu sekitar 10 menitan, nama ane dipanggil beserta peserta lain dan bla bla bla ane pun sudah keluar membawa kartu SIM C baru, sayang kualitas foto yang dihasilkan masih jauh dengan keluaran studio foto. Ane segera keluar dari markas ini pada pukul 09.21, waktu tercepat yang ane peroleh selama ini, Sebuah peningkatan pelayanan yang cukup keren sejak 5 tahun silam.

Begitulah sedikit kisah pertama ane dalam proses memperlebar masa berlaku SIM C yang telah jatuh tempo, ada baiknya kita udah jauh hari sebelum hari H untuk melakukan proses pelebaran SIM sehingga terhindar dari penyakit kelupaan menahun dan kita bisa berkendara dengan tenang, barokah serta siap menghadapi razia kelengkapan surat berkendara dari Organisasi Seragam Cokelat.

4 thoughts on “Memperlebar Masa Berlaku SIM C

  1. walah dari judulnya tak pikir sampeyan ngusul supaya masa berlaku SIM C diperlebar (diperpanjang), terntaya cerita soal pengalaman thow
    wehehe :mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

